√ Soal UKK Biologi Kelas 10 k13 dan Kunci Jawaban
Contoh soal UKK Biologi kelas 10 SMA Semester 2 kurikulum 2013 semester 2 - Ujia Kenaikan Kelas (UKK) adalah ujian akhir bagi kelas awal dan tengah. Digunakan untuk mengukur capaian kompetensi belajar siswa selama ajaran semester genap.
Guna menunjang kebutuhan soal latihan UKK kelas 10 tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan soal UKK pada mata pelajaran biologi SMA/MA yang bisa digunakan untuk pembelajaran mendatang. Soal UKK Biologi kelas 10 ini bisa digunakan di tahun pelajaran yang akan datang 2020, 2021, 2022.
Guna menunjang kebutuhan soal latihan UKK kelas 10 tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan soal UKK pada mata pelajaran biologi SMA/MA yang bisa digunakan untuk pembelajaran mendatang. Soal UKK Biologi kelas 10 ini bisa digunakan di tahun pelajaran yang akan datang 2020, 2021, 2022.
Soal UKK Biologi yang merupakan mata pelajaran MINAT untuk jurusan IPA ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Jadi sobat tinggal mempelajarinya saja, tanpa harus mencarinya ulang di google.
Selain itu, ada juga format PDF yang bisa di pelajari secara offline menggunakan Android.
Selain itu, ada juga format PDF yang bisa di pelajari secara offline menggunakan Android.
√ Soal UKK Biologi Kelas 10 dan Kunci Jawaban
Jumlah keseluruhan soal ini adalah 30 butir soal. Diharapkan soal Biologi kelas 10 ini bisa berguna bagi sobat yang ingin memperdalam model soal unik untuk menambah referensi dalam pembelajaran untuk menghadapi ujian kenaikan kelas kelas 10 mendatang.
√ Soal UKK Biologi Kelas 10 K13 dan Kunci Jawaban PDF, DOWNLOAD
Baiklah, langsung saja berikut ini adalah √ Soal UKK Biologi Kelas 10 K13 dan Kunci Jawaban. Selamat mengerjakan...
1. Perhatikan gambar berikut !
1. Perhatikan gambar berikut !
Berdasarkan ciri–cirinya, Protista yang ditunjuk pada nomor 1,2 dan 3 secara berurutan termasuk kelompok... .
A. Flagelata, Ciliata, dan Rhizopoda
B. Ciliata, Rhizopoda, dan Flagelata
C. Rhizopida, Psedopodia, dan Ciliata
D. Rhyzopoda, Ciliata, dan Mastigophora
E. Flagelata, Mastigophora, dan Euglenophyta
2. Perhatikan gambar salah satu contoh protista berikut ini
A. Flagelata, Ciliata, dan Rhizopoda
B. Ciliata, Rhizopoda, dan Flagelata
C. Rhizopida, Psedopodia, dan Ciliata
D. Rhyzopoda, Ciliata, dan Mastigophora
E. Flagelata, Mastigophora, dan Euglenophyta
2. Perhatikan gambar salah satu contoh protista berikut ini
Ciri organisme tersebut yang menunjukkan ciri khas organisme yang menyerupai hewan adalah .....
A. Bersifat autotrof
B. Mempunyai alat gerak
C. Sel bersifat eukariotik
D. Mempunyai dinding sel
E. Reproduksi secara ovipar
3. Nama-nama species berikut, manakah yang dekat hubungan kekerabatannya ?
1) Lycopodium cernuum
2) Equisetum debilee
3) Adiauntum cuneatum
4) Lycopodium clavatum
5) Asplenidum pentifidium
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 4
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5
4. Salah satu jenis tumbuhan yang diamati sekelompak murid mempunyai ciri sebagai berikut…
1. akar serabut
2. batang jelas
3. daun berwarna hijau
4. ujung daun menggulung dan berbulu
Berdasarkan data diatas tumbuhan tersebut termasuk…
A. Bryophyta
B. Pteridophyta
C. Angiospermae
D. Gymnospermae
E. Spermatophyta
5. Banyak paku yang tergolong paku benar dan digunakan sebagai bahan obat cacing yaitu rizoma dari..
A. Selaginella
B. Alsophila glauca
C. Dryopteris felix-mas
D. Lycopodium cernuum
E. Lycopodium clavatum
6. Tanaman paku yang bersimbiosis dengan ganggang biru Anabaena untuk mengikat N2 bebas, sehingga ekositem perairan menjadi subur adalah…
A. Azolla pinnata
B. Salvinia natans
C. Marsilea crenata
D. Limnocharis flava
E. Ptyrograma calomelanos
7. Spermatophyta dibedakan menjadi dua sub divisi yaitu gymnospermae dan Angiospermae. Pernyataan yang menunjukkan ciri khas Angiospermae yaitu ….
A. bakal bijinya diselubungi bakal buah
B. biji tumbuh pada permukaan megasporofit.
C. sporofit tersusun dalam strobilus yang berumah dua.
D. akanya berupa akar tunggang dan batangnya bercabang.
E. mikrosporangium dan Makrosporangium terpisah satu dengan yang lain
8. Hasil pengamatn ciri-ciri suatu tumbuhan menunjukkan data sebagai berikut:
1) Batang berkayu
2) Tidak menunjukkan adanya bunga tetapi memiliki strobilus
3) Memiliki biji yang tidak dibungkus bakal buah
Berdasarkan informasi ciri tersebut , tumbuhan tersebut dapat dikelompokkan tumbuhan ....
A. dikotil
B. Graminae
C. Monokotil
D. Angiospermae
E. Gymnospermae
9. Perhatikan gambar tumbuhan berikut ini
Berdasarkan ciri ciri yang terlihat , tumbuhan pada gambar digolongkan kedalam kelompok....
A. Bryophyta
B. Pteridophyta
C. Monocotyledonae
D. Angiospermae
E. Gymnosperme
10. Padi, jagung. jahe. lengkuas, dan anggrek dijadikan ke dalam satu kelompok karena memiliki ....
A. akar serabut
B. batang bercabang
C. biji berkeping dua
D. tulang daun menyirip
E. kelipatan bunga 4 dan 5
11. Sekelompok siswa sedang melakukan determinasi sederhana pada beberapa jenis tumbuhan disekitar halaman sekolah:
1. Karet hias (Ficus elastica)
2. Bunga sepatu (Hibiscus rosasinensis)
3. Rumput gajah (Axonopus compressus)
4. Pohon mangga (Mangifera indika)
5. Pohon bambu kuning (Bambusa vulgaris)
6. Pohon palem botol (Mascarena lagenicaulis)
Berdasarkan ciri-ciri morfologi yang diamati dari tanaman diatas siswa dapat mengelompokkan beberapa tanaman ke dalam tanaman monokotil yaitu ....
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 3, 4 dan 5
D. 3, 4 dan 6
E. 3, 5 dan 6
12. Perhatikan gambar tumbuhan berikut :
Berdasarkan akar, batang, tulang daun dan mahkota bunganya, tumbuhan tersebut termasuk dalam satu kelompok, karena ….
A. Serabut, berkambium, sejajar, kelipatan 4
B. Tunggang, berkambium, menyirip, kelipatan 4
C. Serabut, tidak berkambium, menyirip, kelipatan 3
D. Serabut, tidak berkambium, sejajar atau melengkung, kelipatan 3
E. Tunggang, tidak berkambium, sejajar atau melengkung, kelipatan 3
13. Sebuah tanaman mempunyai ciri – ciri : batang keras, berkambium dan bercabang, daun bertulang menyirip, akar tunggang dan bunga dengan mahkota berjumlah 8. Tanaman tersebut termasuk kelompok ... .
A. Dikotil
B. Monokotil
C. Angiospermae
D. Gymnospermae
E. Spermatophyta
14. Berikut adalah gambar tumbuhan tomat, terung dan kentang.
Pernyataan yang benar kedudukan dalam tingkat takson ketiga tumbuhan diatas adalah. …
A. Genus sama, spesies berbeda, family berbeda
B. Genus sama, spesies berbeda, family sama
C. Genus berbeda, spesies berbeda
D. Genus berbeda, spesies sama
E. Genus sama, spesies sama
15. Perhatikan gambar daur hidup Aurelia sp!
Fase Efira dan planula ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1 dan 4
B. 1 dan 5
C. 2 dan 4
D. 2 dan 5
E. 2 dan 6
16. Salah satu hewan invertebrate mempunyai daya regenerasi yang besar sehingga apabila dipotong masih dapat tumbuh kembali menjadi individu yang lengkap. Hewan yang mempunyai kemampuan tersebut adalah ….
A. Obelia sp
B. Taenia sp
C. Acatina sp
D. Planaria sp
E. Lumbricus sp
17. Seorang siswa menemukan cacing di pantai dengan tanda – tanda:bulat,memanjang, bersegmen, dan pada setiap segmen dijumpai dua pasang duri (seta ) di bagian ventral tubuhnya. Cacing tersebut termasuk kelas….
A. Platyhelminthes
B. Annelida
C. Nematoda
D. Oligochaeta
E. polychaeta
18. Perhatikan gambar hewan invertebrata berikut!
Hewan – hewan yang terdapat pada gambar dikelompokkan pada satu kelompok yang sama karena mempunyai ciri yang sama. Dasar pengelompokkannya adalah ... .
A. permukaan tubuh berduri
B. jumlah alat gerak
C. tubuh berpori
D. tubuh beruas
E. tubuh lunak
19. Perhatikan gambar contoh Phyllum Mollusca berikut ini
Kedua hewan tersebut dikelompokkan kedalam kelas yang sama karena persamaan ciri ....
A. Tubuh lunak
B. Alat gerak bisa dijulurkan
C. Tubuh dilindungi Cangkok
D. Alat reproduksi hermafrodit
E. Respirasi menggunakan insang
20. Berikut ciri-ciri beberapa hewan Vertebrata:
1) Kulit tidak bersisik
2) Suhu tubuh tetap tidak berubah
3) Telur berkulit lunak tidak bercangkang
4) Saat dewasa memiliki diafragma
5) Jantung terdiri dari 2 atrium dan 1 ventrikel
Hewan yang tergolong kedalam kelas Amphibia memiliki ciri-ciri khas, yaitu....
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 5
D. 2, 4, 5
E. 3, 4, 5
21. Perhatikan gambar hewan vertebrata berikut ini
C. 1, 3, 5
D. 2, 4, 5
E. 3, 4, 5
21. Perhatikan gambar hewan vertebrata berikut ini
Hewan tersebut dikelompokkan kedalam kelas Amphibia karena...
A. Jantung mempunyai 3 ruang
B. Bernafas dengan insang dan paru-paru
C. Mempunyai 2 fase yang hidup di habitat berbeda
D. Reproduksinya secara ovipar dan fertilisasi internal
E. Suhu tubuh berubah-ubah sesuai dengan suhu lingkungan
22. Hewan-hewan dibawah ini yang semuanya termasuk dalam ordo squamata adalah…
A. cecak dan ular
B. kadal dan buaya
C. bunglon dan bulus
D. penyu dan kura-kura
E. bunglon dan kura-kura
23. Berikut ciri-ciri anggota hewan Vertebrata:
1. Kulit ditutupi bulu
2. Suhu tubuh menyesuaikan lingkungan
3. Ovipar dengan telur bercangkang
4. Gigi bertaring
5. Jantung terdiri dari 2 atrium dan 2 ventrikel
Hewan yang tergolong kedalam kelas Aves memiliki ciri-ciri khas, yaitu....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
24. Perhatikan gambar beberapa hewan vertebrata berikut ini
Hewan yang mempunyai ciri ovipar dan berdarah panas (Homoioterm) adalah ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
25. Perhatikan gambar hewan berikut ini !
Hewan tersebut dikelompokkan dalam kelas yang sama berdasarkan sifat ....
A. Berdarah panas dan kulit berbulu
B. Memiliki kelenjar susu dan kulit berambut
C. Memiliki tiga macam gigi dan berdarah panas
D. Jantungnya memiliki empat ruang dan kulit berbulu
E. Bernapas dengan paru-paru dan mempunyai kelenjar susu
26. Lipan, keluwing dan cacing tanah dalam ekosistem mempunyai peran untuk lingkungan sekitar yaitu, dapat berfungsi sebagai ...
A. Produsen
B. Detritivor
C. Konsumen 1
D. Konsumen 2
E. Dekomposer
27. Perhatikan skema jaring-jaring makanan berikut!
Pasangan organisme yang menduduki taraf trofi II adalah ....
A. Siput dan kepiting
B. Zooplankton dan remis
C. Zooplankton dan udang
D. Fitoplankton dan remis
E. Fitoplankton dan zooplankton
28. Perhatikan sebagian siklus O2 dan CO2 berikut
Berdasar skema daur O2 dan CO2 yang ditunjuk oleh X dan Y secara berurutan adalah ….
A. tanah dan anabolisme
B. detritifor dan fotosintesis
C. dekomposer dan fotosintesis
D. dekomposer dan katabolisme
E. sungai/gunung dan katabolisme
29. Pembakaran bahan bakar fosil untuk berbagai kepentingan ternyata dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan yang serius yaitu timbulnya polutan ….
A. CFCs yang menyebabkan efek rumah kaca
B. PO4 yang menyebabkan terjadinya hujan asam
C. gas CO yang menyebabkan kematian tumbuhan
D. gas CO2 yang menyebabkan pemanasan global
E. SOx dan NOx yang menyebabkan penipisan ozon
30. Meningkatnya volume kendaraan di kota besar mengakibatkan peningkatan polusi udara. Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi polusi tersebut adalah … .
A. melakukan penghijauan
B. membuat monorel di kota besar
C. menanam pohon disetiap ruas jalan
D. lebih sering mengadakan car free day
E. membuat undang – undang tentang polusi