--> Skip to main content

Lengkap!! Contoh, Latihan, dan Prediksi Soal UN/UNBK SMK 2021

Hai sobat, selamat datang kembali di siswa.adriyan.id. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bank soal prediksi un smk terbaru yang bisa sobat jadikan pembelajaran menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2018/2021. Untuk semua jurusan, baik sobat berada di wilayah jurusan TKP, AKP, atau pun PSP.  

Mata pelajaran yang diujikan mencakup 3 buah + 1 mata pelajaran teori kejuruan. Teori kejuruan tidak admin sertakan mengingat banyaknya jumlah jurusan SMK di Indonesia.

Apa saja sih contoh latihan soal prediksi UN SMK 2021??

BANYAK. Mulai dari arsip soal UN SMK tahun pelajaran 2015 - 2018, try out UN yang bisa dibilang bocoran UN SMK yang paling sering tembus pada baru - baru ini, sampai dengan dengan latihan soal online yang admin buat per mata pelajaran di postingan blog centralpendidikan.com.

Kunci Jawaban dan pembahasannya pun sudah terangkum lengkap. Khususnya untuk mata pelajaran matematika.

UNBK SMK

Contoh, Latihan, dan Prediksi Soal UN/UNBK SMK 2019

UNBK adalah sistem Ujian Nasional (UN) yang dimana komputer digunakan sebagai pengganti kertas pada media penyelenggaraannya. Berbeda dengan UNKP yang hanya membutuhkan guru untuk merekap hasil ujian dan menjadi pengawas Ujian. Di UNBK ada staff khusus yang yang mempunyai peran lebih daripada pengawas UNKP. 

Seperti proktor, teknisi, pengawas.

Era Teknologi lah yang menjadikan hal ini dapat  terwujud. Walau pun sedikit lebih lambat dari negara lain.

Dalam sistem ini ada beberapa kegiatan pendukung agar para siswa bisa lebih mudah mengerjakan soal. Seperti halnya simulasi UNBK, pengenalan komputer, dan cara kerja UNBK itu sendiri. Tapi berhubung sobat adalah anak SMK, pastinya sudah tidak asing lagi lah. Terutama untuk jurusan Informatika.

Contoh, Latihan, dan Prediksi Soal UN/UNBK SMK 2021


Ada kalanya para guru kehabisan bahan pembelajaran untuk para siswanya. Dengan waktu sepersekian minggu yang diberikan. Para guru harus menyelesaikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang jauh - jauh hari sudah dibuat. Harus ngebut juga sih, jadi jangan salahkan guru jika proses belajarnya sedikit lebih cepat daripada kelas - kelas sebelumnya (10 dan 11). 

Ujian pun akan sobat hadapi pada tenggang waktu sedikit. Seperti halnya Ujian Kompetensi Kejuruan. Sebagai anak SMK pasti sudah taulah, MATERI DIPELAJARI - PRAKTEK DIUTAMAKAN.

Materinya lancar, tapi prakteknya NIHIL.


Quotes by centralpendidikan.com

Dari alasan inilah admin akan membagikan latihan soal UN SMK semua mata pelajaran dan jurusan (TKP, AKP, PSP). Bukan hanya sebagai contoh latihan saja, melainkan bisa sobat jadikan Bocoran Individu.

Bocoran Individu?

Yapp, dilansir dari postingan BSNP tentang kisi - kisi UN dan USBN 2021 mengatakan bahwa "kebijakan USBN dan UN tahun 2021 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018"

Jadi sobat bisa menggunakan Naskah soal yang digunakan pada Ujian tahun Sebelumnya pada tahun 2018 untuk bahan prediksi. Seperti :

1. Model Soal "penalaran/HOTS"
Sudah dengar kan, bahwa ada model soal ini yang membuat sebagian besar alumni mempunyai nilai yang jelek pada Ijazahnya di bagian Ujian Nasional. Walau pun tidak menjamin kelulusan, setidaknya berikan yang terbaik lah agar bisa digunakan untuk bekerja. Gak memungkiri saja sih bahwa sebagian besar lowongan kerja banyak yang menilai seseorang dari nilai di ijazahnya.

2. Struktur soal
biasanya nomor 1 - 50 sudah ada strktur yang didasari per masing indikator pada kisi - kisi. Ex : nomor 1 tentang teks sastra, dan berikan gagasan utama pada sastra tersebut.

Dari 2 poin tersebut sobat bisa dengan mudah belajar dan mengira - ngira apa saja yang bakalan keluar pada Ujian Nasional SMK 2021. Untuk lebih maksimal dalam pembelajaran, sobat bisa membuat tabel dengan format terdiri dari 4 kolom yaitu nomor soal, materi, contoh soal, pembahasan/rumus (untuk soal matematika). Dengan acuan naskah soal UN SMK tahun sebelumnya.

Berikut ini adalah file penunjang yang bisa sobat gunakan dalam hal tersebut. 

Naskah Asli UN 2015-2018


Tidak terlampau jauh dengan tahun sekarang. Karena di tahun tersebut banyak perubahan yang dibuat oleh pendidikan kita. Seperti halnya UN yang semula jadi penentu kelulusan, sudah tidak berlaku. Kurikulum KTSP sudah mulai menurun dan berganti menjadi kurikulum 2013. Ujian Nasional yang semula menggunakan sistem kertas sebagai medianya, berganti menjadi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Jadi, sudah cocoklah untuk sobat jadikan patokan tentang soal ke depannya.
  • Arsip Soal UN SMK Tahun 2015 Semua Mata Pelajaran.rar, DOWNLOAD
  • Arsip Soal UN SMK Tahun 2016 Semua Mata Pelajaran.rar, DOWNLOAD
  • Arsip Soal UN SMK Tahun 2017 Matematika.rar, DOWNLOAD
  • Arsip Soal UN SMK Tahun 2018 Matematika.rar, DOWNLOAD

Try Out UCUN SMK


Menjadi salah satu prediksi soal yang paling penting dan punya presentase tembus paling tinggi. Naskah soal TO UN DKI menjadi salah satu yang admin rekomendasikan untuk sobat pelajari. Kunci jawaban sudah tersedia jadi sobat bisa menggunakannya sekalian sebagai bahan try out individu. 

Dan menilai apakah sobat sudah bisa mengerjakannya dengan baik atau tidak.

Tersedia 2 paket soal per mata pelajaran dengan kategori jurusan TKP, AKP, dan PSP. Sobat tinggal pilih sesuai kategori jurusan sobat lalu pelajari.
  • Paket Try Out UN DKI TKP dan Kunci Jawaban.rar, DOWNLOAD
  • Paket Try Out UN DKI AKP dan Kunci Jawaban.rar, DOWNLOAD
  • Paket Try Out UN DKI PSP dan Kunci Jawaban.rar, DOWNLOAD

Latihan Online dari centralpendidikan.com


Bukan cuma latihan online saja, melainkan file PDF yang sudah admin berikan link downloadnya pada masing - masing mata ujian. Dan sobat bisa mendownloadnya secara gratis di blog ini. Jangan lupa mampir di artikel lainnya.

Aplikasi ini untuk sobat yang masih awam dalam pengoperasian komputer. Sistem pengaplikasian dan pengerjaan hampir sama dengan UNBK SMK yang akan sobat kerjakan kelak. Cuma beda tampilan aja sih.

Per soal terdiri dari 2 paket soal untuk file Exe. Dan 1 paket soal per aplikasi Swf di keseluruhan mata pelajaran (kecuali Ujian teori Kejuruan).
Demikian artikel tentang Lengkap!! Contoh, Latihan, dan Prediksi Soal UN/UNBK SMK 2021. Semoga bermanfaat. 
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar