--> Skip to main content

Soal UTS Sejarah Peminatan Kelas 10 Semester 1 2021/2022

centralpendidikan.com - Hai sobat centralpendidikan.com yang sibuk mempersiapkan UTS di bulan oktober, berikut ini adalah Soal UTS Sejarah Peminatan Kelas 10 Semester 1 2021/2022. Soal PTS UTS ini bisa digunakan sebagai bahan referensi atau pun gambaran akan soal yang dikeluarkan mendatang.

Apa itu PTS?

Sebenarnya setelah diberlakukannya kurikulum 2013, PTS atau UTS di beberapa sekolah SMA maupun MA mulai ditiadakan, di semester 1 terutama. Tapi menimbang hasil ujian ini bisa digunakan sebagai bahan monitoring atas capaian kompetensi anak didik-nya, para guru berpendapat agar menyelenggarakannya.

Pada hasil nilai raport pun juga diberikan 1 lembar hasil PTS/UTS Sejarah Peminatan kelas 10 semester 1. Dan mungkin saja bakal menentukan beberapa persen saat penerimaan mahasiswa baru.

Agar sobat semuanya mendapatkan nilai ujian UTS/PTS terbaik di mapel sejarah, sobat bisa mempelajarinya langsung dari catatan guru dan buku BSE kurikulum 2013 terkait. Dan untuk yang kedua bisa menggunakan soal latihan yang sudah admin sediakan di bawah ini.

Soal UTS Sejarah Peminatan Kelas 10 Semester 1 2021/2022

Soal UTS Sejarah Peminatan Kelas 10 Semester 1 2019/2020

Mapel Sejarah Peminatan merupakan mata pelajaran minat IPS/IIS untuk semua jenjang, berbeda dengan sejarah indonesia yang diperuntukkan kepada seluruh siswa/jurusan. Materinya berkaitan dengan sejarah dalam cakupan global. 

Soal Sejarah Peminatan yang di artikel ini tersedia dalam bentuk soal pilihan ganda dan soal uraian lengkap, berbentuk online dan juga PDF yang bisa sobat download secara gratis.

Soal UTS Sejarah Peminatan Kelas 10 Semester 1 2021/2022 PDF, DOWNLOAD

Baiklah, langsung saja berikut ini adalah Soal UTS Sejarah Peminatan Kelas 10 Semester 1 2021/2022. Selamat mengerjakan... Mohon Maaf, belum ada kunci jawaban. Sobat bisa menggunakannya sebagai contoh soal (guru) maupun latihan soal (siswa)..

1. Sejarah dapat dipahami sebagai pohon hidup, asal-usul, riwayat, silsilah atau keturunan. Pemahaman tersebut diambil dari pemahaman sejarah dari bahasa....
a. Inggris
b. Melayu
c. Arab
d. Jerman
e. Yunani

2. Di bawah ini merupakan ciri-ciri sejarah, kecuali....
a. Sejarah bersifat subjektif tetapi tetap dibatasi objektifitas
b. Sejarah bersifat objektif tetapi tetap dibatasi subjektifitas
c. Sejarah terikat pada lingkungan geografis
d. Dalam peristiwa sejarah terdapat hubungan kausalitas (sebab akibat)
e. Peristiwa sejarah terjadi dan berkembang secara berkelanjutan

3. Manusia merupakan objek sejarah, maksud dari pernyataan tersebut adalah....
a. Aktivitas manusia
b. Peninggalan manusia
c. Keturunan manusia
d. Fisik manusia
e. Pikiran manusia

4. Suatu keadaan yang berbeda antara situasi dan kondisi sebelum dan sesudahnya disebut....
a. Perkembangan
b. Kesinambungan
c. Pengulangan
d. Perubahan
e. Pencerahan

5. Perubahan yang membawa kemajuan dalam kehidupan masyarakat disebut....
a. Progres
b. Evolusi
c. Revolusi
d. Regres
e. Direncanakan

6. Suatu peristiwa dapat dikatakan sebagai kisah apabila....
a. Perilaku dalam peristiwa itu menceritakan kejadian yang sebenarnya
b. Peristiwa itu dikisahkan kembali oleh sejarawan
c. Orang yang terlibat dalam peristiwa itu meninggalkan dokumen
d. Peristiwa itu hanya terdiri atas kisah-kisah orang lain
e. Yang terlibat di dalam peristiwa itu adalah orang-orang yang mampu berkisah

7. Imajinasi mutlak diperlukan oleh sejarawan, hal itu berguna untuk....
a. Menghayalkan suatu peristiwa
b. Merangkai berbagai fakta sejarah
c. Menghadirkan tokoh baru
d. Menghidupkan cerita
e. Mendramatisir peristiwa sejarah

8. Fiksi dan sejarah memiliki suatu persamaan, yaitu keduanya....
a. Bersifat seni
b. Bersifat filsafat
c. Ilmu pengetahuan
d. Bersifat kontemporer
e. Bercerita masa lampau

9. Metode sejarah yang dapat menguraikan berbagai informasi untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya disebut....
a. Analisis
b. Sintesis
c. Observasi
d. Wawancara
e. Studi lapangan

10. Di bawah ini merupakan hal-hal yang membedakan sejarah sebagai metos adalah sebagai berikut, kecuali....
a. Sejarah menceritakan peristiwa-peristiwa masa lalu
b. Sejarah memahami peristiwa masa lampau dalam ruang waktu
c. Pemahaman dalam sejarah dapat dibuktikan kebenarannya
d. Sejarah memiliki prosedur penelitian ilmiah yang harus ditaati
e. Sejarah terikat oleh tiga unsur, yakni manusia, ruang dan waktu

11. Sejarah terikat oleh tiga unsur, yakni manusia, ruang dan waktu Sejarah mendidik kita untuk lebih bijaksana, berarti sejarah memiliki kegunaan....
a. Inspiratif
b. Paedagogik
c. Rekreatif
d. Nasionalisme
e. instruktif

12. perhatikan pernyataan di bawah ini:
1. manusia merupakan objek dari sejarah
2. manusia merupakan subjek dari sejarah
3. manusia merupakan sumber sejarah
4. manusia merupakan penutur sejarah
yang termasuk hubungan antara manusia dengan sejarah adalah
a. 1,2 dan 3
b. 2,3 dan 4
c. 1,2 dan 4
d. 1,3 dan 4
e. 1,2,3, dan 4

13. Jika orang tua berkata “belajarlaj dari sejarah”, maksud dari pernyataan tersebut adalah....
a. Pengalamannya
b. Tindakannya
c. Peristiwanya
d. Semangatnya
e. kisahnya

14. Orang berkata “sejarah berulang”, yang dimaksud berulang dalam sejarah adalah....
a. Fenomenanya
b. Peristiwanya
c. Tempat terjadinya
d. Waktu terjadinya
e. Tokoh sejarahnya

15. Manusia adalah makhluk yang memiliki rasa, karsa dan cipta, karena manusia disebut....
a. Makhluk individu
b. Makhluk berbudaya
c. Makhluk sosial
d. Makhluk intelektual
e. Makhluk perasa

16. Sejarah dapat menjadi penghubung antar generasi sekarang dengan generasi terdahulu melalui....
a. Kisah-kisahnya
b. Pengaruh-pengaruhnya
c. Dokumen-dokumennya
d. Peninggalan-peninggalannya
e. Gagasan-gagasannya

17. Jika penulisan sejarah bersifat seni, maka sejarah memiliki kelemahan, yaitu....
a. Berkurangnya ketepatan dan subjektifitas
b. Penulisan sejarah kurang ternbatas
c. Penulisan sejarah tergantung pada sejarawan
d. Penulisan sejaran tidak memiliki metode yang benar
e. Penulisan sejaran cenderung bersifat ilmiah murni

18. Sejarah sebagai kisah, hal itu sesuai dengan....
a. Tulisannya
b. Tempat kejadiannya
c. Peristiwanya
d. Sejarawan
e. Polanya

19. Salah satu manfaat sejarah bagi ilmu-ilmu sosial adalah....
a. Generalisasi sejarah dapat memprediksi terhadap generalisasi ilmu-ilmu sejarah
b. Permasalahan sejarah dapat menjadi permasalahan dalam ilmu-ilmu sosial
c. Pendekatan sejarah yang bersifat sinkronis memberikan pandangan baru terhadap ilmu-ilmu sosial yang bersifat diakronis
d. Permasalah ilmu-ilmu sosial dalam menjadi permasalahan dalam sejarah
e. Hipotesis dalam sejarah dapat dieksperimenkan dalam ilmu-ilmu sosial


20. Perhatikan data di bawah ini !
1. Mengkaji masa lampau
2. Terikat waktu dan tempat
3. Menggunakan perspektif diakronis
4. Hipotesis dapat dieksperimenkan
Ciri sejarah sebagai ilmu yang membedakan dengan ilmu-ilmu sosial lainnya adalah....
a. 1,2 dan 3
b. 2,3 dan 4
c. 1,2 dan 4
d. 1,3 dan 4
e. 1,2,3 dan 4


A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!
1. Manusia yang berfikir mampu membedakan perbuatan yang baik dan perbuatan yang buruk, hal tersebut karena manusia sebagi makhluk.....
2. Melalui sejarah, dapat menumbuhkan nasionalisme dan ............. pada suatu bangsa
3. Manusia dapat dikatakan sebagai sumber sejarah, hal itu disebabkan karena.....
4. Sejarah dikatakan sebagai seni, karena dalam penulisannya memerlukan....
5. Mempelajari sejarah dapat menambah ilmu pengetahuan. Mengapa demikian!

Demikian artikel tentang Soal UTS Sejarah Peminatan Kelas 10 Semester 1 2021/2022. Semoga bermanfaat..
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar