√ Latihan Soal PAT PPKN / PKn SMP Kelas 7 Tahun 2021 K13
Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Latihan Soal PAT PPKN / PKn SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 untuk tahun ajaran 2020/2021. Tapi maaf, tidak ada kunci jawaban maupun pembahasan. Tapi tenang saja karena materinya sudah diselaraskan dengan kisi - kisi dengan acuan K13 revisi terkait.
Jumlah soal PAT Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini adalah 50 butir. Dengan pemformatan soal online dan PDF yang bisa sobat download secara gratis.
Jumlah soal PAT Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini adalah 50 butir. Dengan pemformatan soal online dan PDF yang bisa sobat download secara gratis.
√ Latihan Soal PAT PPKN / PKn SMP Kelas 7 Tahun 2021 K13
PAT itu sendiri adalah hasil perevisian dari kurikulum 2013. Yang mana sebelumnya istilahnya adalah Ujian Kenaikan Kelas (UKK). Di mapel PKn ini pun juga berubah menjadi ada tambahan Pancasila dan menjadi PPKn.
Para guru bisa menggunakan soal ini untuk digunakan sebagai evaluasi di masing - masing butir soal PPKN / PKn kelas 7 ini untuk pembuatan soal asli yang akan diujikan kepada anak didiknya kelak.
Sedangkan siswa sebagai bahan persiapan ujian untuk mata pelajaran PPKN / PKn ini.
Sedangkan siswa sebagai bahan persiapan ujian untuk mata pelajaran PPKN / PKn ini.
√ Latihan Soal PAT PPKN / PKn SMP Kelas 7 Tahun 2021 K13 PDF, DOWNLOAD
Baiklah, langsung saja berikut ini adalah √ Latihan Soal PAT PPKN / PKn SMP Kelas 7 Tahun 2021 K13. Selamat mengerjakan...
1 Dampak positif keberagaman masyarakat Indonesia antara lain yaitu ....
1 Dampak positif keberagaman masyarakat Indonesia antara lain yaitu ....
a. perkembangan dan kemajuan bangsa dapat tercapai
b. saling mengenal dan bersaudara antar SARA
c. kehancuran bangsa dan negara
b. saling mengenal dan bersaudara antar SARA
c. kehancuran bangsa dan negara
d. pertentangan antar suku
2 Indonesia mendapat sebutan masyarakat yang multikultural. Dibawah ini yang bukan termasuk pengertian dari multi kultural adalah ….
a. banyak budaya
2 Indonesia mendapat sebutan masyarakat yang multikultural. Dibawah ini yang bukan termasuk pengertian dari multi kultural adalah ….
a. banyak budaya
b. beragam suku
c. bermacam perbedaan
d. Indonesia bagus
3 Harapan dari adanya keberagaman bangsa Indonesia ialah ....
3 Harapan dari adanya keberagaman bangsa Indonesia ialah ....
a. timbulnya sikap kedaerahan yang tinggi
b. kuatnya golongan daerah
c. kokohnya persatuan dan kesatuan
d. agar kelak daerah di Indonesia berdiri sendiri
4 Melaksanakan ibadah kepada Tuhan YME, taat kepada ajaran untuk menjalankan perintahNya dan menjauhi segala laranganNya, beribadah ke Klenteng serta senantiasa melakukan kegiatan shodaqoh seperti sembako kepada orang yang mampu.
Uraian diatas merupakan penjelasan dari agama ...
a. Hindu
b. Kong Hucu
b. kuatnya golongan daerah
c. kokohnya persatuan dan kesatuan
d. agar kelak daerah di Indonesia berdiri sendiri
4 Melaksanakan ibadah kepada Tuhan YME, taat kepada ajaran untuk menjalankan perintahNya dan menjauhi segala laranganNya, beribadah ke Klenteng serta senantiasa melakukan kegiatan shodaqoh seperti sembako kepada orang yang mampu.
Uraian diatas merupakan penjelasan dari agama ...
a. Hindu
b. Kong Hucu
c. Budha
d. Animisme dan Dinamisme
5 Cara menghargai keanekaragaman agama yang ada adalah dengan cara . . . .
5 Cara menghargai keanekaragaman agama yang ada adalah dengan cara . . . .
a. Pura-pura tidak kenal jika orang yang beragama lain lewat didepan kita
b. mengikuti ibadah orang yang berbeda agama
c. membiarkan seseorang menjelek jelekkan orang yang beragama lain
d. tidak gaduh jika melihat orang yang berbeda agama sedang beribadah
6 Kita mempelajari tarian dari daerah bali, Toraja, Aceh, Sunda. Ini merupakan wujud rasa persatuan dan kesatuan bangsa lewat . . . .
b. mengikuti ibadah orang yang berbeda agama
c. membiarkan seseorang menjelek jelekkan orang yang beragama lain
d. tidak gaduh jika melihat orang yang berbeda agama sedang beribadah
6 Kita mempelajari tarian dari daerah bali, Toraja, Aceh, Sunda. Ini merupakan wujud rasa persatuan dan kesatuan bangsa lewat . . . .
a. pergaulan
b. kesenian
c. paket dari televisi
d. paket dari media massa
7 Prinsip Bhinneka Tunggal Ika, mengharuskan kita untuk mengakui bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang ...
a. terdiri beraneka ragam suku bangsa, agama, bahasa, dan adat
7 Prinsip Bhinneka Tunggal Ika, mengharuskan kita untuk mengakui bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang ...
a. terdiri beraneka ragam suku bangsa, agama, bahasa, dan adat
b. berusaha tetap mempertahankan kebudayaan daerah
c. ingin menghapus adat istiadat
d. ingin menghapus bahasa-bahasa daerah
c. ingin menghapus adat istiadat
d. ingin menghapus bahasa-bahasa daerah
8 Pengertian ragam dalam suatu keberagaman untuk meningkatkan semangat kesatuan dan persatuan disimbolkan dengan semboyan ...
a. Bhinneka Tunggal Ika
b. Tut Wuri Handayani
c. Maju Tak Gentar
d. NKRI Harga Mati
9 Contoh kasus perang Sampit, masyarakat Kalimantan dan Madura merupakan hal yang dipicu permasalahan karena keragaman ...
a. perbedaan Antargolongan
b. suku bangsa
9 Contoh kasus perang Sampit, masyarakat Kalimantan dan Madura merupakan hal yang dipicu permasalahan karena keragaman ...
a. perbedaan Antargolongan
b. suku bangsa
c. agama
d. ras
10 Sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keberagaman adalah ....
d. ras
10 Sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keberagaman adalah ....
a. menerima keberagaman suku dan budaya sebagai kekayaan
b. memandang budaya sendiri lebih baik daripada kebudayaan lain
b. memandang budaya sendiri lebih baik daripada kebudayaan lain
c. menghapuskan semua perbedaan
d. memandang rendah suku atau budaya bangsa lain
11 Contoh bentuk harapan yang dapat memupuk keberagaman bangsa Indonesia adalah ....
a. kokohnya persatuan dan kesatuan
b. kuatnya golongan golongan daerah
d. memandang rendah suku atau budaya bangsa lain
11 Contoh bentuk harapan yang dapat memupuk keberagaman bangsa Indonesia adalah ....
a. kokohnya persatuan dan kesatuan
b. kuatnya golongan golongan daerah
c. timbulnya sikap kedaerahan yang tinggi
d. agar kelak daerah di Indonesia berdiri sendiri
12 Rani mengajak Shinta melaksanakan kerja kelompok disaat waktu beribadah dan memintanya dengan paksa. Contoh tersebut tidak sesuai dalam toleran terhadap ...
a. suku
b. agama
12 Rani mengajak Shinta melaksanakan kerja kelompok disaat waktu beribadah dan memintanya dengan paksa. Contoh tersebut tidak sesuai dalam toleran terhadap ...
a. suku
b. agama
c. ras
d. antargolongan
13 Faktor penyebab keberagaman di Indonesia demi membingkai kesatuan dan persatuan yang mencakup berikut ini, kecuali ...
a. perbedaan kondisi alam
b. keadaan transportasi dan komunikasi
13 Faktor penyebab keberagaman di Indonesia demi membingkai kesatuan dan persatuan yang mencakup berikut ini, kecuali ...
a. perbedaan kondisi alam
b. keadaan transportasi dan komunikasi
c. keinginan diri masing-masing manusia di dunia
d. penerimaan masyarakat terhadap perubahan
14 Budaya Indonesia yang diakui oleh negara lain adalah ...
a. Candi Borobudur
b. Reog Ponorogo
d. penerimaan masyarakat terhadap perubahan
14 Budaya Indonesia yang diakui oleh negara lain adalah ...
a. Candi Borobudur
b. Reog Ponorogo
c. Binatang komodo
d. Topeng Malangan
15 Akibat bila tidak menerima suatu keberagaman SARA di Indonesia adalah ...
15 Akibat bila tidak menerima suatu keberagaman SARA di Indonesia adalah ...
a. hidup senantiasa sejahtera, damai, dan sentausa
b. dapat mengetahui sistem keberagaman budayanya
b. dapat mengetahui sistem keberagaman budayanya
c. wujud tercapainya suatu persatuan dan kesatuan
d. sering terjadi konflik, perpecahan, demo dan lain-lain
16 Dalam pemilihan pengurus Osis, yang harus dipilih adalah...
a. yang seagama
b. yang satu suku
d. sering terjadi konflik, perpecahan, demo dan lain-lain
16 Dalam pemilihan pengurus Osis, yang harus dipilih adalah...
a. yang seagama
b. yang satu suku
c. yang pandai berorganisasi
d. yang satu teman
17 Yang seharusnya bisa menjadi perekat pada bentuk-bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia adalah ...
a. suku bangsa
b. agama
17 Yang seharusnya bisa menjadi perekat pada bentuk-bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia adalah ...
a. suku bangsa
b. agama
c. ras
d. pandangan hidup bangsa
18 Sikap yang harus dikembangkan untuk mewujudkan persatuan dalam keberagaman adalah ....
18 Sikap yang harus dikembangkan untuk mewujudkan persatuan dalam keberagaman adalah ....
a. menerima keberagaman suku dan budaya sebagai kekayaan
b. kolaborasi sebagai kelompok bersama
b. kolaborasi sebagai kelompok bersama
c. toleransi dalam suatu umat beragama
d. mampu mengembangkan potensi keberagaman disekitar
19 Demi menjaga keutuhan Bingkai Bhinneka Tunggal Ika dalam keberagaman sebagai pelajar mengisi kemerdekaan dengan cara ....
a. belajar dengan giat, mengikuti karnaval budaya
d. mampu mengembangkan potensi keberagaman disekitar
19 Demi menjaga keutuhan Bingkai Bhinneka Tunggal Ika dalam keberagaman sebagai pelajar mengisi kemerdekaan dengan cara ....
a. belajar dengan giat, mengikuti karnaval budaya
b. lebih gaya dalam bergaul
c. lebih rajin membaca buku
d. mengadakan silaturahmi dari rumah kerumah
20 Lagu daerah Rek Ayo Rek, Bapak Tane, dan Tanduk Majeng berasal dari provinsi adalah ...
a. Jawa Barat
b. Jawa Timur
c. lebih rajin membaca buku
d. mengadakan silaturahmi dari rumah kerumah
20 Lagu daerah Rek Ayo Rek, Bapak Tane, dan Tanduk Majeng berasal dari provinsi adalah ...
a. Jawa Barat
b. Jawa Timur
c. Jawa Tengah
d. Bengkulu
21 Salah satu manfaat gotong royong dapat menambah nilai ....
a. kebersamaan
b. pekerjaan sulit menjadi ringan
21 Salah satu manfaat gotong royong dapat menambah nilai ....
a. kebersamaan
b. pekerjaan sulit menjadi ringan
c. pekerjaan sulit dikerjakan
d. saling menghargai teman
22 Kerjasama perlu dilaksanakan dalam lingkungan ....
a. masyarakat pedesaan
b. masyarakat perkotaan
22 Kerjasama perlu dilaksanakan dalam lingkungan ....
a. masyarakat pedesaan
b. masyarakat perkotaan
c. masyarakat luas
d. masyarakat kurang mampu
23 Ancaman terhadap kebiasaan gotong royong dapat berupa ... .
a. kebiasaan yang dilandasi dengan menghormati kepentingan bersama
23 Ancaman terhadap kebiasaan gotong royong dapat berupa ... .
a. kebiasaan yang dilandasi dengan menghormati kepentingan bersama
b. tradisi modern yang tidak mendukung gotong royong
c. menekankan keluhuran hak asasi manusia
d. budaya yang menjunjung tinggi individualisme
24 Bentuk kerjasama dan gotong royong membersihkan selokan. Makna untuk pribadi dan masyarakat yaitu ...
a. Pribadi : kepuasan semata mata hanya dicari untuk sesaat saja
Masyarakat : menumbuhkan rasa keakraban terhadap sesama
b. Pribadi : kepuasan batin telah mampu lingkungan menjadi bersih dan indah
Masyarakat : memiliki rasa bangga memiliki masyarakat yang peduli
c. Pribadi : kepuasan batin telah mampu berbagi untuk sesama
Masyarakat : saluran air di lingkungan masyarakat lancar sehingga tidak ada banjir dan longsor
d. Pribadi : kepuasan batin untuk kepentingan beberapa orang saja
Masyarakat : saluran air di lingkungan masyarakat aman dan terkendali
25 Peribahasa "Seayun selangkah, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing" memiliki arti yang sangat penting dalam suatu bentuk kerjasama, yaitu ...
a. kegotongroyongan dalam keberadaan sebagai anggota masyarakat
c. menekankan keluhuran hak asasi manusia
d. budaya yang menjunjung tinggi individualisme
24 Bentuk kerjasama dan gotong royong membersihkan selokan. Makna untuk pribadi dan masyarakat yaitu ...
a. Pribadi : kepuasan semata mata hanya dicari untuk sesaat saja
Masyarakat : menumbuhkan rasa keakraban terhadap sesama
b. Pribadi : kepuasan batin telah mampu lingkungan menjadi bersih dan indah
Masyarakat : memiliki rasa bangga memiliki masyarakat yang peduli
c. Pribadi : kepuasan batin telah mampu berbagi untuk sesama
Masyarakat : saluran air di lingkungan masyarakat lancar sehingga tidak ada banjir dan longsor
d. Pribadi : kepuasan batin untuk kepentingan beberapa orang saja
Masyarakat : saluran air di lingkungan masyarakat aman dan terkendali
25 Peribahasa "Seayun selangkah, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing" memiliki arti yang sangat penting dalam suatu bentuk kerjasama, yaitu ...
a. kegotongroyongan dalam keberadaan sebagai anggota masyarakat
b. kekeluargaan dan kekerabatan dalam keluarga bersama
c. kekeluargaan dan kegotongroyongan dalam kebersamaan
d. kekeluargaan dan persamaan prinsip dalam hidup bermasyarakat
26 Gotong royong merupakan pengamalan Pancasila sila ke ....
a. satu
b. tiga
c. kekeluargaan dan kegotongroyongan dalam kebersamaan
d. kekeluargaan dan persamaan prinsip dalam hidup bermasyarakat
26 Gotong royong merupakan pengamalan Pancasila sila ke ....
a. satu
b. tiga
c. empat
d. lima
27 Perhatikan wujud kerjasama dibawah ini :
1. Menghormati hak dan kewajiban umat beragama
2. Melakukan perjanjian jual dan beli
3. Membayar pajak tepat waktu
4. Melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT)
5. Mempertahankan kedaulatan NKRI
Wujud kerjasama dalam bidang bangsa dan negara, ekonomi, dan pertahanan keamanan negara ialah ...
a. 1,2,3
27 Perhatikan wujud kerjasama dibawah ini :
1. Menghormati hak dan kewajiban umat beragama
2. Melakukan perjanjian jual dan beli
3. Membayar pajak tepat waktu
4. Melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT)
5. Mempertahankan kedaulatan NKRI
Wujud kerjasama dalam bidang bangsa dan negara, ekonomi, dan pertahanan keamanan negara ialah ...
a. 1,2,3
b. 2,3,4
c. 3,4,5
d. 1,4,5
28 Kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab ...
a. tukang sampah
b. semua warga masyarakat
28 Kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab ...
a. tukang sampah
b. semua warga masyarakat
c. pembantu
d. ketua RT, RW, dan Lurah
29 Apabila kita tidak memiliki rasa kekeluargaan, akan berdampak sosial bagi diri sendiri .... a. dikucilkan
b. diasingkan
29 Apabila kita tidak memiliki rasa kekeluargaan, akan berdampak sosial bagi diri sendiri .... a. dikucilkan
b. diasingkan
c. dibiarkan
d. dihukum
30 Kerjasama sebagai bentuk interaksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling ....
a. menjamin kehidupan
b. menghargai diri sendiri
c. menghargai dan menyayangi
d. menjamin keberhasilan
31 Salah satu bukti nyata peran serta siswa dalam kerjasama membantu korban bencana alam adalah....
a. menyumbangkan semua harta miliknya
b. memberikan bantuan yang banyak karena masih saudara
31 Salah satu bukti nyata peran serta siswa dalam kerjasama membantu korban bencana alam adalah....
a. menyumbangkan semua harta miliknya
b. memberikan bantuan yang banyak karena masih saudara
c. rela berkorban dengan harapan imbalan
d. menyumbangkan pakaian dan peralatan sekolah dengan ikhlas
32 Setiap anggota masyarakat dalam bermusyawarah mencapai mufakat mempunyai hak untuk ....
a. menghentikan rapat
b. membubarkan rapat
32 Setiap anggota masyarakat dalam bermusyawarah mencapai mufakat mempunyai hak untuk ....
a. menghentikan rapat
b. membubarkan rapat
c. memimpin rapat
d. mengajukan pendapat
33 Yang bukan termasuk nama lain dari kerjasama di berbagai daerah yaitu ...
a. Mapalus dari Minahasa
b. Ngaben dari Bali
33 Yang bukan termasuk nama lain dari kerjasama di berbagai daerah yaitu ...
a. Mapalus dari Minahasa
b. Ngaben dari Bali
c. Subak dari Bali
d. Sikaroban dari Palembang
34 Setiap anggota masyarakat dalam bermusyawarah mencapai mufakat mempunyai hak untuk ....
a. menghentikan rapat
b. membubarkan rapat
a. menghentikan rapat
b. membubarkan rapat
c. memimpin rapat
d. mengajukan pendapat
35 Yang bukan merupakan faktor pendorong terjadinya kegiatan kerjasama ialah ....
a. manusia dapat hidup secara wajar apabila bersama-sama dengan manusia lainnya
35 Yang bukan merupakan faktor pendorong terjadinya kegiatan kerjasama ialah ....
a. manusia dapat hidup secara wajar apabila bersama-sama dengan manusia lainnya
b. manusia memerlukan bantuan orang lain dalam kehidupannya
c. mementingkan kepentingan diri sendiri diatas kepentingan bersama
c. mementingkan kepentingan diri sendiri diatas kepentingan bersama
d. dapat membangun rasa persatuan dan kesatuan
36 Salah satu faktor pendorong perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah ialah ....
a. mampu mendirikan berbagai organisasi
b. ingin bebas dari penderitaan
c. terwujudnya persatuan dan kesatuan
d. perjuangan tanpa pamrih
37 Peran penting laksamana Tadashi Maeda dalam kemerdekaan Indonesia ialah ....
37 Peran penting laksamana Tadashi Maeda dalam kemerdekaan Indonesia ialah ....
a. melatih para pemuda Indonesia menjadi tangguh menghadapi musuh
b. menyusun teks proklamasi bersama Ir. Sukarno dan Drs. Moh. Hatta
b. menyusun teks proklamasi bersama Ir. Sukarno dan Drs. Moh. Hatta
c. menyediakan tempat yang aman untuk menyusun teks proklamasi
d. membacakan teks Proklamasi tanggal 17 - 8 -1945
38 Pada naskah asli proklamasi tercantum tempat tanggal dan tahun kemerdekaan yang benar yaitu….
a. Djakarta, hari 17 bulan 8 tahun '45
b. Djakarta, hari 17 bulan Agustus tahun '05
d. membacakan teks Proklamasi tanggal 17 - 8 -1945
38 Pada naskah asli proklamasi tercantum tempat tanggal dan tahun kemerdekaan yang benar yaitu….
a. Djakarta, hari 17 bulan 8 tahun '45
b. Djakarta, hari 17 bulan Agustus tahun '05
c. Djakarta, hari 17 bulan 8 tahun '05
d. Djakarta, bulan 8 tahun '45
39 Proklamasi kemerdekaan bangsa yang bersangkutan harusnya dipertahankan dan diisi untuk ....
d. Djakarta, bulan 8 tahun '45
39 Proklamasi kemerdekaan bangsa yang bersangkutan harusnya dipertahankan dan diisi untuk ....
a. mencapai tujuan nasional
b. menghadapi persaingan global
c. memajukan kesejahteran petani
d. menghadapi serangan negara mnegara adi daya
b. menghadapi persaingan global
c. memajukan kesejahteran petani
d. menghadapi serangan negara mnegara adi daya
40 Tujuan perjuangan yang bersifat kedaerahan mempunyai kesamaan yaitu ....
a. meraih kemerdekaan untuk daerahnya
b. mengalahkan Belanda agar mendapat keuntungan dalam bidang perdagangan
b. mengalahkan Belanda agar mendapat keuntungan dalam bidang perdagangan
c. mengusir penjajah dari wilayah nusantara
d. untuk mendapatkan keuntungan
41 Yang bukan termasuk unsur konstitutif suatu negara yaitu ....
a. penduduk
b. wilayah
d. untuk mendapatkan keuntungan
41 Yang bukan termasuk unsur konstitutif suatu negara yaitu ....
a. penduduk
b. wilayah
c. pemerintahan yang berdaulat
d. pengakuan dari negara lain
42 Sikap rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara dilakukan dengan cara . . . . a. membela bangsa dan negara jika diancam musuh
b. menyerahkan jiwa dan raga demi orang yang memerlukan
c. menganjurkan setiap warga negara untuk berbuat baik
d. menyerahkan semua harta yang dimiliki oleh negara
43 Provinsi Jawa Timur dipimpin oleh seorang Gubernur dan Wakil Gubernur yang bernama ....
d. menyerahkan semua harta yang dimiliki oleh negara
43 Provinsi Jawa Timur dipimpin oleh seorang Gubernur dan Wakil Gubernur yang bernama ....
a. Khofifah Indah Parawangsa-Emil Dardak
b. Rendra Kresna-Sanusi
c. Soekarwo-Saifullah Yusuf
b. Rendra Kresna-Sanusi
c. Soekarwo-Saifullah Yusuf
d. Anton-Sutiaji
44 Bagi bangsa Indonesia semangat persatuan dan kesatuan merupakan modal dasar dalam membentuk negara dan menjalankan kehidupan bernegara, sebab bangsa Indonesia tahu manfaat persatuan dan kesatuan itu ialah ....
a. memperkuat ketahanan nasional dalam menghadapi segala ancaman dan gangguan dalam bernegara
b. memperkuat ketahanan golongan dalam menghadapi segala ancaman dan gangguan dalam bernegara
c. memperkuat ketahanan kelompok dalam menghadapi segala ancaman dan gangguan dalam bernegara
d. memperkuat ketahanan partai dalam menghadapi segala ancaman dan gangguan dalam bernegara
45 Tahapan pembinaan rasa persatuan Indonesia yang dilakukan dengan cara mengubah sistem perjuangan bersenjata dan bersifat kedaerahan menjadi perjuangan bersifat nasional disebut tahap. . . .
a. Sumpah pemuda
b. Kebangkitan nasional
44 Bagi bangsa Indonesia semangat persatuan dan kesatuan merupakan modal dasar dalam membentuk negara dan menjalankan kehidupan bernegara, sebab bangsa Indonesia tahu manfaat persatuan dan kesatuan itu ialah ....
a. memperkuat ketahanan nasional dalam menghadapi segala ancaman dan gangguan dalam bernegara
b. memperkuat ketahanan golongan dalam menghadapi segala ancaman dan gangguan dalam bernegara
c. memperkuat ketahanan kelompok dalam menghadapi segala ancaman dan gangguan dalam bernegara
d. memperkuat ketahanan partai dalam menghadapi segala ancaman dan gangguan dalam bernegara
45 Tahapan pembinaan rasa persatuan Indonesia yang dilakukan dengan cara mengubah sistem perjuangan bersenjata dan bersifat kedaerahan menjadi perjuangan bersifat nasional disebut tahap. . . .
a. Sumpah pemuda
b. Kebangkitan nasional
c. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
d. Perasaan senasib sepenanggungan
46 Ki Hajar Dewantoro adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia yang memperjuangkan . . .
46 Ki Hajar Dewantoro adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia yang memperjuangkan . . .
a. kesempatan bagi para pribumi untuk memperoleh pendidikan
b. wajib belajar bagi para pribumi
c. penambahan ilmu pengetahuan bagi para pribumi
d. kesempatan belajar setinggi tingginya bagi para pribumi
47 Salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam otonomi daerah adalah . . . .
b. wajib belajar bagi para pribumi
c. penambahan ilmu pengetahuan bagi para pribumi
d. kesempatan belajar setinggi tingginya bagi para pribumi
47 Salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam otonomi daerah adalah . . . .
a. ikut melaksanakan aksi unjuk rasa
b. pemilihan kepala daerah didaerah masing-masing
b. pemilihan kepala daerah didaerah masing-masing
c. memilih pemimpin perusahaan
d. membangun jalan tol
48 Sikap rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara dilakukan dengan cara . . . . a. membela bangsa dan negara jika diancam musuh
b. menyerahkan jiwa dan raga demi orang yang memerlukan
d. membangun jalan tol
48 Sikap rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara dilakukan dengan cara . . . . a. membela bangsa dan negara jika diancam musuh
b. menyerahkan jiwa dan raga demi orang yang memerlukan
c. menganjurkan setiap warga negara untuk berbuat baik
d. menyerahkan semua harta yang dimiliki oleh negara
49 Contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekolah ialah . . . .
d. menyerahkan semua harta yang dimiliki oleh negara
49 Contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekolah ialah . . . .
a. memilih teman yang sesuai dengan kedudukan sosial
b. memilih teman tidak berdasar asal daerah
c. membiasakan bekerjasama dalam mengerjakan soal ujian
c. membiasakan bekerjasama dalam mengerjakan soal ujian
d. bersikap mandiri dengan tidak bergantung kepada orang
50 Dengan rasa cinta terhadap sesama, akan timbul rasa hormat menghormati dan saling menyayangi dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian terciptalah . . . .
50 Dengan rasa cinta terhadap sesama, akan timbul rasa hormat menghormati dan saling menyayangi dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian terciptalah . . . .
a. kesejahteraan lahir batin
b. kerukunan hidup dalam masyarakat
c. kerukunan hidup dikampung
d. kerukunan hidup dalam keluarga
Demikian artikel tentang √ Latihan Soal PAT PPKN / PKn SMP Kelas 7 Tahun 2021 K13. Semoga bermanfaat..