--> Skip to main content

Soal UAS IPS SMP Kelas 9 Semester 1 2019 K13 Revisi

Berikut ini adalah Soal UAS IPS SMP Kelas 9 Semester 1 kurikulum 2013 revisi. Dengan soal yang berjumlah 50 butir soal, tapi tanpa disertai jawaban. Dan untuk materi UAS IPS-nya adalah sebagai berikut :
  1. SDM (Sumber Daya Manusia)
  2. Perkembangan Indonesia di bidang kependudukan, politik, ekonomi, pendidikan, dan budaya
  3. dll.


Jika materi Ilmu Pengetahuan Sosial di atas sudah dicocokkan dan ternyata sama, jadi para guru maupun siswa bisa menggunakannya untuk keperluan pembuatan soal maupun sebagai latihan sebelum pelaksanaan ujian UAS mendatang.

Apa itu UAS?

UAS(Ujian Akhir Semester) atau yang disebut dengan PAS pada Kurikulum 2013 revisi ini adalah ujian yang diadakan untuk mengukur standar kompetensi siswa selama 6 bulan semester 1 ini. 

Diharapkan latihan soal UAS IPS kelas 9 semester 1 (ganjil) ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian.

Soal UAS IPS SMP Kelas 9 Semester 1 2019 K13 Revisi

Soal UAS IPS SMP Kelas 9 Semester 1

Admin menyediakan file soal IPS ini dalam bentuk soal online dan PDF yang bisa sobat download secara gratis. berikut ini link downloadnya :


Soal UAS IPS SMP Kelas 9 Semester 1 2019 K13 Revisi PDF, DOWNLOAD

Baiklah, langsung saja berikut ini adalah Soal UAS IPS SMP Kelas 9 Semester 1 2019 K13 Revisi. Selamat mengerjakan.



Berdasarkan peta urutan luas benua dimuka bumi dari paling sempit yang benar terdapat pada kolom….
A. I 
B. II 
C. III 
D. IV

2 Berdasarkan tabel berikut keadaan alam yang terdapat dibenua Afrika yang benar terdapat pada nomor….
A. 1 
B. 2 
C. 3 
D. 4

3 Menurut astronomisnya benua Amerika terletak lebih kurang pada lintang dan bujur 170°BT–35°BB dan 83°LU–59°LS. Berdasarkan dari letak tersebut maka iklim yang berpengaruh di benua Amerika yaitu….

A. A
B. B 
C. C
D. D

4 Benua Afrika sering disebut “Benua Hitam” karena mayoritas penduduknya mempunyai kulit berwarna hitam. Ciri fisik yang dijumpai dibenua Afrika antara lain gurun terluas dan sungai terpanjangnya adalah
A. Kalahari, zambesi
B. Atacama, amazone 
C. Sahara, nil
D. Gobi, yang tse

5 Bentang alam yang berupa pegunungan Ural, danau Kaspia dan sungai ural merupakan batas benua Eropa dan Asia di sebelah….
A. utara
B. selatan 
C. barat
D. timur


Berdasarkan keadaan alamnya wilayah benua Australia yang tampak pada peta dengan abjad A berupa….
A. gurun
B. pegunungan 
C. Dataran rendah
D. great barrier Reef

7 Jepang memiliki sumber daya mineral yang sangat terbatas. Karena itu, Jepang sangat tergantung pada bahan mentah dan bahan bakar hasil impor dari negara lain. Hasil tambang dari dalam negeri sangat tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan industrinya. Sikap positif bangsa Jepang yang dapat menjadikan Jepang sebagai Negara maju terdapat pada tabel….
A. I 
B. II 
C. III 
D. IV

8 Jenis fauna berikut ini yang hidup di Amerika Serikat khususnya di negara bagian alaska terdapat pada kolom….


A. I 
B. II 
C. III 
D. IV

9 Terusan suez yang dibangun oleh Ferdinand de Lesep menghubungkan kota Suez dengan Port 
Said dilaut tengah, terusan tersebut bagi negara Mesir memiliki manfaat dibidang ekonomi yaitu….
A. Menambah devisa Perancis
B. Menghemat waktu dan biaya 

C. Memperpendek jarak Eropa dan Asia
D. Sebagai sumber devisa Negara

10 Inggris memiliki sumber daya geologi yang beragam, termasuk batu bara . Selain itu, Inggris juga memiliki sumber daya minyak bumi dan gas yang memasok kebutuhan energinya selama abad ke- 20. Kondisi tersebut mengubah Inggris dari negara agraris menjadi negara industri yang didukung juga oleh terjadinya revolusi.... yang ditandai dengan penemuan mesin uap.
A. Industri 

B. Inggris 
C. Amerika 
D. Perancis

11 Australia memiliki beberapa fauna asli salah satunya jenis mamalia yang juga menyusui anaknya, fauna yang dimaksud terdapat pada gambar….



12 Berdasarkan rasnya, komposisi penduduk di Benua Asia terdiri atas tiga ras utama yaitu Ras Mongoloid, Ras Kaukasoid, dan Ras Negroid. Negara yang mayoritas penduduknya terdiri dari ras negroid adalah….


A. I 
B. II 
C. III
D. IV

13 Selama 360 tahun, antara tahun 1500 sampai 1860 an sebanyak 12 juta penduduk Afrika dipindahkan secara paksa ke benua Amerika. Peristiwa yang menyebabkan keberadaan etnik negro menetap di benua Amerika adalah….
A. Migrasi internasional
B. Bencana alam 

C. praktek perbudakan
D. Penjajahan bangsa barat

14 Pernyataan.
1. rendahnya pendidikan perempuan, dan kurangnya fasilitas hiburan atau rekreasi.
2.banyaknya angka kematian yang direspon dengan banyaknya anak
3. petani cenderung memilih banyak anak agar dapat mengolah lahannya
4. akses terhadap fasilitas kesehatan juga masih rendah, khususnya alat kontrasepsi.
5. sistem keluarga yang kuat,

Penyebab tingginya angka kelahiran di Afrika yang berhubungan dengan bidang kesehatan terdapat pada nomor....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4 

C. 3 dan 5
D. 4 dan 5

15 Penduduk Eropa sangat beragam, sebagian besar termasuk keturunan induk bangsa Kaukasoid yang terbagi menjadi beberapa suku bangsa. Berdasarkan ras dan ciri fisiknya, bangsa Nordik yang tinggal di Eropa Barat dan Eropa Utara, yaitu Norwegia, Inggris, Denmark, Belanda, Swedia, Belgia, dan Jerman bagian utara, memiliki ciri fisik rambut….
A. gelap dan banyak terdapat di Rumania Eropa Tengah.
B. hitam, mata hitam, tengkorak lebar, dan tidak terlalu tinggi. 

C. pirang, mata biru, tengkorak panjang, dan muka sempit. 
D. hitam, mata hitam, badan dan tengkorak panjang Spanyol

16 Berdasarkan kondisi geografisnya persebaran penduduk di Benua Australia tidak merata.lebih dari 85% tinggal di kota kecil dan kota besar. Kota-kota yang pada umumnya memiliki jumlah penduduk padat yaitu daerah yang letaknya….
A. di kota kota besar
B. di tepi pantai 

C. pusat perdagangan
D. kawasan perindustrian

17 


Gambar tersebut merupakan salah satu contoh Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara terhadap Kehidupan bidang….
A. politik
B. ekonomi 

C. sosial
D. budaya

18 Peran Indonesia dalam meredakan konflik yang terjadi di Myanmar dengan mengutus menteri luar negeri menemui Aung Sang Suu Kyi, akhirnya berhasil membuka akses bantuan bagi warga Rohingya. Peristiwa tersebut merupakan salah satu contoh Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara dalam bidang…. 

A. budaya 
B. Sosial 
C. ekonomi 
D. politik

19 Masalah lingkungan yang terjadi akibat pindahnya penduduk desa yang bekerja di kota dan sebagian dari mereka ada yang tidak sukses akan menimbulkan masalah kemiskinan di kota, masalah tersebut antara lain….
A. lapangan kerja
B. pengangguran 

C. permukiman kumuh
D. kriminalitas

20 Pengaruh interaksi ruang antar negara di bidang budaya terutama sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknik komunikasi dan….
A. informatika
B. industri 

C. multimedia
D. transportasi

21 Salah satu kerja sama antarnegara antara lain dalam bidang pendidikan. Banyak negara berkembang mengirim pelajar dan mahasiswa ke negara-negara maju. Negara maju juga banyak yang menyediakan fasilitas beasiswa bagi negara-negara lainnya yang masih berkembang. Tujuan dari kerja sama bidang pendidikan adalah untuk meningkatkan ….
A. Kuantitas dan kualitas penduduk di dunia pada umumnya
B. kualitas sumberdaya manusia di negara-negara berkembang
C. kualitas sumberdaya manusia di negara-negara maju
D. kuantitas sumberdaya manusia di negara-negara berkembang

22 Perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Dalam kebudayaan yang mengalami perubahan antara lain kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, dan filsafat. Unsur sosial yang mengalami perubahan adalah….
A. sistem sosial, struktur, dan fungsi masyarakat
B. fungsi dan peran manusia dalam masyarakat
C. Status sosial seseorang dalam hidup bermasyarakat
D. nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

23


Peristiwa yang tampak pada gambar menurut waktunya merupakan salah satu contoh bentuk perubahan sosial budaya di bidang politik yang tergolong dalam perubahan secara….
A. progress
B. regress 

C. revolusi
D. evolusi

24 Contoh berikut ini yang termasuk salah satu penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari luar masyarakat itu sendiri terdapat pada gambar….



25 Dalam bidang sosial kemiskinan dan kelaparan terjadi di berbagai daerah. Tenaga kerja produktif yang ada di desa dipekerjakan pada beragam proyek. Akhirnya desa pun mengalami krisis karena tidak terurus. Peristiwa tersebut merupakan salah satu contoh perubahan sosial budaya yang disebabkan oleh terjadinya… .
A. Peperangan
B. Pemberontakan 

C. Konflik/pertentangan
D. Pengaruh budaya asing

26


Faktor penghambat perubahan sosial budaya yang dialami oleh suku hutan di Batam seperti yang tampak pada gambar adalah….
A. Kehidupan Masyarakat yang terasing
B. Perkembangan Ilmu Pengetahuan yang Terlambat
C. Sikap Masyarakat yang Tradisional
D. Adanya Prasangka terhadap Hal-hal Baru atau Asing

27 Proses perubahan sosial budaya di era modern berkaitan erat dengan globalisasi. Globalisasi menciptakan masyarakat dunia saling bergantung dalam berbagai bidang kehidupan. Pernyataan berikut yang merupakan pengertian dari globalisasi yang benar adalah proses ….
A. integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya
B. saling bergantung dan membutuhkan di semua bidang kehidupan baik Iptek, komunikasi, ekonomi, transportasi ataupun budaya
C. yang ditandai dengan adanya persamaan dalam berbagai bidang kehidupan disemua negara di dunia
D. 
Menyebarnya budaya lokal dan tradisional dalam komunitas di setiap ruang dan waktu serta biasanya melalui tatap muka

28 Terjadinya pergeseran sikap/perilaku/kebiasaan baik/kolaborasi kesenian/beragam kebiasaan bangasa lain yang sudah menyebar keberbagai Negara/beraneka mode dunia merupakan bukti terjadinya globalisasi di bidang…. 

A. budaya 
B. sosial 
C. ekonomi 
D. Politik

29 Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak ke pihak lain. Media komunikasi selain berfungsi untuk berkomunikasi dapat juga digunakan untuk….
A. pengiriman paket dengan ongkos kirim yang murah
B. pencarian data lebih lengkap dan minim kesalahan
C. mengakses informasi dengan cepat, mudah, dan efisien
D. menerima pesan dengan lengkap dan lebih jelas

30 

Contoh yang tampak pada gambar merupakan salah satu ciri yang menandai globalisasi ekonomi yaitu....
A. Membuka peluang pasar produk dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif
B. Membuka peluang bagi masuknya produk global ke pasar domestik 

C. Keterkaitan antara ekonomi nasional dan internasional semakin erat. 
D. Beroperasinya suatu perusahaan di lebih dari satu negara

31 Salah satu contoh terjadinya Globalisasi Bidang IPTEK khususnya yang berkaitan dengan bidang transportasi dapat ditunjukan pada gambar....



32 Globalisasi sangat membutuhkan transportasi dalam proses perkembangannya. Salah satu faktor yang mendorong globalisasi di bidang transportasi selalu mengalami inovasi adalah….
A. Manusia menginginkan perubahan karena mereka menuntut hidup yang lebih mudah dan praktis
B. Perkembangan di bidang telekomunikasi yang membuat perkembangan alat transportasi diberitakan dengan cepat ke seluruh dunia
C. Menyesuaikan dengan tuntutan manusia dalam mengikuti perkembangan jaman untuk memenuhi kebutuhannya
D. Perkembangan teknologi yang ditandai dengan semakin majunya bidang pendidikan

33 Pernyataan berikut yang tidak termasuk sebagai dampak positif globalisasi bagi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yaitu....
A. Kemudahan dalam Sarana Transportasi
B. Kemudahan dalam Mengakses Informasi dari Internet
C. Ketergantungan terhadap Teknologi
D. Kemudahan dalam Transaksi Jual Beli

34 

Gambar tersebut merupakan salah satu contoh bahwa globalisasi memiliki dampak positif yang berupa….
A. Komunikasi Semakin Cepat dan Mudah
B. Meningkatnya Taraf Hidup Masyarakat
C. Perekonomian Suatu Negara Semakin Meningkat
D. Meningkatnya Efektivitas dan Efisiensi

35 Banyaknya negara didunia yang berinvestasi di Indonesia pada sektor pertambangan, pertanian dan industri merupakan bukti kalau Globalisasi memiliki dampak positif salah satunya adalah....
A. Meningkatnya Taraf Hidup Masyarakat
B. Perekonomian Suatu Negara Semakin Meningkat
C. Meningkatnya Efektivitas dan Efisiensi
D. Berkembangnya Dunia Pariwisata

36 Dengan adanya penyebaran informasi melalui media internet atau aplikasi smartphone menjadikan tempat-tempat wisata yang dikunjungi oleh wisatawan dengan mudah dapat diketahui orang lain, hal tersebut merupakan salah satu dampak positif dari globalisasi yang berupa....
A. Berkembangnya Dunia Pariwisata
B. Meningkatnya Efektivitas dan Efisiensi
C. Perkembangan Alat Komunikasi dan Keterbukaan Informasi
D. Komunikasi Semakin Cepat dan Mudah

37 Globalisasi mempunyai banyak manfaat dan pengaruh bagi masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Tidak sedikit warga negara kita yang bekerja di luar negeri untuk membiayai kebutuhan keluarganya di dalam negeri. Mereka di kenal sebagai pahlawan devisa. Dampak positif globalisasi dari pengiriman TKI/TKW adalah….
A. Komunikasinya menjadi semakin cepat dan mudah
B. Keluarganya dapat menikmati dari hasil jerih payahnya
C. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi kerja
D. Meningkatnya Taraf Hidup Masyarakat

38 Salah satu dampak negatif globalisasi yang ditandai dengan gaya hidup yang bermewah- mewahan, gaya rambut kepirang-pirangan, pergi ke klub malam, dugem merupakan contoh perilaku yang berupa….
A. Akulturasi
B. Westernisasi 

C. Modernisasi 
D. Asimilasi

39 Salah satu dampak negatif globalisasi yang berupa merosotnya akhlak atau moral seseorang dapat ditunjukan dalam gambar….



40 

Gambar tersebut merupakan salah satu contoh dampak negatif globalisasi yang mengakibatkan kecemburuan sosial dalam masyarakat karena terjadinya….
A. Perbedaan lingkungan tempat tinggal
B. pemukiman kumuh disepanjang DAS
C. Kehidupan masyarakat yang kurang harmonis
D. Kesenjangan Sosial Ekonomi masyarakat

41 Proses globalisasi yang tidak dibarengi dengan analisis masalah dan dampak lingkungan (AMDAL) sering menimbulkan malapetaka, yakni berupa pencemaran lingkungan. Salah satunya pencemaran air yang disebabkan oleh….



A. I
B. II 

C. III
D. IV

42


Gambar tersebut merupakan salah satu dampak negatif dari terjadinya globalisasi yang tidak hanya melanda kalangan remaja saja, contoh tersebut dikenal dengan istilah…..
A. demoralisasi
B. vandalisme 

C. westernisasi
D. imperialisme

43 Dampak dari globalisasi dapat berupa kenakalan remaja. Kenakalan remaja yang biasa terjadi dilingkungan Masyarakat antara lain terdapat pada kolom....



A. A 

B. B
C. C 
D. D

44 Upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kenakalan remaja harus dilakukan oleh berbagai pihak terkait,termasuk sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh pihak kelurahan adalah....
A. Menyediakan sarana dan menciptakan suasana yang optimal demi perkembangan pribadi yang wajar ditaman kota
B. Bimbingan kepribadian melalui BK, karena anak lebih banyak menghabiskan waktunya disekolah selain di rumah.
C. Mendirikan tempat latihan untuk menyalurkan kreativitas para remaja Melalui karang taruna
D. 
Memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan, serta pendidikan mental, agama dan budi pekerti disekolah

45 Cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi globalisasi di bidang budaya yang bertujuan menumbuhkan rasa cinta budaya Indonesia dapat dilakukan melalui cara….
A. Mempromosikan budaya asli Indonesia ke kancah internasional
B. Mematenkan setiap budaya Indonesia serta mempublikasikannya
C. Menyukai dan menggunakan produk-produk asli Indonesia.
D. Meningkatkan kualitas nilai keimanan dan moralitas masyarakat

46 Pernyataan berikut yang tidak termasuk dalam upaya yang dapat dilakukan agar Budaya lokal tidak tergerus dan hilang akibat globalisasi yaitu….
A. menjaga tempat bersejarah, wisata budaya, wisata alam, maupun hal yang berkaitan dengan adat istiadat daerah
B. meningkatkan kualitas/mutu Sumber Daya Manusia terutama yang berhubungan dengan kebudayaan
C. mengadakan berbagai macam kegiatan pameran, seminar, maupun lomba kebudayaan
D. mewariskan Kebudayaan yang secara turun temurun harus pula tetap dilestarikan agar tidak ada bagian yang tertinggal

47 Upaya menghadapi globalisasi di bidang IPTEK yang dilakukan dengan mengadakan pengawasan dari semua pihak tujuannya adalah agar ….
A. berkompetisi di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di kancah internasional
B. tidak tertinggal dari negara lain serta tidak mudah terpengaruh informasi- informasi yang masuk dari luar
C. informasi yang beredar di masyarakat tidak membawa dampak negatif terutama untuk kalangan muda
D. Masyarakat tidak tertinggal IPTEK dari negara lain serta tidak mudah terpengaruh informasi- informasi yang masuk dari luar

48 Salah satu contoh yang telah dilakukan kota Malang dalam menghadapi globalisasi bidang ekonomi sudah terbukti dengan diraihnya predikat kota Malang sebagai kota kreatif. Pernyataan yang sesuai dengan salah satu upaya menghadapi globalisasi bidang ekonomi yaitu….
A. Mendorong pengusaha lokal khususnya pengusaha kecil dan menengah untuk berkompetisi secara sehat
B. Menghilangkan praktek-praktek korupsi, kolusi, nepotisme dan manipulasi.
C. Menyiapkan SDM yang kompeten, kompetitif dan memiliki kemampuan yang baik dalam menghadapi kompetisi globalisasi
D. Mendorong munculnya produk-produk kreatif dan inovatif dari masyarakat

49 Upaya yang dapat dilakukan dalam globalisasi di bidang komunikasi agar penggunaan alat komunikasi juga dapat bermanfaat yaitu….
A. Memilih informasi dengan tepat dan bijaksana agar tidak mudah terpengaruh dan terhasut oleh informasi yang salah
B. Memilih dan memanfaatkan alat komunikasi secaratepat dan sebaik- baiknya sesuai dengan fungsi dan kebutuhan
C. Memanfaatkan alat komunikasi demi kemajuan masadepan dan tidak menyalah gunakannnya
D. Mendorong munculnya produk alat komunikasi yang kreatif dan inovatif dari masyarakat

50 Dalam upaya menghadapi globalisasi bidang transportasi salah satu cara yang dapat dilalakukan apa bila akan bepergian kedaerah yang jaraknya dekat adalah….
A. Menjaga keberadaan alat transportasi lokal sebagai salah satu khasanah budaya
B. Menggunakan alat transportasi tidak berlebihan agar tidak terjadi pencemaran lingkungan
C. Memanfaatkan sarana transportasi masal yang modern dan cepat dalam membantu mobilitas manusia
D. Memanfaatkan alat transportasi sesuai dengan jarak dan waktunya


Demikian artikel tentang Soal UAS IPS SMP Kelas 9 Semester 1 2019 K13 Revisi. Semoga bermanfaat...
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar