--> Skip to main content

Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Bahasa Indonesia SMA 2021

Hai sobat, masih kembali lagi dengan latihan soal UN/UNBK. Di kesempatan kali ini admin akan memberikan latihan soal UN Bahasa Indonesia SMA dan kunci jawaban terbaru 2021 yang bisa sobat jadika soal prediksi untuk soal UN tahun mendatang. Latihan soal ini berjumlah 40 soal, dengan per butir soal sudah tersedia kunci jawabannya. 

Materi UN bahasa indonesia SMA yang akan sobat kerjakan masih sama  seperti pada saat sobat menjalankan try out/simulasi UNBK. Karena itu semua sudah disesuaikan dengan kisi - kisi UN bahasa indonesia SMA. Ringkasan materi yang saya kutip dari kisi - kisi tersebut terdiri dari membaca non sastra, membaca sastra, menulis terbatas, menyunting kata/'kalimat/paragraf, menyunting ejaan dan tanda baca.

Yapp, masih sama dan kebanyakan berupa teks - teks cerita yang sangat menguras waktu yang sangat banyak.

Sebagaimana yang sobat ketahui bahwa Ujian Nasional akan diujikan dengan sistem media komputer sebagai pengganti kertas yang disebut dengan UNBK. Walau pun begitu tujuannya masih tetap sama, yaitu untuk mengukur standar kompetensi siswa pada masing - masing pelajaran per jurusan.

Dan contoh latihan soal UN/UNBK bahasa indonesia untuk jenjang SMA semua jurusan atau bersifat umum.

Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Bahasa Indonesia SMA 2021


Admin akan memberikan sobat latihan soal dalam bentuk online yang bisa langsung sobat akses lewat komputer/gadget android. Selain itu, penempatan file PDF pada akhir artikel juga akan menambah kemudahan sobat dalam mengakses soal ini dalam bentuk offline. Asalkan punyak aplikasi pembuka PDF untuk android/komputer sobat. Sedangkan untuk copy paste dan di posting ulang tidak admin ijinkan mengingat hal itu merugikan pihak kami.

Baiklah, itu saja awalannya. Berikut ini adalah Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Bahasa Indonesia SMA 2021. Selamat mengerjakan...


Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 3! 
(1) Dari kedua peristiwa tersebut muncullah konflik kebudayaan yang menyebar ke berbagai tatanan sosial di pedasaan yang terjadi akibat relatifnya budaya dan canggihnya tekhnologi masyarakat. (2) Namun, konflik kebudayaan itu lebih cenderung terjadi akibat relativitas budaya dari masyarakat Pakraman Bukti. (3) Relativitas budaya merupakan suatu paham bahwa setiap individu dalam memahami kebudayaan lain harus dibekali dengan sikap keterbukaan dan toleran. (4) Nilai-nilai budaya yang dianut oleh masyarakat desa Pakraman Bukti tidak mampu menghalau cepatnya proses westernisasi yang berasal dari turis-turis asing. (5) Hal itu mengakibatkan masyarakat desa Pakraman Bukti tidak memiliki suatu pegangan nilai yang kuat. 

1. Ide pokok paragraf tersebut adalah… 
A. Peristiwa yang menyebabkan konflik budaya. 
B. Munculnya konflik budaya di Pakraman Bukti. 
C. Munculnya paham relativitas budaya di masyarakat. 
D. Nilai-nilai budaya di pedesaan tidak bisa menghalau westernisasi. 
E. Masyarakat Pakraman Bukti tidak memiliki pegangan nilai yang kuat. 
Jawaban : B

2. Tujuan penulis dalam paragraf adalah… 
A. Menjelaskan arti relativitas budaya di Bali. 
B. Menjelaskan peranan teknologi dalam konflik budaya. 
C. Menjelaskan akibat terjadinya konflik budaya di Bali. 
D. Menjelaskan penyebab konflik budaya di Desa Pakraman Bukti. 
E. Menjelaskan tentang nilai-nilai yang dianut masyarakat Pakraman Bukti. 
Jawaban : D


3. Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah… 

A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 
E. (5)
Jawaban : A


Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 4 s.d. 6 ! 
(1) Salah satu cara menyejahterakan kehidupan masyarakat desa adalah dengan menggerakkan agrobisnis yang berbasis bahan baku apa yang tersedia di kawasan tersebut. (2) Basis bahan baku yang tersedia ini sangat penting agar proses terakhir jatuhnya tidak mahal, misalnya, agroindusti kelapa. (3) Di negeri ini, kelapa merupakan produk yang ada di setiap daerah pedesaan, baik di pedalaman maupun di pesisir. (4) seluruh penduduk negara kita mengonsumsi kelapa. (5) Budi daya buah kelapa dengan segala hasil olahannya dapat dijadikan sandaran hidup masyarakat pedesaan. 

4. Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor… 
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 
E. (5)
Jawaban : A

5. Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah nomor… 
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 
E. (5)
Jawaban : D

6. Makna agrobisnis dalam paragraf tersebut adalah… 
A. hasil pertanian yang dibisniskan 
B. bisnis pengolahan hasil pertanian 
C. usaha pertanian dengan cara modern 
D. bisnis yang berkaitan dengan pertanian 
E. pengelolaan lahan pertanian secara modern
Jawaban : D

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 7dan 8! 
(1) Paket kebijakan ekonomi I hingga XIII yang diluncurkan pemerintah sejak Oktober 2015 belum semuanya terlaksana sesuai harapan. (2) Belum semua isi dari ke-13 paket tersebut diimplementasikan. (3) Padahal, paket kebijakan tersebut bertujuan segera menggerakkan ekonomi sehingga terjadi pertumbuhan sesuai target pemerintah sebesar 7 % pada tahun 2021. (4) Kurangnya koordinasi dipandang sebagai salah satu penyebab lambatnya pelaksanaan paket. (5) Penurunan harga gas untuk industri, misalnya, tidak kunjung terlaksananya sampai mendorong Presiden Joko Eidodo turun tangan. 

7. Mengapapelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi I hingga XII belum terlaksana sesuai harapan? 
A. karena paket kebijakan tersebut terlalu cepat untuk menggerakan ekonomi. 
B. karena belum semua isi dari ke-13 paket kebijakan tersebut diimplementasikan. 
C. karenatarget pemerintah sebesar 7% terlalu tinggi untuk paket kebijakan tersebut. 
D. karena terjadinya penurunan harga yang signifikan, misalnya harga gas untuk industri. 
E. karenakurangnya koordinasi menjadi penyebab lambatnya pelaksanaan paket kebijakan.
Jawaban : E

8. Kalimat yang berisi fakta dalam paragraf tersebut adalah… 
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 
E. (5)
Jawaban : C

9. Bacalah kutipan biografi berikut! 
Dalam kesehariannya Emha Ainun Najib terjun langsung ke masyarakat dan melakukan banyak aktivitas.Dengan terjun langsung Emha bisa memahami karakter masyarakat.Ia merangkum dan memadukan dinamika kesenian, agama, pendidikan politik, dan sinergi ekonomi guna menumbuhkan potensialitas rakyat. Di samping aktivitas rutin bulanan dengan komunitas masyarakat Padang Bulan, ia juga berkeliling ke berbagai wilayah di nusantara. Ia bersama Musik Kiai Kanjeng mengadakan pentas di dalam gedung rata-rata 10-15 kali per 

Hal yang dapat diteladani dari Emha Ainun Najib dalah… 
A. Emha melakukan banyak aktivitas di tengah masyarakat. 
B. Dia keliling wilayah nusantara bersama komunitas Kiai Kajeng. 
C. Melakukan aktivitas rutin bulanan bersama komunitas Padang Bulan. 
D. Emha terjun langsung ke tengah masyarakat untuk memahami karakter masyarakat. 
E. Dia memadukan berbagai potensi dinamika yang ada di tengah masyarakat agar bisa bersinergi.seorang insinyur teknik dan pastur.
Jawaban : D

Bacalah kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11! 
Pemerintah mengatakan bahwa sekitar 22 juta orang terancam data kependudukannya nonaktif pada 30 September 2016 akibat belum merekam data e-KTP. Jumalah sekitar 12 persen penduduk yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dari total 182,55 juta orang adalah angka yang besar. Pemerintah mengancam akan menonaktifkan data penduduk bersangkutan. Pengaktifkan kembali hanya dapat dilakukan dengan mendatangi dinas kependudukan di kabupaten atau kota karena kecamatan atau kelurahan tidak memiliki akses pengaktifan data. 

Situasi karut-marut penyelenggaraan e-KTP tersebut memprihatinkan mengingat triliunan rupiah telah dibelanjakan untuk program ini.Selain itu, data akurat setiap warga negara diperlukan untuk berbagai kepentingan, seperti dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.Warga menginginkan pemerintah mengaudit penyelenggaraan program e-KTP secara keseluruhan. 

10. Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah… 
A. Kantor kecamatan atau kelurahan tidak memiliki akses pengaktifan data kependudukan. 
B. Pemerintah akan menonaktifkan data kependudukan 22 juta orang yang belum merekam data e-KTP. 
C. Situasi karut-marut penyelenggaraan e-KTP memprihatinkan mengingat telah menelan biaya triliunan rupiah. 
D. Pengaktifan kembali data kependudukan hanya dapat dilakukan dengan mendatangi dinas kependudukan di kabupaten atau kota. 
E. Data akurat setiap warga negara diperlukan untuk berbagai kepentingan, seperti dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya.
Jawaban : C

11. Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah… 
A. pemerintah 
B. warga negara 
C. pemilik e-KTP 
D. petugas kecamatan 
E. petugas kabupaten
Jawaban : A

12. Bacalah teks berikut! 
Media utama yang lazim digunakan oleh para petani jamur adalah limbah serbuk gergaji.Media ini dipilih karena praktis, harganya murah dan mudah diolah.Serbuk kayu memiliki kandungan serat lignin dan selulosa yang tinggi sehingga mendukung pertumbuhan jamur.Akan tetapi, tidak semua serbuk kayu bisa digunakan. Jenis kayu yang dipilih harus kayu yang mudah lapuk,misalnya kayu sengon dan kayu waru. Jenis kayu yang dihindari untuk digunakan adalah kayu yang mengandung getah seperti karet dan 

Kata “ini” pada kalimat ketiga merujuk pada kata … 
A. para petani jamur 
B. karet dan beringin
C. limbah serbuk gergaji 
D. serat lignin dan selulosa 
E. kayu sengon dan kayu waru
Jawaban : C

13. Bacalah kutipan novel berikut! 
Ketika mengajukan pertanyaan beliau berlari-lari kecil mendekati kami, menatap kami penuh arti dengan pandangan matanya yang teduh seolah kami adalah anak-anak Melayu yang paling berharga. Lalu membisikkan sesuatu di telinga kami, menyitir dengan lancar ayat-ayat suci, menantang pengetahuan kami, berpantun, membelai hati kami dengan wawasan ilmu, lalu diam, diam berpikir seperti kekasih merindu, indah sekali. 

Beliau menorehkan benang merah kebenaran hidup yang sederhana melalui kata- katanya yang ringan namun bertenagaseumpama titik-titik air hujan. Beliau mengobarkan semangat kami untuk belajar dan membuat kami tercengang dengan petuahnya tentang keberanian pantang menyerah melawankesulitan apa pun. Pak Harfan memberi kami pelajaran pertama tentang keteguhan pendirian, tentang kerukunan, tentang keinginan kuat untuk mencapai cita-cita. Beliau meyakinkan kami bahwa hidup bisa demikian bahagia dalam keterbatasan jika dimaknai dengan keikhlasan berkorban untuk sesama. Lalu beliau menyampaikan sebuah prinsip yang diam-diam menyelinap jauh ke dalam dadaku serta memberi arah bagiku hingga dewasa, yaitu bahwa hiduplah untuk memberi sebanyak- banyaknya. 

(Andrea Hirata, Laskar Pelangi) 
Makna lambang/simbol benang merahpada kutipan novel tersebut adalah … 
A. pengait 
B. petunjuk 
C. pemintal 
D. penengah 
E. penghubung
Jawaban : E

Bacalah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 14 s.d 15! 
(1) “Masa itu kenapa Mak mengatakan bahwa aku sudah punya calon suami, padahal belum, bukan?” 
(2)“Bukankah calon menantu Mak calon insinyur?” 
(3) “Tak usah kau ungkit-ungkit lagi cerita lama. Mungkin Rustam bukan jodohmu!” sela Banun. (4) “Tapi seandainya kami berjodoh, Mak tak akan dinamai Banun Kikir!” 
(5) Sesaat Banun diam. (6) Tanya-tanya nyinyir Rimah mengingatkan ia padaPalar yang begitu bangga punya anak bertitel insinyur pertanian, yang katanyadapat melipatgandakan hasil panen dengan mengajarkan teori-teori pertanian. (7) Tapi, bagaimana mungkin Rustam akan memberi contoh cara bertani modern,sementara sawahnya sudah ludes terjual? (8) Kalau memang benar Palar orang taniyang sesungguhnya, ia tidak akan gampang menjual lahan sawah, meski untukmencetak insinyur pertanian yang dibanggakannya itu.(9) Apalah guna insinyurpertanian bila tidak mengamalkan laku orang tani? (10) Banun menolak pinangan itubukan karena Palar sedang terbelit hutang, tidak pula karena ia sudah jadi tuantanah, tapi karena perangai buruk Palar yang dianggapnya sebagai penghinaanpada jalan hidup orang tani. 

(Banun. Damhuri Muhammad) 

14. Di bawah ini yang termasuk majas retorikdari cerpen tersebut adalah kalimat nomor… . 
A. (2)
B. (4) 
C. (8)
D. (9) 
E. (10)
Jawaban : D

15. Pembuktian watak Banunsebagai seorang yang tegas adalah pada kalimat nomor … . 
A. (3), (8),dan (10) 
B. (2), (3), dan (8) 
C. (3), (6), dan (7) 
D. (5), (8),dan (9) 
E. (6),(9), dan (10)
Jawaban : A

16. Cermatilah teks gurindam berikut! 
Barang siapa kuat berusaha Pasti kejayaan turun bersama 
Amanat yang terkandung dalam gurindam tersebut adalah… 
A. Pilihlah teman yang berwatak pekerja keras 
B. Jangan mudah putus asa dalam menghadapi ujian kehidupan 
C. Orang yang tidak mudah putus asa akan mendapatkan kesuksesan 
D. Jadilah orang yang selalu bekerja keras meskipun mengalami kegagalan 
E. Putus asa adalah sifat yang menghambat seseorang mendapat keberhasilan
Jawaban : C

17. Cermatilah teks negosiasi berikut! 
Wakil karyawan : Selamat sore, Pak. 
Wakil perusahaan : Selamat sore. Mari, silakan duduk. 
Wakil perusahaan : Saya, Hadi Winoto, wakil dari perusahaan. Anda siapa? 
Wakil karyawan : Saya Suparmin, yang dipercaya teman-teman untuk menemui pimpinan.(Mereka bersalaman). Kami akan melakukan aksi mogok kerja sampai tuntutan kami dipenuhi. 
Wakil perusahaan : Tidak boleh demikian. Kita harus mencari jalan tengah. Wakil karyawan : Bagaimana caranya? 
Wakil perusahaan : Saya akan mengusulkan kenaikan gaji seperti yang kalian inginkan kepada direksi. 
Wakil karyawan : Ya, Pak, tolong diusahakan bagaimana caranya agar kami dapat hidup layak. Paling tidak kami menerima gaji sebesar Rp2.800.000,00. 
Wakil perusahaan : Nanti saya akan mengusulkan ke direksi sebesar Rp2.600.000,00. 
Wakil karyawan : Tapi, usahakan lebih, Pak. Kami akan bekerja lebih keras lagi. Wakil perusahaan : Baiklah, akan saya coba. 
Wakil karyawan : Ya, terima kasih. Selamat sore. Wakil perusahaan : Selamat sore. (Mereka bersalaman) 

Hal yang disepakati dalam paragraf tersebut adalah… 
A. Mengusulkan kenaikan gaji 
B. Menemui direksi perusahaan 
C. Mencari jalan keluar yang terbaik 
D. Tidak melakukan aksi mogok kerja 
E. bekerja lebih keras daripada sebelumnya
Jawaban : A

18. Bacalah pantun berikut! 
… 
… 

Cinta tak kunjung menyentuh hati 
Hancur batin dilanda nestapa 
Lariksampiran yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah…. 
A. Harum bunga menyejukkan hati 
Seakan tak pernah tutup mata 
B. Seakan tak pernah menutup hati 
Hidup pun terasa memilukan
C. Seakan tak pernah tutup mata 
Hancur badan dilanda gelisah 
D. Haruskah mengendalikan hati 
Agar batin tak pernah risau 
E. Bagaikan hidup dirundung dosa 
Makan tak enak tidur tak nyenyak
Jawaban : A


19. Bacalah kutipan cerpen berikut! 
Teks 1
Malam masih menyajikan aroma kesunyian di sekitar gubuk reyot itu. Bulan pucat memandanginya dari baying awan hitam. Lampu temple di dinding kini telah dihinggapi jelaga seiring dengan malam yang semakin tua. Perempuan ittu membasuh kaki kotornya dengan air dingin. Luka-luka mongering di telapak kakinya bagai prasasti yang menceritakan bagaimana kepedihan hidupnya selama ini, selama berpuluh tahun.

Sandal Jepit Merah, S. Rais

Teks 2
Sandra datang bersama angina dan udara yang mengalir diam-diam. Kedatangannya yang tiba-tiba mengagetkan seisi rumah. Ia naik pesawat paling pagi dari Seoul. Enam setengah jam kemudian mendarat di Bandara Soekarno Hatta, dan langung meluncur ke rumhanya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Matahari Jakarta yang panas di bulan Juni langsung menyergapnya.

Bintang Gerilya, Rahmat H. Cahyono 

Persamaan unsur intrinsik kedua cerpen tersebut adalah… 

A. Kedua cerita tersebut sama-sama menggunakan alur mundur. 
B. Pengungkapkan konflik dalam cerita melalui kata hati tokohnya. 
C. Isi cerita kedua kutipan tentang penderitaan hidup tokoh-tokohnya. 
D. Tokoh kedua cerita tersebut sama-sama sosok perempuan yang tegar 
E. Kedua cerita tersebut sama-sama menggunakan cara penceritaan orang ketiga
Jawaban : E



20. Cematilah kutipan berikut! 
“Maaf, Bapak saya tangkap,” kata polisi yang habis menggertak tadi sambil mendekat dan memborgol kedua tangan Pak Kerto, dan Pak Kerto semakin bertambah bingung. “Apa kesalahan saya, Pak?” Tanya Pak Kerto terputus-putus. “Bapak telah menanam dan menyimpan pohon ganja, padahal pohon-pohon ganja ini dilarang ditanam oleh pemerintah,” jawab polisi itu tegas. “Tapi saya hanya disuruh juragan. Saya hanya melaksanakan perintah juragan, Pak,” kata Pak Kerto tertunduk. “Saya mengerti dan memahami keadaan Bapak. Juragan Bapak sekarang ada di tahanan polisi.” 

(Rumah Kecil, Tri Astoto Kodarie) 
Hal dalam kutipan yang terkait dengan kehidupan bermasyarakat sekarang adalah… 
A. Modus penipuan sekarang maskin canggih. 
B. Banyak orang tertipu karena kurang waspada.
C. Para penipu memanfaatkan situasi pedesaan. 
D. Kehidupan petani yang sulit menjadi ladang penipuan. 
E. Petani di desa yang masih lugu sering dimanfaatkan oleh penipu.
Jawaban : B

21. Bacalah dua pantun berikut! 
Pantun 1 
Bunga kenanga di atas kubur 
Pucuk sari pandan Jawa 
Apa guna sombong dan takabur 
Rusak hati badan binasa
Pantun 2 
Berburu ke padang datar 
Dapat rusa belang kaki 
Berguru kepalang ajar 
Bagai bunga kembang tak jadi

Persamaan isi pantun tersebut adalah… 
A. Terdapat hubungan sosial 
B. Termasuk pantun suka cita 
C. Menceritakan kehidupan manusia 
D. Merupakan di dalamnya sebuah nasihat 
E. Mengingatkan orang tak perlu sombong
Jawaban : D

22. Bacalah teks berikut! 
Kutipan 1 
Korupsi di Indonesia tidak ada matinya, bahkan modusnya kian canggih. Memang tidak 
ada negara bebas korupsi, tetapi Indonesia bermasalah dengan mental korupsi. Tanpa revolusi mental, pemberantasan korupsi akan selalu tertinggal dengan kecepatan dan metamorphosis korupsi. Revolusi mental harus dimulai dari atas dan dibuat terstruktur.Harus ada sanksi serius bagi pejabat yang tidak melaporkan dengan benar penghasilan dan kekayaannya. 

Kutipan 2
Presiden RI Joko Widodo menggagas revolusi mental.Revolusi mental masih menjadi topiK perbincangan publik hingga saat ini.Moral negeri ini sepertinya sedang berjalan menuju ambang kematian.Moral yang telah bermetamorfosis (berubah bentuk) menjadi kejahatan, seperti korupsi, kekerasan terhadap perempuan dan anak, penyalahgunaan narkoba dan menguatnya aksi terorisme mendorong Presiden Joko Widodo meniup terompet perang dengantaktik revolusi mental.Revolusi mental ala Presiden Joko Widodo bisa mujarab melawan tindak pidana korupsi sebagaimana pemimpin besar hebat tersebut. 

Persamaan kedua teks tersebut adalah…
A. Membahas pemberantasan korupsi
B. Membicarakan korupsi di Indonesia 
C. Memaparkan gagasan revolusi mental 
D. Menggambarkan metamorphosis mental 
E. Menjelaskan gagasan Presiden Joko Widodo
Jawaban : C

23. Bacalah teks berikut! 
Bimo berkuliah di Jerman, kemudian mendapatkan pekerjaan yang bagus di sana. Beberapa tahun di sana, kariernya maju pesat. Fasiliatas mewah pun dia miliki, tetapi dia selalu merindukan kampung halaman dan keluarganya. Akhirnya, dia kembali ke Indonesia dan mengembangkan kariernya di Indonesia. Fasilitas mewah pun ia tinggalkan dan memilih berkarier di Indonesia, seperti [ … ]. 

Pribahasa yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah… 
A. Manusia tahan kias, binatang tahan palu.
B. Hidupnya bagai makan buah si malakama.
C. Mara jangan dipukat, rezeki jangan ditolak. 
D. Mata memandang jauh, bahu memikul berat. 
E. Tingginya bangau terbang, hinggapnya ke kubangan.
Jawaban : E

24. Bacalah dialog berikut! 
(1) Ibu : Mengapa baju seragam kamu kotor? 
(2) Anak : Maaf, bu, tadi saya di sekolah terjatuh dan kebetulan jatuh di tempat yang becek. 
(3) Ibu : memangnya kamu tidak hati-hati? 
(4) Anak : (menunduk) ya! sayabercanda dengan teman, tiba-tiba kaki saya tersandung batu dan jatuhlah saya. 
(5) Ibu : Hmmm, lain kali, kamu harus lebih hati-hati ! 
(6) anak : ya, bu. 
(7) Ibu : Adakah yang terluka! 
(8) Anak : tidak, bu 
(9) Ibu : Ya, sudah, sekarang kamu buka seragam kamu, dan segera rendam agar kotornya cepat hilang! 

kalimat imperatif yang terdapat dalam dialog tersebut terdapat pada nomor… 
A. (1)
B. (4)
C. (5)
D. (7)
E. (9)
Jawaban : E

25. Cermatilah paragraf berikut! 
Suaka margasatwa Danau Pulau Besar dan Danau Bawah terletak di Desa Zamrud, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak. Kedua danau ini dikenal sebagai Danau Zamrud. Lokasinya masih [ … ] karena berada di tengah hutan rawa Kabupaten Siak. Pemandangan alamnya [ … ] karena belum banyak dieksploitasi. Satu keunikan kawasan danau ini yaitu adanya pulau kecil di tengah danau. Keberagaman hayati kawasan ini [ … ]. Wisatawan dapat menjumpai beraneka jenis tumbuhan dan satwa langka. 

Frasa adjektif yang tepat untuk mengganti frasa bercetak miring adalah… 
A. sangat alami, agak memukau, agak tinggi
B. alami sekali, cukup memukau, amat tinggi
C. cukup alami, memukau sekali, tinggi sekali
D. paling alami, agak memukau, tinggi sekali 
E. sangat alami, sangat memukau, cukup tinggi
Jawaban : E

26. Cermatilah kutipan berikut! 
Beberapa bulan sudah Kosim menjadi pegawai magang di kantor Patih Sumedang. Sifat orang muda itu pendiam tidak banyak cakap dan tak banyak bermain-main. Kesukaannya bekerja, bertekun menambah ilmu pengetahuan. Akan tetapi, ia tiada tinggi hati terjauh daripada sifat sombong. Tegur sapa orang kepadanya tiada pernah dilengahkannya, senantiasa dijawabnya dengan manis dan sopan santun. Cuma hatinya pantang tersinggung. Naik sekali darah ke kepalanya sehingga dalam sekejap mata saja air mukanya yang tenang berubah menjadi masam dan keruh, jika ia mendengar salah satu perkataan atau sindiran yang agak mengenai dirinya. 
(Nur St. Iskandar, Katak Hendak Jadi Lembu, Jakarta , Balai Pustaka, 2011) 

Kalimat tanggapan (esai) yang sesuai dengan kutipantersebut adalah… 
A. Kita harus dapat menyingkirkan sifat sombong dalam diri 
B. Sifat kerja keras dan sopan santun tokoh Kosim patut ditiru. 
C. Memang sudah seharusnya anak muda mudah terpancing emosinya. 
D. Sikap mudah bergaul tokoh Kosim dalam kutipan novel tersebut patut ditiru. 
E. Sebenarnya tidak perlu memikirkan perkataan atau perbuata orang lain kepada kita.
Jawaban : B

27. Cermatilah kutipan berikut! 
Mereka itu sayang kepadanya. Sebab itu, mereka agak khawatir akan cara hidupnya yang tiada dapat menambah kesehatan itu. Mereka selalu melakukan bermacam-macam pergerakan badan di tanah lapang, berolahraga, yang menguatkan urat dan anggota kaki, dan tangan. Cara hidup Mas Joko menyesakkan napas mereka itu, tinggal terkurung di dalam rumah saja. Senantiasa membalik-balik halaman buku, padahal membalik-balik helai daun- daunan yang hijau di bawah lingkungan langit akan lebih menarik hati dan menambah kesehatan daripada itu. 
(Nur St. Iskandar, Turun ke Desa, Jakarta, Balai Pustaka, 2011) 

Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah… 
A. Ketiadaan konflik dalam kutipan novel tersebut mengurangi nilai keindahan dalam cerita. B. Tokoh-tokoh dalam kutipan novel tersebut tidak menampakkan watak atau sifat yang memengaruhi cerita. 
C. Nur Sutan Iskandar sebagai penulis Angkatan Balai Pustaka menyajikan cerita berdasarkan peristiwa masa lalu. 
D. Bahasa dalam kutipan tersebut sudah tidak sesuai dengan zaman sekarang sehingga menyulitkan pembaca untuk memahami isi cerita. 
E. Nilai-nilai yang terkandung dalam kutipan novel tersebut sudah tidak sesuai dengan nilai- nilai yang ada pada masa sekarang.
Jawaban : A

28. Bacalah kalimat berikut! 
IMF mengumumkan bahwa ekonomi negara-negara berkembang pada kuartalIV tumbuh mencapai 4.2%. 
Kalimat argumentasi yang mendukung pendapat tersebut adalah ... 
A. Pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang dapat dilihat dari percepatan pertumbuhan ekonomi sejak krisis global 2010. 
B. Pengumuman tersebut disampaikan oleh kepala ekonom IMF, Maurice Obstfeld, pada 
Rabu, 5 Oktober 2016 di Washington DC. 
C. Meskipun tumbuh, menurut IMF, terdapat perbedaan ketahanan yang cukup tajam di antara negara-negara berkembang di tiap kawasan. 
D. Di kawasan Asia-Pasifik, pemulihan kondisi ekonomi negara-negara berkembang di sekitarnya. 
E. IMF Memperkirakan pertumbuhan ekonomi Cina sebesar 6,2 persen pada 2017, lebih rendah daripada pertumbuhan pada 2016 yang sebesar 6,9 persen.
Jawaban : A

29. Bacalah teks berikut! 
Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden Jakarta pada Rabu 5 Oktober 2016, meminta perombakan bersar-besaran dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Presiden berpesan bahwa jangan sampai anggaran semakin meningkat, karena hasilnya tidak maksimal atau belum maksimal. Pada era kompetisi antarnegara saat ini kita memerlukan sumber daya manusia yang bukan hanya sehat, tapi SDM yang cukup cerdas, produktif, dan memiliki karakter. Meskipun demikian, Presiden meminta agar lokasi dana pendidikan digunakan secara efektif untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan. 

Konjungsi (kata penghubung) yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring adalah… 
A. namun, tetapi, karena 
B. tetapi, agar, sementara itu 
C. namun, walaupun, padahal 
D. tetapi, melainkan, oleh karena itu 
E. namun, melainkan, dengan demikian
Jawaban : D

30. Cermatilah paragraf berikut! 
Calon pengusaha yang akan berkecimpung di dunia usaha perlu tambahan ilmu agar tidak mengalami kegagalan di awal usahanya. Pengusaha yang sedang berada dalam langkah awal memulai usaha, perlu melakukan pengaturan keuangan yang disiplin agar bisa mengetahui sejauh mana [ … ] penggunaan modal serta tingkat [ … ] penjualan. Pengaturan keuangan dapat dilakukan oleh [ … ] keuangan. 

Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah… 
A. efektiv, omzet, manager 
B. efektif, omset, manajemen 
C. efektivitas, omzet, manajer 
D. efektifitas, omset, managemen 
E. efektivitas, omset, manajemen
Jawaban : C

31. Bacalah paragraf berikut! 
Buah bit termasuk […] yang sejak lama dikenal memiliki sifat obat. Buah bit dapat membantu orang dengan ganguan kardiovaskular dengan gejala jantung [ … ]. Buah bit dapat dikonsumsi dengan dibuat jus. Cara membuat jus buah bit adalah [ … ], lalu diblender. 

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah… 
A. umbi-umbi, debar-debar, dipotong-potong
B. umbi-umbi, berdebar-debar, potong-potong
C. umbi-umbian, debar-debar, dipotong-potong 
D. umbi-umbian, berdebar-debar, dipotong-potong 
E. umbi-umbian, mendebar-debarkan, potong-potong
Jawaban : D

32. Bacalah teks berikut! 
Ritual adat Tiwah merupakan upacara adat bagian dari pemeluk kepercayaan Kaharingan. Kaharingan adalah kepercayaan [ … ] keyakinan suku bangsa Dayak pada zaman dahulu. Kepercayaan ini secara turun-temurun diyakini [ … ] generasi sekarang. Ritual Tiwah merupakan prosesi mengantarkan roh leluhur sanak saudara yang telah meninggal dunia ke alam baka. Ritual Tiwah dilakukan dengan cara menyucikan [ …] memindahkan sisa-sisa jasad dari liang kubur menuju sebuah tempat yang disebut sandung. 

Konjungsi (kata penghubung) yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah… 
A. dan, jika, atau 
B. atau, ketika, dan
C. jika, dan, hingga
D. atau, hingga, dan
E. bahwa, tetapi, dan
Jawaban : D

33. Bacalah paragraf berikut! 
Perusahaan Pak Ahdiat sedang mengalami krisis. Perusahaan tersebut terancam bangkrut. Untunglah Pak Ahdiat seorang yang [ … ] ia segera membuat strategi pemasaran baru agar keuangan perusahaannya terselamatkan. Perusahaan tersebut pun terbebas dari kebangkrutan. 

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah… 

A. panjang akal
B. panjang lidah
C. panjang mulut
D. panjang napas 

E. panjang tangan 
Jawaban : A


34. Bacalah paragraf berikut!Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM)[ … ] mengejar target harga gas untuk industry sebesar 5-6 dolar AS per MMBTU. Dalam rapat kabinet terbatas beberapa waktu lalu. Presiden RI Joko Widodo memberikan target [ … ] harga gas untuk industri bisa diketahui kepastiannya dua bulan ke depan. Menurut Direktur Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi (migas), Direktorak Jenderal Migas, Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi, saat ini pihaknya tengah [ … ]dengan asosiasi industry, salah satunya Indonesian Petroleum Association (IPA).

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpangtersebut adalah…
A. berupaya, penurunan, berkomunikasi
B. berupaya, diturunkan, berkomunikasi
C. diupayakan, diturunkan, dikomunikasikan
D. mengupayakan, penurunan, mengomunikasikan
E. mengupayakan, menurunkan, mengomunikasikan 

Jawaban : A

35. Bacalah paragraf berikut!
Perpisahan kelas XII diadakan di gedung yang terletak di komplexABRI. Hari ini mereka mengadakan gladi bersih. Tampaknya, acara mereka terususn sangat sistematick. Kerja keras panitya akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Ejaan yang tepat untuk mengganti kata yang bercetak miring adalah…
A. komplek, glady, sistematis, panitia

 B. kompleks, glady, sistematis, panitia 
C. komplek, glady,sistematika, panitya 
D. kompleks, geladi, sistematis, panitia 
E. kompleks, geladi, sistematik, panitia 
Jawaban : D

36. Bacalah paragraf berikut!
Pemerintah mulai memikirkan masa depan para [ … ] dewasa ini. Mereka bukan hanya [ … ] pemain olahraga, melainkan juga [ … ] negara. Upaya ini dilakukan agar mereka dapat berjuang secara optimal. 


Istilah yang tepat untuk mengganti kata yang rumpang adalah…
A. atlit, sekadar, aset 
B. atlet, sekadar, aset 
C. atlet, sekedar, aset 
D. atlit, sekedar, asset 
E. atlet, sekedar, asset 
Jawaban : B
37. Bacalah kutipan novel berikut! 

Novel Pintu Harmonika karya Clara dan Icha ini mengisahkan kehidupan tiga orang anak yang tinggal di komplek ruko. Rizal, Juni, dan David merupakan tokoh utama yang mempunyai kesamaan hobi bermain di tanah kosong. Mereka menyebut tanah kosong itu adalah surga. Di surga, mereka menemukan kenyamanan dan suasana akrab menyelimuti kebersamaan mereka meskipun berbeda usia dan agama. 



Novel ini menggunakan kata yang berbelit-belit. Selain itu, ada beberapa bahasa asing dan ejaan yang salah menyulitkan dalam menerjemahkan maknanya. Meskipun demikian, novel ini memiliki kover unik dan gambar-gambar yang berkaitan dengan isi cerita. Banyak pesan moral dan kata-kata bijak yang bisa diambil sebagai pelajaran. Buku ini layak dibaca oleh semua kalangan, terutama kaum remaja. 



Kalimat resensi (penilaian yang menyatakan keunggulan) dalam kutipan tersebut adalah…. 

A. Cerita dalam Novel Pintu Harmonika ini sangat menggugah perasaan pembaca sehingga tidak mengherankan jika novel ini disukai remaja. 
B. Novel Pintu Harmonika cocok dibaca oleh anak-anak karena menceritakan kisah kehidupan tiga orang yang memperjuangkan surganya. 
C. Clara dan Icha dalam novelnya PIntu Harmonika menyajikan cerita dengan menggunakan kalimat yang terlalu panjang sehinggai disukai pembaca. 
D. Novel Pintu Harmonika karya Clara dan Icha ini mengisahkan kehidupan remaja berna, Rizal, Juni, dan David dengan latar belakang usia dan agama berbeda. 
E. Novel Pintu Harmonika ini mengandung pesan moral dan kata-kata bijak yang dapat diambil sebagai pelajaran oleh semua kalangan, terutama kaum remaja.
Jawaban : E

38. Bacalah bacaan berikut ini! 
Para ibu muda atau calon ibu hendaknya membeli buku pengaruh asupan makanan bergizi sejak dini terhadap kesehatan bayi sebagai persiapan untuk memberikan bayi atau calon bayi mereka yang terbaik. 

Penulisan judul buku yang tepat dari bacaan tersebut adalah…. 
A. Pengaruh Asupan Makanan Bergizi Sejak Dini Terhadap Kesehatan Bayi
B. Pengaruh Asupan Makanan Bergizi Sejak Dini terhadap Kesehatan Bayi
C. Pengaruh asupan makanan bergizi sejak dini terhadap kesehatan bayi 
D. Pengaruh Asupan Makanan Bergizi sejak Dini terhadap Kesehatan Bayi 
E. Pengaruh asupan Makanan Bergizi sejak dini terhadap Kesehatan bayi
Jawaban : D

39. Cermatilah beberapa kalimat berikut! 
(1) Penyakit hepatitis, adalah penyakit yang disebabkan oleh beberapa jenis virus. (2) Virus tersebut menyerang-merusak sel-sel organ hati manusia. (3) Hepatitis dikategorikan dalam beberapa golongan, di antaranya hepatitis A, B, C, D, E, F dan G. (4) Di Indonesia penderita penyakit hepatitis, umumnya cenderung lebih banyak mengalami golongan hepatitis B dan hepatitis C. (5) Hepatitis A adalah golongan penyakit hepatitis, yang ringan dan jarang sekali menyebabkan kematian 

Tanda baca yang tepat adalah kalimat nomor…. 
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Jawaban : C

40. Cermati kalimat berikut dengan saksama! 
>Para seniman yang mendesain harus masuk inkubasi sebelum produknya dipromosikan. 
Inti kalimat pada kalimat tersebut adalah … 
A. Para seniman masuk inkubasi 
B. Seniman yang mendesain produk 
C. Para seniman masuk inkubasi dipromosi 
D. Para seniman mempromosikan produknya 
E. Para seniman mendesain dan produknya dipromosikan
Jawaban : A


Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Bahasa Indonesia SMA 2021 PDF, DOWNLOAD

Demikian artikel tentang Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Bahasa Indonesia SMA 2021. Semoga bermanfaat, dan sobat bisa mengerjkan UNBK dengan lancar.


Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar