Soal UAS Matematika SMP Kelas 8 Semester 1 2019 K13 Revisi
Soal UAS Matematika SMP Kelas 8 Semester 1 kurikulum 2013 revisi - Setelah kemarin baru saja memposting soal latihan UAS di mapel Penjaskes, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan adik - adik soal pada mata pelajaran Matematika SMP/MTs di kelas 8 semester 1.
UAS Matematika (PJOK, Olahraga, Penjas) pada kurikulum 2013 revisi berganti nama menjadi PAS, tapi karena memang tergolong baru dan sebagian besar guru dan siswa mengenalnya UAS. Maka pada judul dibuatnya seperti itu.
Materi UAS Matematika Kelas 8 semester 1 K13 adalah sebagai berikut :
UAS Matematika (PJOK, Olahraga, Penjas) pada kurikulum 2013 revisi berganti nama menjadi PAS, tapi karena memang tergolong baru dan sebagian besar guru dan siswa mengenalnya UAS. Maka pada judul dibuatnya seperti itu.
Materi UAS Matematika Kelas 8 semester 1 K13 adalah sebagai berikut :
- Sistem koordinat
- Operasi aljabar
- Fungsi
- Persamaan garis lurus
- dll
latihan Soal UAS Matematika kelas 8 semester 1 (gasal) ini jumlah seluruh soal adalah 30 butir, berbentuk soal pilihan ganda, dengan format file PDF dan Online yang bisa di download secara gratis.
Tapi maaf karena soal ini tanpa adanya kunci jawaban. :
Tapi maaf karena soal ini tanpa adanya kunci jawaban. :
Soal UAS Matematika SMP Kelas 8 Semester 1 2019 K13 Revisi PDF, DOWNLOAD
Baiklah, langsung saja berikut ini adalah Soal UAS Matematika SMP Kelas 8 Semester 1 2019 K13 Revisi. Selamat mengerjakan.
1. Suku pertama pada barisan aritmatika adalah 16 dan bedanya 6, suku ke-12 pada barisan tersebut adalah ….
A. 82
B. 92
C. 94
D. 96
2. Rumus suku ke-n pada barisan 4, 11, 18, 25, … adalah ….
A. Un = 7n
B. Un = 7n + 3
2. Rumus suku ke-n pada barisan 4, 11, 18, 25, … adalah ….
A. Un = 7n
B. Un = 7n + 3
C. Un = 7n – 3
D. Un = 7(n – 3)
3. Banyak noktah pada gambar disamping menunjukkan pola bilangan, banyak noktah pada suku ke-10 adalah….
3. Banyak noktah pada gambar disamping menunjukkan pola bilangan, banyak noktah pada suku ke-10 adalah….
A. 20
B. 38
C. 40
D. 42
4. Pada barisan geometri diketahui U3 = 18 dan U6 = 486, suku pertama pada barisan tersebut adalah ….
A. 2
B. 3
C. 4
D. 6
5. Dua suku berikutnya pada barisan 4, 6, 10, 16, … adalah ….
A. 22, 28
B. 22, 30
5. Dua suku berikutnya pada barisan 4, 6, 10, 16, … adalah ….
A. 22, 28
B. 22, 30
C. 24, 32
D. 24, 34
6. Angka satuan pada bilangan 2²⁰⁰¹ adalah ….
A. 2
B. 4
6. Angka satuan pada bilangan 2²⁰⁰¹ adalah ….
A. 2
B. 4
C. 6
D. 8
7. Diketahui koordinat titik A(-3, -5), B(9, 3), C(-7, 5) dan D(9, -7), titik yang berada pada kuadran 4 adalah ….
A. A
7. Diketahui koordinat titik A(-3, -5), B(9, 3), C(-7, 5) dan D(9, -7), titik yang berada pada kuadran 4 adalah ….
A. A
B. B
C. C
D. D
8. Titik A(-3, -2), B(6, -2) dan C(-3, 3) adalah titik sudut ΔABC, maka jenis ΔABC adalah segitiga ….
A. Siku-siku
B. Sama kaki
8. Titik A(-3, -2), B(6, -2) dan C(-3, 3) adalah titik sudut ΔABC, maka jenis ΔABC adalah segitiga ….
A. Siku-siku
B. Sama kaki
C. Sama sisi
D. Sembarang
9. Pernyataan berikut berkaitan dengan system koordinat kartesius :
9. Pernyataan berikut berkaitan dengan system koordinat kartesius :
(i) Untuk P(12, -9), -9 disebut ordinat
(ii) Jarak titik Q(-8, 10) terhadap sumbu-y adalah 8 satuan
(iii) Jarak titik F(-2, -5) terhadap sumbu-x adalah -2
Pernyataan diatas yang benar adalah ….
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
(ii) Jarak titik Q(-8, 10) terhadap sumbu-y adalah 8 satuan
(iii) Jarak titik F(-2, -5) terhadap sumbu-x adalah -2
Pernyataan diatas yang benar adalah ….
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iii)
D. (i), (ii) dan (iii)
10. Koordinat titik pada gambar disamping adalah :
10. Koordinat titik pada gambar disamping adalah :
(i) A(-4, 2)
(ii) B(2, -4)
(ii) B(2, -4)
(iii) C(-2, 2)
(iv) D(-3, -3)
Pernyataan yang benar adalah ….
A. (i) dan (ii)
Pernyataan yang benar adalah ….
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (i) dan (iv)
D. (i), (ii) dan (iv)
11. Diketahui koordinat titik A(4, -6) dan titik B(4, 2) jarak titik A terhadap titik B adalah … satuan
A. 2
B. 4
D. (i), (ii) dan (iv)
11. Diketahui koordinat titik A(4, -6) dan titik B(4, 2) jarak titik A terhadap titik B adalah … satuan
A. 2
B. 4
C. 6
D. 8
12. Koordinat titik A(2, -3) terhadap titik B(1, 2) adalah ….
A. (-1, 5)
12. Koordinat titik A(2, -3) terhadap titik B(1, 2) adalah ….
A. (-1, 5)
B. (1, -5)
C. (5, 1)
D. (-5, -1)
13. Antara himpunan A = {1, 2, 3} dan himpunan B = {a, b} dapat dibentuk banyak pemetaan dari A → B dengan … cara.
A. 3
B. 6
13. Antara himpunan A = {1, 2, 3} dan himpunan B = {a, b} dapat dibentuk banyak pemetaan dari A → B dengan … cara.
A. 3
B. 6
C. 8
D. 9
14. Diketahui himpunan A = {1, 4, 9, 16, 25, 36} dan B = {1, 2, 3, 4, 5}. Jika ditentukan himpunan pasangan berurutan {(1, 1), (4, 2), (9, 3), (16, 4), (25, 5)}, maka relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah ….
14. Diketahui himpunan A = {1, 4, 9, 16, 25, 36} dan B = {1, 2, 3, 4, 5}. Jika ditentukan himpunan pasangan berurutan {(1, 1), (4, 2), (9, 3), (16, 4), (25, 5)}, maka relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah ….
A. akar dari
B. kuadrat dari
B. kuadrat dari
C. dua kali dari
D. kurang dari
15. Jika diketahui f(x) = 2x + 5, maka nilai f(-2) adalah ….
A. -1
B. 1
15. Jika diketahui f(x) = 2x + 5, maka nilai f(-2) adalah ….
A. -1
B. 1
C. 7
D. 9
Diketahui himpunan pasangan berurutan : untuk soal nomor 16
(i) {(1, 1), (2, 2), (3, 3), (4, 4)}
Diketahui himpunan pasangan berurutan : untuk soal nomor 16
(i) {(1, 1), (2, 2), (3, 3), (4, 4)}
(ii) {(1, 2), (2, 3), (1, 4), (2, 5)}
(iii) {(1, 4), (2, 4), (3, 4), (4, 4)}
(iv) {(1, 1), (1, 2), (1, 3), (1, 4)}
16. Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan adalah ….
A. (i) dan (ii)
16. Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan adalah ….
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iii)
D. (iii) dan (iv)
17. Daerah asal fungsi yang didefinisikan dengan f : x → 2x – 1 adalah {x | -2 < x < 3; x B}, maka rangenya adalah ….
A. {-3, -1, 1, 3}
17. Daerah asal fungsi yang didefinisikan dengan f : x → 2x – 1 adalah {x | -2 < x < 3; x B}, maka rangenya adalah ….
A. {-3, -1, 1, 3}
B. {-3, -2, -1, 1, 3, 4}
C. {-2, -1, 0, 1, 3}
D. {-1, 0, 1, 2}
18. Diketahui G(x) = ax + b. Jika G(-2) = -4 dan G(-6) = 12, maka bentuk fungsi G adalah ….
A. G(x) = -4x + 12
B. G(x) = -4x – 12
18. Diketahui G(x) = ax + b. Jika G(-2) = -4 dan G(-6) = 12, maka bentuk fungsi G adalah ….
A. G(x) = -4x + 12
B. G(x) = -4x – 12
C. G(x) = -2x + 6
D. G(x) = -4x – 6
19. Kemiringan garis dengan persamaan 4x – 2y – 7 = 0 adalah ….
A. -2
B. -1/2
19. Kemiringan garis dengan persamaan 4x – 2y – 7 = 0 adalah ….
A. -2
B. -1/2
C. 1/2
D. 2
20. Persamaan garis yang melalui titik (-5, 4) dan memiliki kemiringan -3 adalah ….
A. y + 3x = 11
B. y - 3x = 11
20. Persamaan garis yang melalui titik (-5, 4) dan memiliki kemiringan -3 adalah ….
A. y + 3x = 11
B. y - 3x = 11
C. y - 3x = -11
D. y + 3x = -11
21. Persamaan berikut yang termasuk persamaan garis lurus adalah ….
A. y = x² + 2
21. Persamaan berikut yang termasuk persamaan garis lurus adalah ….
A. y = x² + 2
B. 4x² = 2
C. 3y = 2x + 2
D. x² + y² = 2
22. Kemiringan garis yang melalui titik A(2, -4) dan titik asal adalah …
A. -2
B. -1/2
22. Kemiringan garis yang melalui titik A(2, -4) dan titik asal adalah …
A. -2
B. -1/2
C.1/2
D. 2
23. Persamaan garis yang melalui titik (-3, 6) dan sejajar dengan garis 4y – 3x = 5 adalah ….
A. 4y = 3x + 33
B. 4y = 3x – 33
23. Persamaan garis yang melalui titik (-3, 6) dan sejajar dengan garis 4y – 3x = 5 adalah ….
A. 4y = 3x + 33
B. 4y = 3x – 33
C. 4y = -3x – 33
D. 4y = -3x + 33
24. Persamaan garis yang melalui titik (1, 2) dan titik (3, 4) adalah ….
A. y = -x + 1
B. y = 2x – 1
24. Persamaan garis yang melalui titik (1, 2) dan titik (3, 4) adalah ….
A. y = -x + 1
B. y = 2x – 1
C. y = -x – 9
D. y = x + 1
25. Irwan membeli 3 kue dan 2 gelas minuman seharga Rp8.500,00. Wati membeli 1 kue dan 3 gelas minuman di kantin yang sama seharga Rp7.500,00. Jika x menyatakan harga 1 kue dan y menyatakan harga 1 gelas minuman, maka model matematika dari permasalahan tersebut adalah ….
A. 2x + 3y = 8500
25. Irwan membeli 3 kue dan 2 gelas minuman seharga Rp8.500,00. Wati membeli 1 kue dan 3 gelas minuman di kantin yang sama seharga Rp7.500,00. Jika x menyatakan harga 1 kue dan y menyatakan harga 1 gelas minuman, maka model matematika dari permasalahan tersebut adalah ….
A. 2x + 3y = 8500
x + 3y = 7500 B. 2x + 3y = 8500
3x + y = 7500
C. 3x + 2y = 8500
3x + y = 7500
3x + y = 7500
D. 3x + 2y = 8500
x + 3y = 7500
26. Ibu meminta Angel untuk membeli gula dan minyak goreng di toko “LARIS”. Jika harga 1 kg gula Rp13.000,00, 1 liter minyak goreng Rp8.000,00 dan Ibu memberikan uang sebesar Rp50.000,00 maka banyak gula dan minyak goreng yang dapat dibeli Angel adalah ….
A. 2 kg gula dan 3 liter minyak goreng
B. 3 kg gula dan 2 liter minyak goreng
26. Ibu meminta Angel untuk membeli gula dan minyak goreng di toko “LARIS”. Jika harga 1 kg gula Rp13.000,00, 1 liter minyak goreng Rp8.000,00 dan Ibu memberikan uang sebesar Rp50.000,00 maka banyak gula dan minyak goreng yang dapat dibeli Angel adalah ….
A. 2 kg gula dan 3 liter minyak goreng
B. 3 kg gula dan 2 liter minyak goreng
C. 4 kg gula dan 1 liter minyak goreng
D. 4 kg gula dan 2 liter minyak goreng
27. Setiap bulan Kakak menabung sebesar Rp25.000,00. Sebelum mulai menabung Ayah memberi uang sebesar Rp100.000,00 pada Kakak. Jika x menyatakan waktu (bulan) dan y menyatakan jumlah uang Kakak, maka persamaan yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah ….
A. y = 25.000x
B. y = 25.000x + 100.000
27. Setiap bulan Kakak menabung sebesar Rp25.000,00. Sebelum mulai menabung Ayah memberi uang sebesar Rp100.000,00 pada Kakak. Jika x menyatakan waktu (bulan) dan y menyatakan jumlah uang Kakak, maka persamaan yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah ….
A. y = 25.000x
B. y = 25.000x + 100.000
C. y = 100.000x
D. y = 100.000x + 25.000
28. Paman memelihara ayam dan kambing sebanyak 40 ekor. Jika jumlah kaki-kakinya ada 104, maka banyak kambing milik Paman adalah ….
A. 12
B. 24
28. Paman memelihara ayam dan kambing sebanyak 40 ekor. Jika jumlah kaki-kakinya ada 104, maka banyak kambing milik Paman adalah ….
A. 12
B. 24
C. 28
D. 56
29. Jumlah dua bilangan bulat adalah 2, sedangkan selisihnya -8. Kedua bilangan itu masing-masing adalah ….
A. -5 dan -3
B. -5 dan 3
29. Jumlah dua bilangan bulat adalah 2, sedangkan selisihnya -8. Kedua bilangan itu masing-masing adalah ….
A. -5 dan -3
B. -5 dan 3
C. -3 dan 5
D. 3 dan -5
30. Himpunan selesaian dari persamaan 2x – y = 4 dan x + 2y = -3 adalah {(a, b)}. Nilai a + b = ….
A. -2
B. -1
30. Himpunan selesaian dari persamaan 2x – y = 4 dan x + 2y = -3 adalah {(a, b)}. Nilai a + b = ….
A. -2
B. -1
C. 1
D. 2
Demikian artikel tentang Soal UAS Matematika SMP Kelas 8 Semester 1 2019 K13 Revisi. Semoga bermanfaat...