--> Skip to main content

Lengkap! Latihan Soal UNBK SMP 2021 dan Kunci Jawaban

Hai sobat, kembali lagi dengan saya admin centralpendidikan.com. Di kesempatan kali ini saya akan membagikan Latihan Soal dan Kunci Jawaban Ujian Nasional (UN/UNBK) SMP 2021. Sobat bisa mempelajari soal - soalnya langsung dari blog ini (online), atau juga bisa mendownloadnya melalui link download PDF yang sudah admin sertakan pada setiap naskah soal.

Contoh latihan soal ini terdiri dari keseluruhan mata pelajaran yang akan diujikan pada Ujian Nasional (Berbasis Komputer) SMP/MTs tahun pelajaran 2018/2021. Dan per butir soal sudah disesuaikan dengan materi pada kisi - kisi SKL UN SMP 2021 yang sudah di rilis BSNP pada bulan November kemarin.

Disini admin juga akan memberikannya/file kisi - kisi, karena judulnya kan sudah tertulis lengkap. Jadi sobat tidak usah susah payah pergi ke laman resminya untuk mendapatkan file tersebut.


UN/UNBK SMP

Latihan Soal Ujian Nasional (UN/UNBK) SMP 2019 dan Kunci Jawaban


Mengapa sih centralpendidikan.com lebih memprioristakan judul UN/UNBK. Padahal kan dari kedua istilah tersebut hampir memiliki makna yang sama.  

Memang sih tidak efisien, akan tetapi hal ini mulai saya jadikan patokan ke depannya mengingat UNBK sudah akan diberlangsungkan secara menyeluruh pada tahun 2021 tahun depan.

Walau pun untuk jenjang sekolah SMP/MTs diperkirakan belum 100%. Mengingat jumlahnya yang sangat banyak dan  ada kendala pada masalah geografis. Yang artinya ada sekolah pada jenjang ini yang berada pada wilayah plosok dan pedesaan.

Tapi walau pun begitu, sudah ada usaha yang dilakukan pemerintah guna mensukseskan sistem ini. Salah satunya adalah sistem resource sharing. Yang dimana sekolah yang belum memiliki kemampuan menyelenggarakan UNBK di sekolahnya bisa numpang pada sekolah lain yang sudah siap.

Lengkap! Latihan Soal Ujian Nasional (UN/UNBK) SMP 2021 dan Kunci Jawaban



Apa sih keistimewaan dari soal yang ada di blog ini? Yapp, masih tergolong soal paling baru/terbaru yang mungkin belum sobat temukan di blog lainnya. Mungkin.. 

Bahasa Indonesia


Materi dalam mata ujian bahasa indonesia ini mencakup banyak sekali teks bacaan yang bakal membuat sobat menghabiskan waktu banyak, dalam jangka waktu terbatas. 


Dengan Ringkasan materi UN Bahasa Indonesia SMP terdiri dari :

  1. Membaca Non sastra
  2. Membaca Sastra
  3. Menulis Terbatas
  4. Penyunting kata, kalimat, paragraf
  5. dan Menyunting ejaan dan tanda baca
Latihan Soal UN/UNBK Bahasa Indonesia SMP 2021 

Matematika

Penghafalan rumus-rumus perlu sobat lakukan mulai dari sekarang. Mengingat bukan hanya materi di kelas 12 saja yang akan sobat kerjakan. Melainkan keseluruhan materi yang sudah diselaraskan dengan kurikulum yang terpakai.


Materi UN Matematika SMP terdiri dari :

  1. Bilangan
  2. Aljabar
  3. Geometri dan Pengukuran
  4. Statistika dan Peluang

Bahasa Inggris

Kosa-kata bahasa inggris yang lengkap akan sobat pertimbangkan sebelum mengerjakan naskah soal UN bahasa inggris SMP tahun depan. Dan jujur ini mata pelajaran yang tidak admin kuasai. Susah aja sih menurut saya. tapi mungkin berbeda dengan sobat.

Materi UN Bahasa Inggris SMP terdiri dari : 
  1. Fungsi Sosial
  2. Struktur Teks
  3. Unsur Kebahasaan

IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Bukan hanya membahas tentang ilmu - ilmu pengetahuan alam. Melainkan mapel fisika dan biologi adalah perpaduan pada mata pelajaran IPA ini.

Materi UN IPA SMP terdiri dari : 
  1. Pengukuran, zat, dan sifatnya
  2. Mekanika dan tata surya
  3. Gelombang, Listrik, dan Magnet
  4. Makhluk hidup dan lingkungannya
  5. Struktur dan fungsi makhluk hidup

KISI - KISI LENGKAP UN SMP Tahun Pelajaran 2021, DOWNLOAD

Demikian artikel tentang Lengkap! Latihan Soal Ujian Nasional (UN/UNBK) SMP 2021 dan Kunci Jawaban. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar