--> Skip to main content

Lengkap! Latihan Soal SKB CPNS 2019 Semua Formasi dan Jawaban

Soal SKB CPNS - Hai sobat, di kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh latihan soal SKB CPNS dan kunci jawaban terbaru 2019. Dalam bentuk soal online dan soal PDF yang bisa sobat download secara gratis di artikel ini.

Apa itu SKB?

Soal SKB CPNS

SKB (Seleksi Kompetensi Dasar) akan Anda jalani jika dinyatakan lolos SKD tes tahap pertama. Dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 20 Tahun 2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS dinyatakan bahwa : 


Jumlah peserta yang dapat mengikuti seleksi kompetensi bidang paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan pada masing-masing jabatan berdasarkan peringkat nilai seleksi kompetensi dasar. 

Sehingga meskipun peserta SKD CAT telah lolos passing grade tetapi berada di luar urutan 3 kali formasi, maka yang bersangkutan tidak dapat mengikuti tahap selanjutnya. Artnya, peluang lolos sekitar 30%. 

Gimana materinya min?


Materi SKB


Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB no.20 tahun 2017, materi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan materi seleksi untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana dimaksud. 

Artinya, jenis tesnya tidak sama untuk masing-masing instansi. Namun secara umum ragam tesnya salah satu di bawah ini. Tes Tertulis SKB dengan sistem CAT. Jumlah soalnya 100, nilai benar 5 salah 0, namun tidak ada standar ambang batas. Materinya biasanya seputar instansi dan pekerjaan tekait. 

Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang kementerian terkait, lingkup pekerjaan, kewenangan, produk hukum dan UU terkait kementerian, kasus-kasus terkait kementerian, dll.

Akan tetapi, dari pengalaman kemarin dari teman mengatakan bahwa soal - soal yang dia kerjakan saat tes tersebut sama sekali tidak masuk ke lingkup jurusan maupun formasinya.

Loh kok gitu min?

Itu hanya pengalaman tahun kemarin, dan tidak menyarankan untuk meninggalkan passion yang sobat ambil. 

Jadi masih diperlukan pembelajaran - pembelajaran di formasi terkait. Malahan hal ini merupakan sesuatu yang seharusnya sobat lakukan setelah pengumuman Tes Kompetensi Dasar, dan sobat dinyatakan lolos.. Aminnnn...


Lengkap! Latihan Soal SKB CPNS 2019 Semua Formasi dan Jawaban


Admin membagikannya dalam bentuk rar yang bisa sobat download langsung di bawah ini. 

Lengkap! Latihan Soal SKB CPNS 2019 Semua Formasi dan Jawaban rar, DOWNLOAD

Rincian formasi yang sekiranya ada di dalam file terdiri dari instansi/formasi sebagai berikut ini : *Klik link di bawah untuk mencoba soal SKB online di beberapa instansi (tidak keseluruhan)
  1. SKB Formasi Administrasi 
  2. SKB Formasi Akuntansi dan Keuangan 
  3. SKB Agraria dan Tata Ruang 
  4. SKB Ekonomi Pembangunan 
  5. SKB Geografi 
  6. SKB Bidang Pertahanan dan Keamanan Nasional (HANKAM) 
  7. SKB Bidang Hukum 
  8. SKB Kearsipan 
  9. SKB Kementrian Luar Negeri 
  10. Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi 
  11. Kementrian Sosial 
  12. Kementrian Dalam Negeri 
  13. Kepegawain SDM 
  14. SKB Peneliti 
  15. Kementrian Perhubungan 
  16. Perikanan dan Kelautan 
  17. Pertambangan dan Energi 
  18. Pertanian dan Kehutanan 
  19. SKB Psikologi 
  20. Kementrian Pekerjaan Umum 
  21. SKB Statistik 
  22. SKB Teknologi Informasi & Pranata Komputer 
  23. SKB Tenaga Medis
  24. SKB Tenaga Pendidik dan Guru
Yapps, itu saja sih soal SKB CPNS yang admin bagikan kali ini. Semoga bermanfaat...
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar