--> Skip to main content

Latihan Soal dan Kunci Jawaban SBMPTN Bahasa Indonesia 2021 (+Pdf)

Latihan Soal dan Kunci Jawaban SBMPTN Bahasa Indonesia 2021 (+Pdf). Hai sobat, kembali lagi dengan admin centralpendidikan.com. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh latihan soal SBMTPN bahasa indonesia dan kunci jawaban terbaru 2021. Yang dimana keseluruhan soalnya berada dalam bentuk soal pilihan ganda, dengan jawaban sudah tersedia di bawah masing - masing soal tersebut. 

Tapi admin mohon maaf, karena pembahasannya tidak ada.

Latihan Soal dan Kunci Jawaban SBMPTN Bahasa Indonesia 2021 (+Pdf)

latihan soal SBMPTN bahasa indonesia

Walau pun jumlah soalnya banyak, yaitu 75 butir soal. Akan tetapi tidak keseluruhan soal akan diujikan pada jenis soal SBMPTN kelak, mungkin hanya sekitar 20-25 soal jenis SBMPTN bahasa indonesia ini. 

Tapi tenang saja, masih bisa dijadikan prediksi soal SBMPTN bahasa indonesia tahun 2021 kok. Karena sebagian besar sudah disesuaikan dengan materi di naskah asli tahun kemarin, dan sebelumnya.

Yapp, berbicara soal SBMPTN. Sebagaimana yang sobat ketahui bahwa SBMPTN akan segera diadakan, pendaftarannya pun sudah mulai dibuka. Biasanya para siswa mungkin akan langsung mempelajari soal SBMPTN (SOSHUM/SAINTEK). Tanpa mendalami per mata pelajaran yang diujikan, dan hasilnya pasti sobat bisa tahu. 

Solusi yang mungkin akan bekerja adalah dengan mempelajari soal - per soal dari mata pelajaran terkait. Seperti soal SBMPTN Bahasa Indonesia ini. Download dulu gih, file PDF-nya :
Latihan Soal dan Kunci Jawaban SBMPTN Bahasa Indonesia 2021 (+Pdf), DOWNLOAD

Baiklah, langsung saja lah min. Berikut ini adalah Latihan Soal dan Kunci Jawaban SBMPTN Bahasa Indonesia 2021 (+Pdf). Selamat mengerjakan... DILARANG COPY PASTE untuk di posting ulang di blog sobat.

SOAL SBMPTN BAHASA INDONESIA

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 5.Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Senin 1 Februari malam, mengumumkan status darurat global menghadapi serangan virus Zika. Status darurat diberlakukan menyusul besaran dan cepatnya sebaran serangan, serta lonjakan angka kasus mikrosefalus atau bayi lahir dengan gangguan perkembangan otak akibat infeksi virus Zika.

Di Brasil, sejak Oktober 2015, diperkirakan ada 4.000 kasus kelahiran bayi dengan mikrosefalus. Belum ada bukti ilmiah bahwa biang mikrosefalus adalah virus Zika, WHO, berdasarkan rekomendasi para ahli independen, memutuskan darurat global.

Direktur Jendral WHO Margaret Chan menyebut sebaran virus Zika sebagai kejadian luar biasa dan mensyaratkan respons yang terkoordinasi. “Sesuai agenda global, kita harus menyikapi seruan WHO itu dengan langkah pencegahan, deteksi dini, dan merespons serangan virus Zika. Ini harus dilakukan secara kolaboratif dengan mengerahkan seluruh sumber daya,” kata Deputi Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Herawati Sudoyo di Jakarta.

Eijkman merupakan lembaga yang pertama mengisolasi virus Zika di Indonesia dan telah melaporkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada 2015. Temuan diperoleh setelah para peneliti Eijkman menguji sampel pasien demam di salah satu rumah sakit swasta di Jambi, menyusul serangan dengue di wilayah itu.

Oleh karena virus Zika dipastikan sudah masuk ke Indonesia, ujar Herawati, yang mendesak dilakukan adalah melakukan surveilans sistematis. Hingga saat ini, Indonesia belum memiliki gambaran besaran serta sebaran serangan virus Zika. (Dikutip dengan pengubahan dari harian Kompas edisi Rabu, 3 Februari 2016)

1. Kalimat tidak baku dalam teks di atas terdapat pada kalimat.... 

a. pertama paragraf pertama
b. kedua paragraf pertama 
c. pertama paragraf ketiga 
d. kedua paragraf ketiga
e. ketiga paragraf ketiga
Jawaban : C

2. Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks di atas adalah...
a. Surveilans sistematis per tahun harus dilakukan karena virus Zika dipastikan sudah masuk ke Indonesia.
b. Status darurat diberlakukan karena cepatnya serangan serta lonjakan angka kasus mikrosefalus akibat infeksi virus Zika.
c. Bukti ilmiah bahwa biang mikrosefalus adalah virus Zika belum dipastikan.
d. Langkah pencegahan, deteksi dini, dan merespons serangan virus Zika secara kolaboratif harus dilakukan untuk mengantisipasi sebaran virus Zika.
e. Sejak Oktober 2015, di Brasil, diperkirakan ada 4.000 kasus kelahiran bayi dengan mikrosefalus.
Jawaban : A

3. Apakah gagasan utama paragraf pertama teks di atas?
a. kasus mikrosefalus
b. status darurat menghadapi virus Zika 
c. akibat infeksi virus Zika
d. lonjakan mikrosefalus
e. angka infeksi virus Zika
Jawaban : B

4. Kata surveilans dalam teks tersebut mengandung makna.... 
a. pengamatan
b. pencarian
c. pengintaian 
d. percobaan
e. observasi
Jawaban : C


5. Kalimat tidak efektif yang terdapat dalam teks di atas adalah kalimat....
a. pertama paragraf pertama
b. kedua paragraf kedua
c. pertama paragraf ketiga 
d. kedua paragraf ketiga
e. ketiga paragraf ketiga
Jawaban : B

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 6 s.d. 7.Modernitas didefinisikan sebagai representasi kedewasaan Jawa untuk menjaga keselaras dan prinsip rukun. Pikiran modernitas tidak memisahkan atau memutus masyarakat Jawa dari masa silamnya, dari tradisinya. Dalam satu organisasi hidup, perempuanlah yang menjalankan peran menjaga keseimbangan Jawa di dalam kehidupan nyata. (Dikutip dengan pengubahan dari harian Kompas edisi Rabu, 3 Februari 2016)

6. Kalimat simpulan yang sesuai dengan paragraf di atas adalah... 
a. Perempuan penjaga keseimbangan Jawa.
b. Modernitas tidak memisahkan masyarakat Jawa dari masa silam dan tradisinya. 
c. Modernitas penjaga keselerasan dan prinsip rukun.
d. Perempuan Jawa pelaku modernitas.
e. Modernitas representasi kedewasaan Jawa.
Jawaban : E

7. Yang bukan makna dari kata modernitas pada teks di atas adalah.... 
a. kemajuan
b. pemutakhiran
c. pembaruan
d. mengikuti zaman
e. konvensional
Jawaban : E

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 8 s.d 11.Rantai perdagangan lima komoditas pangan pokok melibatkan 2—9 pihak sebelum sampai ke konsumen. Mengacu hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS), data setiap provinsi bervariasi. Kelima komoditas pangan pokok yang dimaksud adalah beras, cabai merah, dan daging ayam ras.

Dalam hal rantai perdagangan, Jawa Tengah yang dikenal sebagai salah satu sentra pertanian yang menempati daerah dengan rantai distribusi terpanjang untuk tiga komoditas, yakni cabai merah, bawang merah, dan jagung pipilan. Sementara itu, DKI Jakarta menjadi daerah dengan rantai perdagangan terpanjang untuk beras dan daging ayam ras.

Sulawesi Utara menjadi daerah dengan rantai perdagangan terpendek untuk tiga komoditas sekaligus, yakni beras, cabai merah, dan jagung pipilan. Maluku Utara dan Kalimantan Barat, masing-masing, adalah daerah dengan rantai perdagangan terpendek untuk bawang merah dan daging ayam ras.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor, Dwi Andreas Santosa, menyatakan bahwa pemotongan rantai perdagangan tidak akan serta-merta mengurangi harga di tingkat konsumen. Hal tersebut karena pedagang besar cenderung akan mengapitalisasi margin yang diperoleh pengepul dan pedagang kecil. Pemotongan rantai perdagangan, menurut Andreas, sebenarnya sudah terjadi secara alami, misalnya pada industri penggilingan gabah. Banyak penggilingan kecil bangkrut karena tak banyak menerima gabah. Mayoritas sudah tersedot ke penggilingan besar. Namun, faktanya, harga beras tetap saja tinggi.

Persoalan dasarnya, menurut Andreas, adalah manakala komoditas pangan pokok diserahkan pada mekanisme pasar. Sepanjang pola ini yang terjadi, pedagang besar yang akan mendikte pasar. Sementara petani dan konsumen akan dirugikan. (Dikutip dengan pengubahan dari harian Kompas edisi Rabu, 3 Februari 2016)

8. Gagasan utama paragraf keempat pada teks di atas adalah....
a. pedagang besar mengapitalisasi margin pengepul dan pedagang kecil
b. pemotongan rantai perdagangan sudah terjadi secara alami
c. harga beras tetap tinggi
d. pemotongan rantai perdagangan tidak mengurangi harga di tingkat konsumen 
e. pemotongan rantai perdagangan membuat penggilingan kecil bangkrut
Jawaban : D

9. Keberpihakan penulis dalam teks tersebut tertuju kepada.... 
a. konsumen
b. pedagang
c. pedagang di Jawa Tengah 
d. penggilingan gabah
Jawaban : A

10. Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks di atas adalah...
a. Jawa Tengah menempati daerah dengan rantai distribusi terpanjang cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan jagung pipilan.
b. Rantai perdagangan lima komoditas pangan pokok melibatkan 2—9 pihak sebelum sampai ke konsumen.
c. Beras, cabai merah, dan jagung pipilan di Sulawesi Utara merupakan tiga komoditas dengan rantai perdagangan terpendek di Indonesia.
d. Pemotongan rantai perdagangan sudah terjadi secara alami pada industri penggilingan gabah.
e. Harga beras tetap tinggi meskipun pemotongan rantai perdagangan sudah terjadi secara alami pada industri penggilingan gabah.
Jawaban : A

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 11 s.d. 12.
Berlarut-larutnya konflik sepak bola di Tanah Air mengancam status keberadaan cabang ini di Asean Games Jakarta—Palembang 2018. Tim nasional sepak bola Indonesia juga turut terancam kehilangan “panggung” lebih lama di ajang internasional, termasuk dalam pekan olahraga antarnegara Asia tersebut.

Aktivitas tim nasional sepak bola lumpuh setelah terbitnya skors FIFA pada Mei 2015. Sanksi tersebut dikeluarkan menyusul pembekuan PSSI oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, yang membuat Indonesia terkucil dari berbagai aktivitas sepak bola internasional.

Apabila itu dibiarkan berlarut-larut, Indonesia terancam hanya menjadi penonton jika sepak bola dipertandingkan di Asian Games 2018. Sejumlah pemain muda Indonesia, seperti Evan Dimas, Maldini Pali, dan Dimas Drajat, kehilangan peluang besar untuk mengibarkan  Merah Putih di rumah sendiri. (Dikutip dengan pengubahan harian Kompas edisi Rabu, 3 Februari 2016

11. Hubungan isi antarparagraf pada teks di atas adalah...
a. Paragraf ke-1 menyebutkan bahwa tim nasional sepak bola Indonesia terancam mengalami kelumpuhan aktivitas; paragraf ke-2 menjelaskan alasan kelumpuhan aktivitas tim nasional sepak bola Indonesia; paragraf ke-3 menjelaskan dampak apabila kelumpuhan aktivitas terjadi.
b. Paragraf ke-1 menyebutkan bahwa tim nasional sepak bola Indonesia terancam mengalami kelumpuhan aktivitas; paragraf ke-2 dan ke-3 memberikan contoh kelumpuhan aktivitas tim nasional sepak bola Indonesia tersebut.
c. Paragraf ke-1 dan ke2 menyebutkan bahwa tim nasional sepak bola Indonesia terancam mengalami kelumpuhan aktivitas; ke-3 memberikan contoh kelumpuhan aktivitas tim nasional sepak bola Indonesia tersebut.
d. Ketiga paragraf memaparkan gagalnya tim nasional sepak bola Indonesia bermain di Asean Games 2018.
e. Paragraf ke-1 menyebutkan bahwa tim nasional sepak bola Indonesia tencancam mengalami kelumpuhan aktivitas; paragraf ke-3 menjelaskan alasan kelumpuhan aktivitas tim nasional sepak bola Indonesia tersebut.
Jawaban : A

12. Kata itu pada kalimat pertama paragraf ketiga teks di atas merujuk pada....
a. pembekuan PSSI
b. skors dari FIFA
c. kegagalan tim nasional sepak bola Indonesia 
d. hilangnya panggung sepak bola Indonesia
e. terkucilnya Indonesia dari aktivitas sepak bola
Jawaban : E

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 13 s.d. 15.Diperkirakan jumlah anak di Indonesia yang mengidap alergi mencapai 15 persen. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa alergi saja mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tumbuh kembang anak. Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan, SpA(K), M. Kes., konsultan alergi imunologi anak dari Unversitas Padjajaran, menjelaskan bahwa penyebab alergi pada anak bisa berasal dari dua hal, yaitu zat yang dimakan dan zat yang dihirup.

Beliau menambahkan bahwa makanan yang menjadi penyebab paling sering dari alergi adalah susu sapi. Angka kejadian alergi susu sapi di Indonesia sendiri mencapai 7.5 persen. Ini masih cukup rendah jika dibandingkan dengan angka kejadian alergi susu sapi di seluruh dunia yang berkisar antara 10—40 persen, tetapi bukan berarti bisa disepelekan. Selain susu sapi, telur juga disebut Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan, SpA(K), M. Kes. sebagai bahan makanan yang kerap memicu alergi pada anak Indonesia.

13. Kelemahan teks tersebut adalah….
a. hubungan antarparagraf tidak padu
b. kalimat pada paragraf pertama tidak padu 
c. kalimat pada paragraf kedua tidak padu
d. contoh alergi dari zat yang dimakan tidak disebutkan detail 
e. alergi yang berasal dari zat yang dimakan tidak dijelaskan
Jawaban : B

14. Apakah gagasan utama paragraf kedua teks di atas?
a. susu sapi pemicu alergi 
b. telur pemicu alergi
c. zat yang dikonsumsi anak
d. zat yang dihirup dan menyebabkan alergi
e. zat makanan pemicu alergi
Jawaban : E

15. Kata ini pada kalimat ketiga paragraf kedua mengacu pada.... 
a. kejadian alergi susu sapi di Indonesia
b. kejadian alergi di Indonesia
c. kejadian alergi telur di Indonesia
d. alergi susu sapi yang lebih rendah dari tingkat dunia 
e. alergi susu sapi di dunia
Jawaban : A

16. Fisika Plasma merupakan salah satu bidang fisika yang ... gas terionisasi, yang terkenal sebagai plasma. Dalam fisika dan kimia, plasma adalah ... fase gas berenergi, yang sering ditunjuk sebagai ”keadaan benda keempat”, yang beberapa atau semua elektron di orbit atom terluar telah ... dari atom atau molekul. Hasilnya adalah sebuah koleksi ion dan elektron yang tidak lagi ... satu dengan yang lain.

Urutan kata yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah .... 
A. mempelajari, keadaan, terpisah, terkait
B. membahas, keadaan, terdiri, terpisah 
C. menyangkut, sifat, terpisah, menyatu 
D. menguraikan, sifat, terikat, terpisah
E. meliputi, keadaan, terurai, terpadu
Jawaban : A

17. Lembaga penyiaran publik seperti yang dimaksud dalam konsep negara-negara Eropa Barat adalah lembaga penyiaran, baik televisi maupun radio, yang dimiliki negara, tetapi isi pengelolaannya dilakukan secara independen.

Kalimat inti pada kalimat luas tersebut adalah ...
A. Lembaga penyiaran publik adalah lembaga penyiaran.
B. Lembaga penyiaran publik seperti konsep negara Eropa Barat. 
C. Lembaga penyiaran dimiliki negara.
D. Lembaga penyiaran publik memiliki negara, tetapi isi pengelolaannya dilakukan secara independen. 
E. Isi pengelolaan lembaga penyiaran publik dilakukan secara independen.
Jawaban : A

18. Sejak lahirnya konsep pemikiran baru dalam ilmu kedokteran, yang dicetuskan oleh Profesor Linus Pauling, yakni tentang ortomolecular medicine yang dasarnya adalah studi biologi molekuler sebagai sains dasar, penelitian medis diarahkan pada molekul-molekul yang secara normal biologis fisiologis ada dalam tubuh manusia.

Inti kalimat panjang tersebut adalah ...
A. Konsep pemikiran baru dicetuskan oleh Profesor Linus Pauling. 
B. Ortomolecular medicine adalah sains dasar.
C. Ortomolecular medicine dasarnya adalah studi biologi. 
D. Penelitian medis diarahkan pada molekul.
E. Biologi molekuler merupakan sains dasar.
Jawaban : D

19. Pemerintah Jerman, yang mengerahkan jet-jet Tornado dan tentaranya untuk menanggulangi penyebaran flu burung, memeroleh informasi bahwa virus H5NI telah memasuki daratan Jerman, mendapat dukungan dari masyarakat luas yang khawatir terhadap virus yang mematikan itu.

Ide pokok kalimat di atas adalah ...
A. Pemerintah Jerman mengerahkan jet Tornado dan tentaranya. 
B. Tentara Jerman menanggulangi penyebaran virus flu burung. 
C. Virus flu burung telah memasuki daratan Jerman.
D. Pemerintah Jerman mendapat dukungan.
E. Masyarakat khawatir terkena virus flu burung.
Jawaban : C

20. Dalam ilmu ekonomi, inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus berkaitan dengan mekanisme pasar. Istilah inflasi juga berarti peningkatan persediaan uang yang menyebabkan kenaikan harga. Inflasi terjadi jika proses kenaikan harga berlangsung secara terus-menerus dan saling memengaruhi.

Agar menjadi paragraf yang baik, kalimat penutup yang sesuai adalah ...
A. Dengan demikian, ada dua cara untuk mengukur tingkat inflasi, yaitu CPI dan GDP deflator. 
B. Akibatnya, untuk mengukur tingkat inflasi diperlukan dua cara, yaitu CPI dan GDP deflator. 
C. Jadi, ada dua cara untuk mengukur tingkat inflasi, yaitu CI dan GDP deflator.
D. Dalam hal ini, ada dua cara untuk mengukur tingkat tingkat inflasi, yaitu CPI da GDP deflator.
E. Oleh karena itu ada dua cara untuk mengukur tingkat inflasi, yaitu CPI dan GDP deflator.
Jawaban : B

21. Kalimat yang menerapkan aturan EYD secara benar adalah ...
A. Ditinjau dari segi ekonomi ada empat macam pelapisan sosial, yaitu wong sugih atau orang kaya, wong cukup atau orang cukup, wong ora duwe atau orang miskin, dan wong mlarat atau orang yang sangat miskin.
B. Orang kaya adalah orang-orang yang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, tidak mengalami kekurangan, bahkan dapat dikatakan mempunyai kelebihan untuk melakukan investasi.
C. Yang dikatakan orang cukup adalah orang yang dapat memenuhi kebutuhan pokok tetapi belum mampu melakukan investasi untuk mengembangkan kekayaan.
D. Yang dikatakan orang cukup adalah orang yang dapat memenuhi kebutuhan pokok tetapi belum mampu melakukan investasi untuk mengembangkan kekayaan.
E. Orang miskin adalah orang yang penghasilannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari tetapi mereka masih mempunyai rumah sendiri walaupun jelek dan lahan walaupun sangat kecil
Jawaban : A

22. Terdapat penulisan kata yang salah dalam kalimat-kalimat berikut, kecuali ...
A. Seseorang dapat dipastikan menderita suatu penyakit tertentu setelah melalui hasil analisa pemeriksaan laboratorium.
B. Setiap perusahaan akan selalu berusaha untuk meningkatkan produktifitas para pegawainya agar perusahaan itu dapat meningkatkan layanan kepada konsumen secara maksimum.
C. Setelah menyelesaikan program strata satu di Universitas Udayana, Guntur Saputra pergi ke Tokyo untuk mengambil program pascasarjana di kota itu.
D. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah harus disertakan pada formulir pendaftaran untuk ke universitas.
E. Hanya akibat dari persoalan yang sangat sederhana, pertikaian -bahkan perkelahian antarwilayah seringkali terjadi pada tahun-tahun terakhir ini.
Jawaban : C

23. Kalimat berikut ini yang termasuk kalimat baku adalah ...
A. Menurut Yeo birokrasi di Indonesia terlalu rumit sehingga menimbulkan banyak masalah bagi investor yang mau bergabung.
B. Pihak biro perjalanan mengeluhkan, tingginya kenaikan harga BBM berpengaruh besar terhadap minat wisatawan untuk melakukan kunjungan.
C. Berdasarkan hasil survei menunjukkan bahwa sampai saat ini wisata pantai masih tetap diminati, terutama oleh kaum muda.
D. Krisis air bersih dan masalah udara segar mulai merisaukan penduduk di kota-kota besar.
E. Dengan adanya bencana alam yang menelan korban ratusan ribu nyawa manusia menggugah nurani dan sikap kedermawanan semu orang.
Jawaban : D

24. Masyarakat petani di daerah yang jauh dari pusat informasi biasanya bersifat ..., yakni mereka selalu bertahan pada sistem tanam yang biasa mereka lakukan. Mereka tidak mau melakukan atau mendapatkan ... lain untuk melakukan sistem pertanian yang lebih maju. Untuk mengubah perilaku petani yang demikian ini, para penyuluh pertanian memanfaatkan ... dari tokoh masyarakat yang disegani di daerah tersebut.

Pilihan kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang dari kalimat tersebut adalah .... 
A. primitif - alternasi - legalisasi
B. primitif - alternatif - legalitas
C. konservatif - alternasi -legalisasi 
D. konservasi - alternatif - legalitas 
E. konservatif - alternatif - legalitas
Jawaban : E

25. Penulisan kalimat berikut ini sesuai dengan aturan EYD, kecuali ...
A. Buku ini disusun untuk membantu mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah Akuntansi Perusahaan pada fakultas ekonomi.
B. Kami menulis diktat ini dengan maksud, agar mahasiswa lebih mudah mengikuti kuliah tentang Ekonomi Pembangunan.
C. Akuntansi terbagi dalam beberapa bidang: akuntansi sosial, akuntansi pemerintahan, akuntansi perusahaan, dan akuntansi organisasi nonprofit.
D. Diharapkan diktat yang berjudul Akuntansi Sosial ini bermanfaat bagi para peminat akuntansi pada umumnya dan mahasiswa sekolah tinggi ilmu ekonomi pada khususnya.
E. Pengelasan dengan asetilena dilakukan dengan cara membakar bahan bakar gas asetilena dengan O2.
Jawaban : A

26. Kalimat yang penulisannya sesuai dengan aturan EYD adalah ...
A. Studi lintas bahasa menunjukkan, bahwa jumlah dari makna leksikon dalam ranah yang sama berbeda dari bahasa yang satu ke bahasa yang lain.
B. Berdasarkan stratifikasi sosialnya Masyarakat Keraton Yogyakarta dikelompokkan menjadi dua golongan yakni golongan bangsawan atau 'ningrat' yaitu golongan yang memiliki hubungan darah atau kekerabatan dengan raja atau sultan serta golongan 'abdi dalem' Keraton atau priyayi yaitu golongan yang mempunyai status sebagai pegawai Keraton.
C. Bahan atau materi tulisan ini, berupa informasi-informasi mengenai nama dan gelar di Keraton, yang diperoleh dari teks-teks lisan dan tertulis.
D. Gelar keturunan adalah gelar yang diberikan berdasarkan hubungan pertalian darah, yaitu oleh orang tua kepada anak, cucu, cicit, hingga generasi di bawahnya.
E. Amerika dibentuk olen kaum "imigrant" yang datang dari berbagai negara dengan alasan antara lain misalnya untuk memperoleh kebebasan beragama, melepaskan diri dari penindasan politis dan mencari kehidupan yang lebih baik.
Jawaban : D

27. Penulisan kalimat yang sesuai dengan aturan EYD adalah ...
A. Sebuah dump truck pengangkut batu bara terbalik di jalan tol Padaleunyi mengakibatkan jalan macet, sehingga kami terlambat sampai di tujuan.
B. Arus lalulintas sempat terganggu karena batu bara berhamburan, baik di jalur cepat maupun di jalur lambat. 
C. Dump truck bermuatan batu bara terguling, karena dikemudikan dengan kecepatan tinggi.
D. Departemen Pekerjaan Umum (PU) menawarkan pembangunan jalan tol baru kepada investor.
E. Akan tetapi, para investor belum ada yang berani menerima tawaran "tersebut karena harga bahan bangunan belum stabil.
Jawaban : B

28. Virus polio tergolong penyakit yang ditakuti. Sebagai bagian dari pixcomavirus, virus polio merupakan mikroorganisme yang bisa melumpuhkan tubuh. Virus polio itu tergolong virus purba. Pada relief Mesir Kuno yang dipahat ribuan tahun sebelum Masehi, tertulis ada raja yang kakinya kecil sebelah. Kalangan arkeolog mengidentifikasinya sebagai korban polio.
Dalam paragraf tersebut terdapat kalimat yang letaknya dapat dihilangkan tanpa mempengaruhi isi paragraf. Kalimat yang dimaksudkan adalah kalimat ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. kelima
Jawaban : C

29. Kelima pemburu kemudian berjalan kaki sembari membawa anjing dan masuk ke dalam hutan untuk memasang jaring nilon transparan di tengah hutan.
Kalimat tersebut merupakan perluasan dari kalimat inti ...
A. Kelima pemburu memasang jaring nilon transparan di tengah hutan. 
B. Kelima pemburu berjalan kaki dan masuk ke dalam hutan.
C. Kelima pemburu membawa anjing dan masuk ke dalam hutan. 
D. Kelima pemburu berjalan kaki sembari membawa anjing.
E. Kelima pemburu berjalan kaki.
Jawaban : E

30. Kehilangan cairan tubuh akan, sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Kehilangan cairan tubuh sebesar 3 persen akan menyebabkan turunnya produksi air liur dan urine. Kehilangan cairan tubuh sebesar 5 persen akan menyebabkan prestasi kerja menurun dandenyut nadi serta suhu badan meningkat. ... Kehilangan cairan tubuh sebesar 20 persen akan menyebabkan kematian.
Kalimat yang tepat untuk mengisi titik-titik dalam teks tersebut adalah ...
A. Kehilangan cairan tubuh sebesar 10 - 12 persen akan mengakibatkan situasi sangat kritis: berkurangnya kemampuan mental, menelan menjadi sulit, dan kerusakan fungsi badan.
B. Kehilangan cairan tubuh sebesar 10 - 12 persen akan mengakibatkan situasi sangat kritis: kemampuan mental berkurang, menelan menjadi sulit, dan fungsi badan rusak.
C. Kehilangan cairan tubuh sebesar 10 - 12 persen akan mengakibatkan situasi sangat kritis: kemampuan mental berkurang, kesulitan menelan, dan fungsi badan rusak.
D. Kehilangan cairan tubuh sebesar 10 - 12 persen akan mengakibatkan situasi sangat kritis: berkurangnya kemampuan mental, kesulitan menelan, dan fungsi badan rusak.
E. Kehilangan cairan tubuh sebesar 10 - 12 persen akan mengakibatkan situasi. sangat kritis: kemampuan mental berkurang, menelan menjadi sulit, dan kerusakan fungsi badan.
Jawaban : C

31. (1) Meskipun gempa bumi tidak pernah bisa diperkirakan kapan dan seberapa besar akan terjadi. Namun, karakteristiknya bisa dikenali. (2) Karakter tersebut diklarifikasikan menjadi gempa ringan, moderat, dan berat. (3) Itulah yang digunakan untuk menjadi pertimbangan mendesain bangunan. (4) Maka terdapat tiga tahap desain untuk mengantisipasi terjadinya berbagai gempa tersebut.

Kalimat topik paragraf di atas terdapat pada nomor ….
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 
E. (5)
Jawaban : D

32. Sebenarnya, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya sudah memiliki manual bangunan yang tahan gempa, bagaimana membangun rumah tinggal yang sanggup menahan guncangan gempa bumi. Dalam hal ini, pemerintah bisa menerapkan pengendalian melalui Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Ketika membangun rumah, seseorang harus memenuhi struktur yang disyaratkan. Termasuk rumah-rumah yang didirikan oleh pengembang swasta. Rumah dan bangunan yang tidak memiliki IMB akan sulit terdeteksi apakah strukturnya sudah memenuhi syarat atau tidak.

Pernyataan berikut yang termasuk fakta tertera pada kalimat ….
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. kelima
Jawaban : A


33. Sejarah seni grafiti (corat-coret tembok) sudah ada sejak zaman purba, Mesir Kuno hingga zaman Romawi. Pada zaman modern ini, grafiti digunakan untuk beberapa tujuan. Namun, dari segala tujuan yang ada, grafiti memang layak untuk diperhatikan selama hal itu tidak dilakukan dengan sembarangan dan merusak wajah kota. Para seniman grafiti saat ini tidak hanya berekspresi pada tembok namun sudah merambah pada objek yang lebih kecil lagi seperti wall climbing, papan skate board hingga pada bak truk. Hal inilah yang dikatakan bahwa grafiti memang sudah sangat berkembang dengan baik. Apresiasi masyarakat dengan member tempat pada objek-objek yang ingin diberi sentuhan grafiti saat ini sudah banyak dilakukan. Wall climbing menjadi terlihat sangat menarik dengan hiasan grafiti 3D atau bentuk tribal.

Simpulan teks tersebut yang paling tepat ialah …
A. Sejarah seni grafiti sudah ada sejak zaman dahulu.
B. Seni grafiti memang layak untuk diperhatikan selama hal itu tidak dilakukan dengan sembarangan dan merusak wajah kota.
C. Seni grafiti telah diapresiasi masyarakat secara positif namun jangan sampai merusak wajah kota.
D. Sejak zaman Mesir Kuno hingga zaman Romawi seni grafiti telah ada. 
E. Seni grafiti beralih ke wall climbing hingga skate board.
Jawaban : E

34. Terorisme merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan dan peradaban serta merupakan salah satu ancaman serius terhadap kedaulatan setiap Negara. Terorisme sudah merupakan kejahatan yang bersifat internasional yang menimbulkan bahaya terhadap keamanan, perdamaian dunia serta merugikan kesejahteraan masyarakat. Sehingga perlu dilakukan pemberantasan secara berencana dan kesinambungan agar hak asasi orang banyak dapat dilindungi dan dijunjung tinggi.

Paragraf di atas dikembangkan dengan menggunakan pola sebab-sebab-akibat karena …
A. Kalimat pertama menyatakan akibat, kalimat berikutnya menyatakan sebab.
B. Kalimat pertama menyatakan sebab, kalimat kedua menyatakan sebab, dan kalimat terakhir menyatakan akibat.
C. Kalimat pertama dan kedua menyatakan akibat, kalimat terakhir menyatakan sebab. D. Kalimat pertama, kedua, dan ketiga berhubungan.
E. Kalimat pertama menyatakan sebab, kalimat kedua dan ketiga menyatakan akibat.
Jawaban : B

35. “Pemerintah Indonesia sejalan dengan amanat sebagaimana ditentukan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yakni melindungi segenap bangsa Indonesia, dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta dalam memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan dan perdamaian abadi dan keadilan sosial, berkewajiban untuk melindungi warganya dari setiap ancaman kejahatan baik bersifat nasional, transnasional, maupun bersifat internasional. Pemerintah juga berkewajiban untuk mempertahankan kedaulatan serta memelihara keutuhan dan integritas nasional dari setiap bentuk ancaman baik yang datang dari luar maupun dari dalam negeri.”

Kalimat lanjutan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas yang berisi simpulan terdapat pada …
A. Oleh karena itu, seluruh warga Indonesia harus mampu membela diri sendiri.
B. Untuk itu, pemerintah harus lebih memperhatikan warga negara yang ada di luar negeri. C. Sehingga para TKI pun harus dilindungi oleh seluruh rakyat Indonesia.
D. Untuk itu, maka mutlak diperlukan penegakan hukum dan ketertiban secara konsisten dan berkesinambungan.
E. Karena itu, seluruh warga negara harus tahu tugas dan kewajibannya.
Jawaban : D

36. Prinsip-prinsip ekonomi merupakan generalisasi-generalisasi dan sesuai dengan istilahnya mereka mengandung pernyataan kuantitatif yang kurang begitu tepat. Fakta-fakta ekonomi seringkali bersifat aneka macam-macam ragam: individu-individu tertentu dan lembaga- lembaga ada yang bertindak dengan cara lain.

Kalimat di atas terdapat kata-kata yang berlebihan atau pleonasme. Agar kalimat menjadi efektif, maka kalimat perbaikannya yang tepat ialah …
A. Prinsip-prinsip ekonomi merupakan generalisasi-generalisasi, dan sesuai dengan istilahnya mengandung pernyataan kuantitatif yang kurang begitu tepat. Fakta-fakta ekonomi seringkali bersifat macam-macam : individu-individu tertentu dan lembaga-lembaga ada yang bertindak dengan cara tertentu dan ada cara lain.
B. Prinsip-prinsip ekonomi merupakan generalisasi-generalisasi, dan sesuai dengan istilahnya terkandung pernyataan kuantitatif yang kurang tepat. Fakta-fakta ekonomi seringkali beraneka macam ragam: individu-individu tertentu dan lembaga-lembaga ada yang bertindak dengan cara tertentu atau cara lain.
C. Prinsip-prinsip ekonomi merupakan generalisasi dan sesuai dengan istilahnya yang mengandung pernyataan kuantitatif yang kurang tepat. Fakta-fakta ekonomi seringkali bersifat aneka ragam: individu tertentu dan lembaga-lembaga ada yang bertindak dengan cara tertentu dan lain.
D. Prinsip-prinsip ekonomi merupakan generalisasi-generalisasi dan sesuai dengan istilahnya terkandung pernyataan kuantitatif yang kurang begitu tepat. Fakta-fakta ekonomi seringkali beraneka ragam: individu-individu tertentu dan lembaga-lembaga ada yang bertindak dengan cara tertentu, dan ada pula yang bertindak dengan cara lain.
E. Prinsip-prinsip ekonomi merupakan generalisasi-generalisasi, dan sesuai dengan istilahnya terkandung pernyataan kuantitatif yang kurang tepat. Fakta ekonomi sering beraneka ragam: individu-individu tertentu dan lembaga-lembaga ada yang bertindak dengan cara tertentu atau cara lain.
Jawaban : C

37. Foto merupakan benang yang menambah saat-saat kehidupan kita bersama. Kebanyakan dari kita mengambil posisi untuk berfoto, menatap foto, dan … anak sejak lahir. Foto merekam berbagai peristiwa pribadi – darmawisata dan tamasya, liburan, ulang tahun, dan upacara wisuda dan membantu menggunakan berbagai berita kepada kita. Foto mengiklankan produk dan … dokumen resmi. Apabila diputar bersama-sama dalam alat proyektor, foto-foto itu memberi hiburan seperti film. Apabila digunakan untuk menelaah tentang pemecahan atom atau menangkap cahaya yang telah dianalisis oleh spektroskop, foto itu membantu … ilmu pengetahuan.

Untuk melengkapi titik-titik pada teks di atas, kata-kata yang tepat ….
A. memfoto, produksi, perkembangan
B. mengenang, produksi, dikembangkannya 
C. memfoto, mereproduksi, mengembangkan 
D. merekam, mereproduksi, mengembangkan 
E. memfoto, menyimpan, perkembangan
Jawaban : E

38. Saat ini sudah banyak beredar ponsel-ponsel multimedia, yang memiliki kemampuan lebih dari sekadar peranti komunikasi seluler. Dengan ponsel canggih itu, orang bisa melakukan banyak hal. Sebagai alat hiburan, hingga ke peranti penunjang kegiatan bisnis, dengan kelengkapan aplikasi office yang dimilikinya.

Arti kata multimedia yang tepat ialah ….
A. alat, perkakas, syarat
B. penerapan
C. telepon seluler yang paling canggih
D. berbagai jenis sarana
E. yang langsung dapat tatap muka
Jawaban : D

39. Interaksi antara perkembangan kepribadian dan perkembangan penguasaan bahasa menentukan bagi pola kepribadian yang sedang berkembang.

Agar menjadi kalimat baik dan benar, maka perbaikan kalimat di atas yang tepat ialah …
A. Interaksi antara perkembangan kepribadian dan penguasaan bahasa menentukan bagi pola kepribadian yang sedang berkembang.
B. Interaksi antara perkembangan kepribadian dan perkembangan penguasaan bahasa menentukan pola kepribadian yang sedang berkembang.
C. Interaksi antara perkembangan kepribadian dan perkembangan penguasaan bahasa menentukan bagi pola kepribadian.
D. Perkembangan kepribadian dan penguasaan bahasa menentukan interaksi untuk pola kepribadian.
E. Interaksi kepribadian dan penguasaan bahasa menentukan perkembangan pola yang sedang berkembang.
Jawaban : A

40. Penulisan daftar pustaka yang baik dan benar terdapat pada …
A. Rasyid,Abdul.1999.Sufi dan Perkembangannya Masa Kini.Bandung:Bintang Grafika.
Rakhmat,Jalaludin.2006.Retorika Modern.Bandung:Rosdakarya. 
Wirdi,Gunawan.1996.Etika Penulisan karya Ilmiah.Bandung:Akatiga.
B. Rakhmat,Jalaludin.2006.Retorika Modern.Bandung:Rosdakarya.
Rasyid,Abdul.1999.Sufi dan Perkembangannya Masa Kini.Bandung:Bintang Grafika. Wirdi,Gunawan.1996.Etika Penulisan karya Ilmiah.Bandung:Akatiga.
C. Wirdi,Gunawan.1996.Etika Penulisan karya Ilmiah.Bandung:Akatiga.
Rasyid,Abdul.1999.Sufi dan Perkembangannya Masa Kini.Bandung:Bintang Grafika. Rakhmat,Jalaludin.2006.Retorika Modern.Bandung:Rosdakarya.
D. Rakhmat,Jalaludin.2006.Retorika Modern.Bandung:Rosdakarya.
Wirdi,Gunawan.1996.Etika Penulisan karya Ilmiah.Bandung:Akatiga. Rasyid,Abdul.1999.Sufi dan Perkembangannya Masa Kini.Bandung:Bintang Grafika.
E. Rasyid,Abdul.1999.Sufi dan Perkembangannya Masa Kini.Bandung:Bintang Grafika.
Wirdi,Gunawan.1996.Etika Penulisan karya Ilmiah.Bandung:Akatiga. Rakhmat,Jalaludin.2006.Retorika Modern.Bandung:Rosdakarya.
Jawaban : B

41. Neraca pembayaran adalah suatu ringkasan pembukuan yang menunjukkan aliran pembayaran yang dilakukan dari negara-negara lain ke dalam negeri, dan dari dalam negeri ke negara-negara lain. 

Pernyataan di atas terdapat dalam buku “Pengantar Teori Makroekonomi” halaman 17 paragraf ketiga karya Sadono Sukirno yang diterbitkan oleh Penerbit PT Rajagrafindo Persada, Jakarta pada tahun 1994.

Teknik pengutipan teks di atas yang betul ialah ….
A. Menurut Sukirno (1994: 17) adalah “Neraca pembayaran adalah suatu ringkasan pembukuan yang dilakukan dari Negara-negara lain ke dalam negeri, dan dari dalam negeri ke negara-negara lain”.
B. “Neraca pembayaran adalah suatu ringkasan pembukuan yang menunjukkan aliran pembayaran yang dilakukan dari negara-negara lain ke dalam negeri, dan dari dalam negeri ke negara-negara lain” (Sukirno, 1994: 17)
C. Sadono (1994: 17) “Neraca pembayaran adalah suatu ringkasan pembukuan yang dilakukan dari negara-negara lain ke dalam negeri, dan dari dalam negeri ke negara-negara lain”
D. Menurut Sadono (1994: 17) bahwa neraca pembayaran adalah suatu ringkasan pembukuan yang dilakukan dari negara-negara lain ke dalam negeri, dan dari dalam negeri ke negara- negara lain
E. “Neraca pembayaran menurut Sadono adalah suatu ringkasan pembukuan yang menunjukkan aliran pembayaran yang dilakukan dari negara-negara lain ke dalam negeri dan dari dalam negeri ke negara-negara lain
Jawaban : B

42. Di antara pernyataan berikut, manakah yang termasuk kalimat efektif …
A. Untuk dunia perbankan berhubungan dengan perusahaan-perusahaan yang memerlukan pelayanan jasa-jasa baik.
B. Dengan mengucapkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, makalah ini selesai penulis susun.
C. Angket itu diedarkan kepada guru yang mengajarkan matematika. 
D. Sejak dari kemarin kami mempersiapkan instrumen penelitian.
E. Beberapa bukti-bukti keadaan alam raya memperkuat pandangan Galileo.
Jawaban : D

43. Variasi pemakaian bahasa Indonesia pun merupakan landasan pemikiran diadakannya mata pelajaran bahasa Indonesia sampai perguruan tinggi. Kita dapat mengetahui perbedaan pemakaian bahasa Indonesia tatkala kita membaca Koran nasional dan Koran daerah, misalnya. Perbedaan itu dapat juga dibuktikan ketika kita pergi ke daerah lain, baik pilihan kata maupun intonasi, atau bahkan kalimatnya. Begitu pula ketika pergi ke pasar lalu ke kantor atau ke kampus, kita akan segera tahu adanya perbedaan pemakaian bahasa Indonesia. Contoh yang paling mudah untuk melihat perbedaan pemakaian ini adalah bahasa dalam SMS atau ceting (chatting) dan dalam makalah. Bahasa SMS tak ketat, bahkan bisa dan boleh semau kita, sedangkan bahasa makalah penuh dengan aturan yang harus kita taati.

Gagasan utama pada teks di atas ialah …
A. Pemakaian bahasa Indonesia di berbagai kalangan perguruan tinggi. 
B. Setiap daerah mempunyai perbedaan bahasa.
C. Adanya variasi pemakaian bahasa Indonesia.
D. Bahasa Indonesia digunakan di kantor, kampus, dan pasar.
E. Koran nasional dan koran daerah memakai bahasa Indonesia.
Jawaban : C

44. Sudah banyak orang yang mendapat manfaat berganda dari internet seperti bisa memperluas pasar, mencari mitra atau rekanan, mendapatkan kredit, dan mengembangkan ekspor. Cuma banyak pula yang tak paham bagaimana memanfaatkan teknologi ini untuk berpromosi.

Jika mempunyai dana dan SDM yang cukup untuk mengelolanya, memiliki situs sendiri lebih leluasa. Di situ kita bisa sekaligus melakukan penawaran produk, melayani pembelian, melakukan survei pasar, atau mencari pasar baru. Jika dana kita terbatas, bisa mencari situs- situs komunitas bisnis yang sesuai dengan bidang bisnis kita. Misal, karena kita berada di skala usaha kelas UKM (Usaha Kecil dan Menengah), carilah situs yang khusus melayani UKM. Kelas UKM pun masih dibagi-bagi lagi berdasarkan industrinya. Jika usaha kita kerajinan, kita harus masuk situs kerajinan bisa lokal atau internasional.

Sumber: Majalah Duit, Juni 2006

Pernyataan yang tidak relevan dengan kutipan di atas ialah …
A. Internet mempunyai manfaat yang sangat banyak.
B. Situs-situs komunitas bisnis yang sesuai dengan bidang bisnis dapat dicari jika dana kita terbatas.
C. Sudah banyak orang yang memanfaatkan teknologi internet ini untuk berpromosi.
D. Dana dan SDM yang cukup dapat digunakan untuk mengelola dan memiliki situs sendiri sehingga menjadi lebih leluasa.
E. Salah satu manfaat internet dapat memperluas pasar, mencari mitra atau rekanan, mendapatkan kredit, dan mengembangkan ekspor.
Jawaban : C

45. Jika kita akan mengembangkan karangan yang bertemakan tentang energi dan kelestarian lingkungan, maka berdasarkan tema tersebut kalimat utama untuk karangan yang runtut adalah…
A. Ketersediaan energi, faktor kelestarian lingkungan hidup, setiap negara berkewajiban untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup, dampak kerusakan lingkungan hidup, pengertian energi dan lingkungan hidup.
B. Pengertian energi dan lingkungan hidup, setiap negara berkewajiban untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup.
C. Pengertian energi dan lingkungan hidup, kaitan energi dan lingkungan hidup, faktor kelestarian lingkungan hidup, kelestarian energi, dampak kerusakan lingkungan hidup.
D. Pengertian energi dan lingkungan hidup, ketersediaan energi, faktor kelestarian lingkungan hidup, kaitan energi dan lingkungan hidup, dampak kerusakan lingkungan hidup, setiap negara berkewajiban untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup.
E. Ketersediaan energi, pengertian lingkungan hidup, dampak kerusakan lingkungan hidup, setiap negara berkewajiban untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup.
Jawaban : D

46. (1) Teratai ternyata tidak hanya merupakan tanaman hias, tetapi juga merupakan tanaman penghasil makanan. (2) Biji bunga teratai merupakan sumber karbohidrat, protein, dan mineral. (3) Kandungan gizi teratai yang sudah diolah menjadi tepung tidak kalah baik dengan beras maupun terigu. (4) Sehingga dapat dijadikan sebagai pangan alternatif nonberas untuk membuat makanan seperti apem, jenang, roti cincin, kue lapis, bipang, dan sebagainya. (5) Selain biji bunganya, umbi teratai yang menyerupai ubi dapat direbus untuk dimakan.

Dalam paragraf di atas terdapat 5 pernyataan, satu di antaranya bukan kalimat, yaitu .... 
A. Pernyataan (1)
B. Pernyataan (2) 
C. Pernyataan (3) 
D. Pernyataan (4) 
E. Pernyataan (5)
Jawaban : D

47. Matahari bersinar dengan cemerlang. Langit tampak biru. Tiada segumpal awan pun tampak. Burung-burung berkicau menyambut pagi. Angin berembus sepoi-sepoi basah. Kami asyik berjemur matahari.
Kalimat yang berpelengkap terdapat dalam .... 
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5
Jawaban : E

48. Kalimat majemuk campuran terdapat pada ...
A. Ia membuka lemari kemudian mengambil baju.
B. Adat perlu dipertahankan agar tidak berubah, tetapi unsur-unsur dari luar yang baik perlu dimasukkan.
C. Galih membaca koran dan Intan menjahit baju serta ibu memasak nasi goreng. 
D. Jika hari tidak turun hujan, saya dan ibu akan datang ke pesta itu.
E. Ibu datang, ayah pergi, adik belajar.
Jawaban : D

49. Gabungkanlah kalimat-kalimat berikut menjadi sebuah kalimat!
(1) Pariwisata merupakan penghasil devisa yang sangat diharapkan.
(2) Wisatawan mencanegara merosot tajam tahun ini. 
(3) Teror merebak di mana-mana di seluruh tanah air.

Pengabungan yang tepat adalah ....
A. Pariwisata merupakan penghasil devisa yang sangat diharapkan, tetapi wisatawan mancanegara merosot tajam tahun ini karena teror merebak di mana-mana di seluruh tanah air.
B. Pariwisata merupakan penghasil devisa yang sangat diharapan, dan wisatawan mancanegara merosot tajam tahun ini karena teror merebak di mana-mana di seluruh tanah air.
C. Pariwisata merupakan penghasil devisa yang sangat diharapkan, tetapi wisatawan mancanegara merosot tajam tahun ini sehingga teror merebak di mana-mana di seluruh tanah air.
D. Pariwisata merupakan penghasil devisa yang sangat di harapkan, tetapi wisata- wan mancanegara merosot tajam tahun ini apalagi teror merebak di mana-mana di seluruh tanah air.
E. Pariwisata merupakan penghasil divisa yang sangat diharapkan, padahal wisata- wan mancanegara merosot tajam tahun ini karena teror merebak di mana-mana di seluruh tanah air.
Jawaban : A

50. Bukan harta benda, melainkan kesengsaraan yang diwariskan kepada anak cucunya. 

Makna ke-an pada kata kesengsaraan pada kalimat di atas tidak sama dengan ke-an pada kalimat ... 
A. Musibah yang berturut-turut menyebabkan kesusahan yang berkepanjangan bagi keluarga.
B. Kecemasan yang diungkapkannya itu tidak beralasan.
C. Rumah kemasukan pencuri.
D. Pada upacara itu, para pejabat memakai pakaian kebesaran.
E. Penyebab kelalaian supir dalam kecelakaan itu masih dalam penyelidikan.
Jawaban : C

51. Bentuk-nya yang berfungsi sebagai pembentuk kata benda terdapat dalam kalimat ...
A. Rupanya hari ini akan turun hujan.
B. Ayah menitipkan uang itu kepadanya. 
C. Rumahnya sedang diperbaiki.
D. Indahnya Pantai Kuta menarik wisatawan.
E. Kado itu dibungkusnya dengan kertas yang paling baik.
Jawaban : C
52. Kedatangan tamu disambut dengan upacara adat.
Kalimat di atas sama dengan fungsi -nya dalam kalimat ...
A. Ia menyanyi dengan sangat merdunya. 
B. Rumahnya dicat dengan warna putih.
C. Rupanya dia tidak mengerti maksud saya.
D. Orang tuanya sangat mengkhawatirkan akan keselamatan anaknya. 
E. Buku itu berjudul Lahirnya Pancasila.
Jawaban : B

53. “Saya tidak tahu pukul berapa akan tiba, tetapi sedapat mungkin tidak terlambat,” kata Mila kepadaku.

Makna kata sedapat dalam kalimat di atas sama dengan makna kata bercetak miring dalam kalimat berikut ...
A. Setahuku, ia tidak begitu suka mendengarkan musik klasik.
B. Orang sekampung sudah mengetahui dia yang membunuh sopir taksi itu. 
C. Para relawan langsung sibuk bekerja setibanya di Banda Aceh.
D. Saya mencari anjingku yang hilang di segenap penjuru.
E. Ombak setinggi gunung menyapu kota dan kampung di daerah Aceh
Jawaban : D

54. Penulisan huruf kapital yang benar terdapat dalam kalimat ...
A. Garuda Indonesia memiliki motto “Jembatan Udara Indonesia”.
B. Cita-cita Yanti warga Desa Masbagik, Lombok Timur untuk mengadu nasib sebagai TKI di Malaysia, kandas sudah.
C. Perlombaan senjata membawa risiko pecahnya Perang Dunia.
D. Sekretaris Jendral Departemen Kesehatan hari ini melawat korban banjir. 
E. Mereka senang makan dodol Garut.
Jawaban : D

55. Penulisan huruf kapital yang salah adalah ...
A. Peringatan hari Isra Mi‟raj diisi dengan pengajian akbar dengan menghadirkan Haji Anton dari Medan.
B. Pesona yang menarik di Bali adalah Pura Tanah Lot yang dibuat oleh Dang Hyang Nirartha, dibangun di atas batu karang di tengah laut. C. Kita harus menghormati Bapak dan Ibu kita.
D. Pengesahan Rencana Undang - undang Kepegawaian harus segera dilakukan. 
E. Ia tidak pulang pada hari Lebaran tahun ini.
Jawaban : E

56. Pemakaian huruf kapital yang benar terdapat dalam kalimat ...
A. Sebulan yang lalu, ia dilantik sebagai bupati Aceh Utara.
B. “Kalau kalian berjalan,” kata Ibu, “Kalian jangan melihat ke belakang!”
C. Mudah-mudahan Indonesia dapat merebut kembali piala Thomas.
D. Orangtuanya adalah mantan Bupati di Jawa Barat.
E. Pulau Krakatau terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra.
Jawaban : E

57. Para relawan membantu evakuasi korban pasca tsunami
Makna kata evakuasi adalah ....
A. penyaluran secara cepat
B. pengangkatan mayat yang berserakan
C. penyelamatan secara darurat
D. pemindahan dari daerah berbahaya
E. pencegahan bahaya
Jawaban : D

58. Rusli pergi menjelang malam hari
Kata yang hanya bermakna gramatikal dalam kalimat di atas adalah .... 
A. Rusti
B. pergi
C. menjelang
D. malam
E. hari
Jawaban : C

59. Kata yang tercetak miring dalam kalimat di bawah ini yang tidak bermakna gramatikal adalah ...
A. Mereka pergi bersama kedua orang tuanya. 
B. Hal ini menurut ayah berbahaya.
C. Saya tidak dapat hadir berhubung hari hujan. 
D. Orbit bumi mengelilingi matahari.
E. Surat itu dikirim melalui kantor pos.
Jawaban : A

60. Dengan menanggung rasa aib dan berutang terhadap orang lain, Dunant meninggalkan negerinya. Ia mengucilkan diri di Paris sebagai orang tanpa harapan. Pada suatu waktu, Dunant diketahui menggelandang di taman dalam keadaan sakit. Cukup lama Dunant mondok di bilik sederhana rumah sakit Heiden. Dunant berusaha menulis surat kepada mantan-mantan sahabatnya.

Kalimat-kalimat yang memuat kata peyoratif adalah kalimat .... 
A. pertama dan kedua
B. kedua dan ketiga
C. ketiga dan keempat 
D. keempat dan kelima 
E. kelima dan keenam
Jawaban : C

61. Setelah terjadi kerusuhan di Poso, Sulawesi Tengah, polisi segera membentuk sebuah tim untuk mengetahui penyebab kerusuhan yang diperkirakan akibat provokasi pihak ketiga.

Kata yang tepat untuk melambangkan kegiatan yang dilakukan oleh kepolisian adalah .... 
A. pengamanan
B. penelitian
C. penyelidikan 
D. pengamatan 
E. pemeriksaan
Jawaban : C

62. Setiap melakukan transaksi jual beli melalui kredit yang melibatkan bank selalu dikenakan provisi sebesar 1,5 % dari total kredit, dan wajib menyerahkan agunan ke bank sampai total kredit terlunasi.

Kata-kata yang tepat untuk menggantikan kata yang bercetak tebal dalam kalimat di atas adalah ....
A. perjanjian, biaya, sertifikasi
B. perjanjian, bunga, surat tanah 
C. persetujuan, bunga, jaminan 
D. persetujuan, bunga, biaya
E. perjanjian, biaya, jaminan
Jawaban : E

63. Kata serapan yang berasal dari bahasa asing digunakan secara tepat dalam kalimat ...
A. Para wakil rakyat yang duduk di DPR harus dapat menyampaikan inspirasi masyarakat kepada pemerintah.
B. Tampaknya isi pasal-pasal dalam perundangan itu tidak efektif untuk menanggulangi kejahatan.
C. Kami tidak suka membeli barang-barang yang kuantitasnya kurang baik.
D. Kita dapat menjangkau desa terpencil itu dengan menggunakan sarana komunikasi sepeda motor.
E. Orang itu dapat memanfaatkan waktu secara selektif sehingga sukses dalam usahanya.
Jawaban : B

64. Kalimat-kalimat berikut tidak menggunakan kaidah kehematan, kecuali ...
A. Orang itu sedang memperbaiki pesawat televisi yang rusak. 
B. Segenap warga desa sudah siap ditransmigrasikan.
C. Sejak dari kecil, dia sudah hidup dengan neneknya.
D. Anak yang dibesarkan di panti asuhan itu kini sudah hidup mandiri.
E. Gadis itu sangat cantik sekali.
Jawaban : A

65. Kalimat-kalimat di bawah ini merupakan kalimat yang efektif, kecuali ....
A. Pada pertemuan terakhir kami membicarakan masalah kenaikan harga BBM. 
B. Kepada para peserta diumumkan bahwa pertandingan akan segera dimulai. 
C. Di sini dijual bensin dua tak.
D. Pada hari ini dia sangat berbahagia. 
E. Terima kasih atas perhatian Saudara.
Jawaban : B

66. Perhatikan susunan kata berikut:
(1) karena
(2) bahwa
(3) banyak orang secara salah
(4) mengandalkan
(5) penggunaan intuisi
(6) sering digambarkan
(7) sebagai lawan pikiran analitis
(8) menolak akal sehat dan pikiran logis
(9) intuisi

Susunan kata/fase yang tepat agar menjadi sebuah kalimat yang logis adalah .... 
A. (2), (5), (6), (7), (9), (8), (1), (3), (4)
B. (1), (9), (6), (7), (3), (4), (2), (5), (8) 
C. (1), (5), (6), (7), (3), (8), (2), (4), (9)
D. (5), (6), (7), (1), (3), (2), (8), (4), (9) 
E. (2), (5), (6), (7), (3), (9), (8), (1), (4)
Jawaban : D

67. (1) Tetapi dia tidak patah semangat, (2) Dia terus-menerus pengiriman karya-karyanya dengan posisi tetap seperti itu. (3) Sayang, keadaan tidak juga berubah. (4) Karya-karyanya selalu dikirimkan disertai prangko. (5) Kenyataan ini akhirnya sangat melukainya.
Kalimat yang menggunakan ragam tidak baku adalah ....
A. Kalimat (1)
B. Kalimat (2) 
C. Kalimat (3) 
D. Kalimat (4) 
E. Kalimat (5)
Jawaban : A

68. Kalimat berikut yang seluruhnya ditulis dengan menggunakan ejaan yang benar adalah ...
A. Sastrawan selaku subyek sangat penting peranannya di dalam perkembangan kesusastraan.
B. Pertanyaan diatas menunjukkan bahwa Kesusastraan Indonesia memiliki perkembangan yang sangat menggembirakan.
C. Perbedaan pendapat Sastrawan akan jelas terlihat keberadaannya dari segi apapun dalam kesustraan.
D. Karena itu, setiap pelajar yang belajar menganalisis karya sastra harus selalu memperhatikan latar belakang budaya sastrawannya.
E. Perbedaan pendapat antar sastrawan Indonesia tidak menutup kemungkinan menjadi penyebab terjadinya perselisihan.
Jawaban : C

69. Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Bandung menolak hasil suara pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Karawang yang diajukan pemohon, yakni Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Dadang - H. Hatori Hasanudin terhadap termohon, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karawang.

Dalam kalimat di atas, terdapat kesalahan tata tulis, yaitu ....
A. penulisan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi
B. penulisan pemilihan kepala daerah
C. penulisan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati
D. penulisan Bupati Karawang
E. penulisan Komisi Pemilihan Umum Daerah
Jawaban : B

70. Menulis merupakan keterampilan yang paling sulit dikuasai. Dalam proses menulis, banyak proses pembelajaran yang harus diperhatikan; di antaranya adalah pembelajaran pemakaian ejaan sesuai dengan kaidah bahasa yang dianut, pembelajaran pemakaian struktur bahasa yang benar, dan pembelajaran penggunaan diksi maupun frase yang mengungkapkan pikiran.

Dalam kutipan di atas, terdapat kesalahan tata tulis. Kesalahan yang dimaksud adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. kesalahan penulisan diantaranya
B. kesalahan penggunaan tanda koma (;) 
C. kesalahan penulisan kata maupun
D. kesalahan penggunaan tanda koma (,) sebelum kata hubung dan
E. kesalahan penulisan kata keterampilan
Jawaban : B

71. (a) Dewasa ini, telekomunikasi merupakan media komunikasi yang sangat penting peranannya. (b) Kebutuhan telekomunikasi itu dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, baik kalangan bisnis, pemerintahan, maupun individu. (c) Kebutuhan itu dirasakan pula oleh seluruh tingkatan masyarakat, mulai dari tingkat ekonomi mapan sampai tingkat bawah. (d) Dalam pemakaian sarana telekomunikasi itu, masih diperlukan banyak pertimbangan mengingat tingginya biaya tarif telepon yang berlaku di Indonesia. (e) Tarif telepon yang berlaku di Indonesia, tergolong mahal dibandingkan tarif telepon yang berlaku di negara lain.

Dalam alinea tersebut, terdapat kalimat yang menggunakan tanda koma (,) yang tidak sesuai dengan kaidah EYD. kalimat yang dimaksud adalah ....
A. kalimat (a)
B. kalimat (b) 
C. kalimat (c) 
D. kalimat (d) 
E. kalimat (e)
Jawaban : E

Teks digunakan untuk menjawab soal nomor 72sampai dengan 75!. 
(1) Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang dibiasakan mendengarkan cerita sejak dini dan dikenalkan dengan kebiasaan membaca memiliki perkembangan jaringan otak yang lebih awal. (2) Sebaliknya, anak yang tidak dikenalkan dengan kebiasaan membaca memiliki perkembangan yang kurang pada jaringan tersebut. (3) Anak-anak balita dengan orang tua yang rutin membacakan buku untuk mereka mengalami perbedaan perilaku dan prestasi akademik dengan anak-anak dengan orang tua yang cenderung pasif dalam membacakan buku. (4) Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menemukan perbedaan yang juga terjadi pada aktivitas otak anak. (5) Peneliti mengamati perubahan aktivitas otak anak-anak usia 3 sampai dengan 5 tahun yang mendengarkan orang tua mereka membacakan buku melalui scanner otak yang disebut functional magnetic resonance imaging (FMRI). (6) Orang tua menjawab pertanyaan tentang berapa banyak mereka membacakan cerita untuk anak-anak serta seberapa sering melakukan komunikasi. (7) Para peneliti melihat bahwa ketika anak-anak sedang mendengarkan orang tua bercerita, sejumlah daerah di bagian kiri otak menjadi lebih aktif. (8) Ini adalah daerah yang terlibat dalam memahami arti kata, konsep, dan memori. (9) Wilayah otak ini juga menjadi aktif ketika anak-anak bercerita atau membaca. (10) Pada studi ini menunjukkan bahwa perkembangan daerah ini dimulai pada usia yang sangat muda. (11) Yang lebih menarik adalah bagaimana aktivitas otak di wilayah ini lebih sibuk pada anak-anak yang orang tuanya gemar membaca. (12) Membacakan buku untuk anak membantu pertumbuhan neuron di daerah ini yang akan menguntungkan anak di masa depan dalam hal kebiasaan membaca.

(Diadaptasi dari http:health.kompas.com/ read/2016/02/07/135500623/membacakan.Buku.Meningkatkan.Kinerja.Otak.Balita)

72. Judul yang tepat untuk Teks 2 tersebut ialah ....
A. Pengenalan Kebiasaan Membaca sejak Dini
B. Balita dan Kebiasaan Mendengarkan Cerita
C. Pembiasaan Anak dalam Mendengarkan Cerita
D. Peningkatan Kinerja Otak melalui Membaca
E. Peran Orang Tua dalam Membacakan Cerita
Jawaban : D

73. Hubungan isi antarparagraf dalam Teks 2 adalah ....
A. Paragraf ke-2 memaparkan simpulan penelitian yang dibahas pada paragraf ke -1. 
B. Paragraf ke-2 memerinci temuan penelitian yang dipaparkan pada paragraf ke-1. 
C. Paragraf ke-2 memaparkan perbedaan perilaku yang dibahas pada paragraf ke- 1.
D. Paragraf ke-1 memaparkan penelitian terhadap balita yang diuraikan pada paragraf ke-2. E. Paragraf ke-1 memaparkan hasil penelitian yang diuraikan pada paragraf ke-2.
Jawaban : D

74. Simpulan teks tersebut adalah ...
A. Anak-anak yang belajar membaca pada usia 3-5 tahun akan mempercepat perkembangan otaknya.
B. Semakin awal kebiasaan membaca buku diperkenalkan, semakin aktif otak anak bekerja.
C. Anak-anak yang mulai belajar membaca sejak balita akan menjadi anak-anak yang otak kirinya lebih aktif.
D. Kebiasaan mendengarkan cerita dan membaca sejak usia balita berdampak positif untuk perkembangan otak.
E. Otak kiri bertanggung jawab terhadap proses pemahaman seperti kata dan konsep.
Jawaban : D

75. Gagasan utama yang tepat untuk paragraf selanjutnya dari teks tersebut adalah ...
A. Tujuan membiasakan anak membaca cerita sejak usia dini. 
B. Strategi penerapan hasil penelitian untuk pendidikan anak. 
C. Faktor-faktor yang dapat mendorong anak gemar membaca.
D. Manfaat kebiasaan membaca dan mendengarkan cerita pada anak . 
E. Kebiasaan membaca dan mendengarkan cerita pada anak.
Jawaban : C

Demikian artikel tentang Latihan Soal dan Kunci Jawaban SBMPTN Bahasa Indonesia 2021 (+Pdf). Semoga bermanfaat
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar