--> Skip to main content

√ Inilah Contoh Soal USBN SMP 2022 K13 Sesuai Kisi - Kisi, Baru!

Contoh Soal USBN SMP - Mulai dari 2017 kemarin, pendidikan di Indonesia sudah menerapkan sistem USBN sebagai salah satu aspek yang menentukan kelulusan siswa. Pada halaman Instagram kemdikbud sendiri pun juga pernah memperbincangkannya.

Berbeda dengan soal UNBK SMP yang mana soal dibuat oleh pusat. Soal USBN SMP 2022 akan dibuat secara wilayah di masing - masing daerah pada sekolah tersebut. 

Akan tetapi semua soal harus mengacu pada kisi - kisi USBN SMP tahun 2022 tersebut. 

Mengingat keterbatasan referensi pada internet dikarenakan jenis soal yang berbeda itulah blog ini membagikan artikel mengenai contoh soal USBN SMP. Agar bisa digunakan sebagai mana mestinya untuk keperluan referensi pembuatan soal bagi guru.

Tapi untuk para siswa dan orang tua tenang saja, karena dalam soal ini juga sudah disediakan kunci jawaban yang bisa digunakan untuk pembelajaran. Asal jangan dijadikan acuan extra, dengan mengatakannya bocoran soal USBN SMP 2022.

Yup, alasannya sudah terlampir di bagian atas. Setiap daerah memiliki soal yang berbeda - beda.


√ Inilah Contoh Soal USBN SMP 2022 K13 Sesuai Kisi - Kisi, Baru!


Contoh Soal USBN SMP 2019

Berdasarkan kurikulum acuan yang digunakan oleh semua sekolah. Maka dari itu admin membedakannya ke dalam 2 kategori soal, yaitu kurikulum 2013 dan KTSP

Masing - masing terdiri dari 1 paket yang sudah dilengkapi kunci jawaban. Dan juga mengusung format pensoalan yang sudah disesuaikan dengan kisi - kisi. Terdapat tambahan soal uraian sebanyak 5 butir.

Dan yang paling baru adalah diberlakukannya soal jenis HOTS yang mengedepankan skill analisis serta perhitungan yang cermat. Hal ini juga yang menjadi kendala besar dari para guru juga, bukan hanya murid yang mengerjakannya.

Para guru juga diharuskan berfikir ekstra membuat soal HOTS. Tapi saya yakin sih, sudah ada pembinaan lebih lanjut mengenai hal ini. Bahkan setelah kurikulum 2013 hampir merata di Indonesia.

USBN SMP


Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan Dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang selanjutnya disingkat USBN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar

Materi USBN SMP


USBN SMP terdiri dari 10+ mata pelajaran yang terdiri dari matematika bahasa indonesia, bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan sosial (ips), TIK, PJOK, prakarya, seni budaya, dll

Saya tidak akan mengutip semuanya secara langsung. Karena memakan banyak tempat dan saya yakin tidak dibaca oleh para pengunjung karena melelahkan.

Jadi admin sarankan untuk memanfaatkan kisi - kisi yang dibagikan oleh Pihak BSNP di halaman resminya.
Bisa di comot disini : DOWNLOAD


Contoh Soal USBN SMP


Latihan soal ini bisa di akses secara semi online, offline, dan online. Secara offline bisa sobat gunakan setelah mendownload dokumen PDF di masing - masing laman artikel terkait di blog kami.

Soal Kurikulum 2013 dan KTSP di pisah.

Kurikulum 2013
  1. Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN PAI SMP K13
  2. Latihan Soal dan Jawaban USBN Bahasa Inggris SMP K13
  3. Latihan Soal dan Jawaban USBN Bahasa Indonesia SMP K13
  4. Latihan Soal dan Pembahasan USBN Matematika SMP K13
  5. Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN IPS SMP K13

KTSP

Gabungan Soal Kurikulum 2013 dan KTSP (Irisan)
  1. Latihan Soal dan Pembahasan USBN IPA SMP K13 dan KTSP
  2. Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN PJOK SMP K13 dan KTSP
  3. Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Prakarya SMP K13
  4. Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Basa Jawa SMP K13 dan KTSP
  5. 65 Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Seni Budaya SMP
  6. Latihan Soal USBN TIK SMP [Kurikulum 2013] [Kurikulum 2006/KTSP]
Demikian artikel tentang √ Inilah Contoh Soal USBN SMP 2022 Sesuai Kisi - Kisi, Baru!. Semoga bermanfaat..
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar