--> Skip to main content

√ Soal PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester 2 K13 2020, Online

Siswa.adriyan.id | Di postingan kali ini admin akan memberikan Contoh Latihan Soal PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester 2 kurikulum 2013 terbaru tahun ajaran 2019/2020. Dengan jumlah keseluruhan soal PTS tersebut adalah 50 butir soal pilihan ganda.

Para guru bisa menggunakannya sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan naskah soal mendatang. Materi PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 semester 2 ini sudah kami sesuaikan dengan kurikulum seperti halnya judul di atas, k13 revisi.

Tapi lebih baik dicocokkan dulu sih.

√ Soal PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester 2 K13 2020, Online

Soal PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester 2

Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran wajib yang bakalan diujikan kepada seluruh siswa Kelas 8 pada ujian PTS ini. Kami memberikan soal dalam berjumlah 50 butir soal yang dilampirkan file PDF yang bisa kamu download secara gratis pada artikel ini. 

√ Soal PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester 2 K13 2020, Online. DOWNLOAD

Baiklah, langsung saja berikut ini adalah  √ Soal PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester 2 K13 2020, Online. Selamat mengerjakan...

1. Bacalah teks berikut!
I Prosesi tedak siten dimulai di pagi hari dengan serangkaian makanan tradisional untuk selamatan. Makanan tradisional tersebut berupa ‘jadah’/’tetel’ tujuh warna. Makanan ini terbuat dari beras ketan dicampur parutan kelapa muda dan ditumbuk hingga bercampur menjadi satu dan bisa diiris. Beras ketan tersebut diberi pewarna merah, putih, hitam, kuning, biru, jingga dan ungu. Jadah ini menjadi simbol kehidupan bagi anak, sedangkan warna-warni yang diaplikasikan menggambarkan jalan hidup yang harus dilalui si bayi kelak.

II Pelangi terjadi karena pembiasan cahaya. Cahaya matahari yang melewati sebuah tetes hujan akan dibiaskan melewatinya. Nah, proses pembiasan ini yang memisahkan cahaya putih menjadi warna spektrum. W arna spektrum adalah warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Atau yang sering kita tahu dengan singkatan mejikuhibiniu. Kemudian warna-warna itu memantul di belakang tetes hujan, yang akibatnya cahaya tampak melengkung menjadi pelangi.

III Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di pulau Jawa. Bengawan Solo melintasi banyak sekali kota dan daerah di Pulau Jawa. Sungai ini melintas dari ujung timur Pulau Jawa hingga hampir ke ujung barat Pulau Jawa. Hampir setiap daerah yang dilewati sungai ini mendapat berkah karena menjadi subur.

IV Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor penting untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM. Selain untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), kebersihan diperlukan untuk menjaga kesehatan para siswa. Siswa akan lebih senang belajar dalam suasana yang asri dan bersih.

Teks eksplanasi ditunjukkan teks nomor....
A. I 
B. II 
C. III 
D. IV

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 2 dan 3!
(1) Gerhana bulan total terjadi saat matahari, bumi, dan bulan hampir berada dalam satu garis lurus. (2) Saat itu permukaan bulan tidak terkena cahaya matahari karena terhalang bumi. (3) Gerhana bulan selalu terjadi pada saat bulan dalam keadaan purnama. (4) Meski begitu tidak setiap purnama melahirkan gerhana. (5) Ini karena bidang orbit bulan membentuk sudut 5 derajat terhadap ekliptika (bidang orbit bumi mengelilingi matahari).

2. Kalimat utama teks tersebut terletak pada nomor....
A. (1)
B. (2) 
C. (3) 
D. (5)
3. Gagasan pokok teks tersebut adalah....
A. Proses terjadinya gerhana bulan total. 
B. Penyebab terjadinya gerhana total.
C. Waktu terjadinya gerhana bulan total. 
D. Akibat terjadinya gerhana bulan total. 

4. Perhatikan tabel ciri-ciri teks eksplanasi berikut!
I Teks berisi paparan petunjuk melakukan sesuatu, memuat informasi berdasar fakta, informasi bersigat keilmuan, terdapat hubungan sebab akibat
II Teks berisi paparan petunjuk melakukan sesuatu, fokus pembicaraan bukan manusia, informasi bersigat keilmuan, berkaitan dengan teks lain
III Teks berisi penjelasan tentang proses terjadinya sesuatu, memuat informasi berdasar fakta, informasi bersigat keilmuan, bertujuan meyakinkan orang
IV Teks berisi penjelasan tentang proses terjadinya sesuatu, memuat informasi berdasar fakta, informasi bersifat keilmuan, terdapat hubungan sebab akibat

Ciri-ciri teks eksplanasi ditunjukkan pernyataan nomor....
A. I 
B. II 
C. III 
D. IV

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 5 dan 6!

Longsor adalah sebuah peristiwa dimana terjadinya gerakan tanah atau biasa disebut peristiwa geologi yang terjadi karena adanya pergerakan masa batuan / tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.

Tanah longsor atau amblas secara garis besar bisa terjadi karena dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong merupakan faktor yang mempengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor penyebab bergeraknya material tersebut.

5. Pola pengembangan teks tersebut adalah...
A. Kronologis
B. Definisi
C. Kausalitas
D. Ilustrasi
6. Ringkasan yang tepat teks tersebut adalah....
A. Faktor pendorong dan faktor pemicu adalah dua hal yang menjadi penyebab terjadinya longsor.
B. Longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor yang memengaruhi kondisi material dan faktor penyebab bergeraknya material tersebut.
C. Longsor adalah sebuah peristiwa dimana terjadinya gerakan tanah atau biasa disebut geologi yang terjadi karena adanya pergerakan masa batuan / tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah yang disebabkan oleh dua faktor.
D. Tanah longsor atau amblas secara garis besar bisa terjadi karena dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong merupakan faktor yang mempengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor penyebab bergeraknya material tersebut.

7. Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut!
Teks I
Peristiwa meluapnya air atau disebut banjir kemudian masuk ke kawasan pemukiman sehingga dapat menimbulkan kerugian besar bagi manusia. Banyak barang yang hanyut atau terendam banjir. sarana publik porak poranda bahkan tidak sedikit nyawa yg melayang sia sia.

Teks II
Pada tahun 1977, Pemerintah Indonesia telah menunjuk tanah seluas 56 km2 di Sangiran sebagai Daerah Cagar Budaya. Kemudian, dibangun sebuah situs museum dan konservasi laboratorium lokal sederhana pada tahun 1988. Lalu, pada tanggal 15 Desember 2011, museum diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Perbedaan pola pengembangan kutipan  dua teks tersebut adalah ...

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 8 dan 9!
(1) Salju berawal dari uap air yang berkumpul di atmosfer bumi. (2) Uap air mendingin sampai pada titik kondensasi, kemudian menggumpal membentuk awan. (3) Pada saat menggumpal membentuk awan, massanya jauh lebih kecil daripada massa udara. (4) Kumpulan uap terus bertambah, massanya juga bertambah sehingga pada suatu ketika udara tidak sanggup lagi menahannya.

8. Teks tersebut merupakan struktur teks eksplanasi bagian....
A. Identifikasi fenomena
B. Proses kejadian
C. Ulasan
D. Simpulan

9. Konjungsi kronologis pada teks tersebut terletak pada kalimat nomor....
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 10 dan 11!
(1) Pengangguran dapat menimbulkan berbagai persoalan ekonomi dan sosial bagi yang mengalaminya. (2) Penganggur tersebut tidak mendapat penghasilan sehingga tidak dapat membelanjakan uang untuk membeli barang kebutuhan hidup. (3) Bila jumlah pengangguran banyak, akan timbul kekacauan sosial, jumlah gelandangan meningkat pesat, dan berpotensi menimbulkan kriminal. (4) Pengangguran adalah masalah besar yang harus dicarikan solusi.

10. Teks tersebut merupakan struktur teks eksplanasi bagian....
A. Identifikasi fenomena
B. Proses kejadian
C. Ulasan
D. Simpulan

11. Konjungsi kausalitas pada teks tersebut terletak pada kalimat nomor....
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4)

Bacalah teks berikut 12 dan 13!
Penindasan atau bullying adalah tindakan kesewenang-wenangan antara pihak yang lebih kuat kepada pihak yang lemah. Tindakan tersebut bisa berupa kekerasan, ancaman, atau paksaan yang bersifat mengintimidasi. Umumnya motif perilaku penindasan ini karena sikap agresifitas. Namun bisa juga karena perasaan rendah diri. Tindakan penindasan bisa terjadi [...] kurang terbukanya seseorang terhadap masalah yang sedang dihadapi [...] melampiaskannya dengan cara yang salah.

12. Konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada teks tersebut adalah....
A .karena, sehingga
B. tetapi, sehingga
C. karena, tetapi
D. bahkan, tetapi

13. Pola pengembangan teks tersebut adalah....
A. Definisi
B. Ilustrasi
C. Kronologis
D. kausalitas

14. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
(1) Untuk itu, kita sebagai makhluk sosial yang menginginkan kesejahteraan, marilah bersama- sama untuk menjaga lingkungan.
(2) Selain itu sampah juga dapat mendatangkan bencana seperti banjir dan tanah longsor.
(3) Banyak sekali dampak yang dapat dirasakan jika kita selalu membuang sampah sembarangan.
(4) Sampah merupakan barang atau benda yang sudah tidak digunakan lagi, yang keberadaannya sangat mengganggu kesehatan masyarakat di sekitar.
(5) Sampah mulanya terlihat biasa berserakan di sekitar kita, namun sampah tersebut memeberikan dampak yang besar. Seperti sarang penyakit, banjir, dan tanah longsor.
(6) Sampah yang dibiarkan menumpukakan mendatangkan bau yang tidak sedap sehingga akan mencemari udara yang nantinya akan mendatangkan penyakit seperti muntaber dan DBD. 

Agar menjadi teks eksplanasi susunan kalimat yang tepat adalah.... 
A. (4)-(2)-(3)-(1)-(5)-(6)
B. (4)-(5)-(6)-(2)-(3)-(1) 
C. (5)-(4)-(6)-(2)-(3)-(1)
D. (5)-(4)-(2)-(3)-(1)-(6)

15. Perhatikan proses terjadinya pelangi berikut ini!
(1) Pelangi adalah fenomena optik yang terjadi ketika sinar matahari dan hujan saling bereaksi dengan cara tertentu.
(2) Pelangi terjadi karena pembiasan cahaya. 
(3) ...
(4) Proses pembiasan ini yang memisahkan cahaya putih menjadi warna spektrum.
(5) W arna spektrum adalah warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu atau yang sering kita tahu dengan singkatan mejikuhibiniu.
(6) Kemudian warna-warna itu memantul di belakang tetes hujan, yang akibatnya cahaya tampak melengkung menjadi pelangi.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian teks yang dirumpangkan adalah....
A. Cahaya matahari yang melewati sebuah tetes hujan akan dibiaskan melewatinya. 
B. Namun pengelihatan kita terbatas untuk membedakan semuanya.
C. Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar tetapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat.
D. Bentuk pelangi sebenarnya benar-benar lingkaran.

Perhatikan teks berikut untuk soal nomor 16 dan 17!
(1) Angin puting beliung terjadi karena bentrokan antara udara panas dan dingin. (2) Selain itu adanya arus udara yang naik ke atas secara kuat di dalam awan. (3) Biasanya angin puting beliung terjadi ketika musim pancaroba. (4) Angin puting beliung dapat mengakibatkan kerusakan karena dapat merobohkan dan membawa apa saja yang dilewatinya. (5) Ditambah lagi angin puting beliung sering terjadi bersamaan dengan petir dan hujan deras. (6) Dalam setahun ada banyak kerugian jiwa dan benda karena angin puting beliung.

16.Kutipan teks tersebut adalah struktur teks eksplanasi bagian....
A. Simpulan
B. Ulasan
C. Proses kejadian
D. Identifikasi fenomena

17. Kata teknis pada teks tersebut terletak pada kalimat nomor....
A. (1) 
B. (2) 
C. (4) 
D. (5)

18. Bacalah teks berikut!
I Buah kersen merupakan buah yang memiliki nama ilmiah Muntingia calabura. Buah ini berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau saat baru tumbuh. Menjelang matang, warna buah ini akan menguning dan perlahan-lahan menjadi merah ketika matang. Diameter buahnya berkisar 1-1,5 cm. Tekstur buah ini sangat lembut dan mirip seperti biji-bijian yang bentuknya sangat kecil, serta mempunyai rasa yang manis.
II Kamarku mempunyai ukuran 2,5 m² x 3,5 m² dengan warna hijau tosca sebagai warna latarnya. Kamar ini dijejali oleh beberapa perabot kamar, seperti kasur, meja belajar, dan lemari baju. Benda-benda lain pun turut menjejali ruang tempat aku tider tersebut, seperti gitar, tempat cucian baju,komputer, serta rak berisi buku dan CD.
III Novel ini disajikan dengan bahasa yang apik. Sehingga novel ini bisa menyihir para pembacanya. Sehingga pembaca dapat ikut merasakan semangat, keputusasaan, kebahagiaan dan juga kesedihan.Selain itu, novel ini juga mempunyai problem percintaan dan masalah keluarga. Dengan membaca novel ini, Anda akan mengetahui bahwa seorang yang bernama Agnes Devonar mengajarkan kepada kita semua dalam menjalani kehidupan itu butuh yang namanya perjuangan .
IV Pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai mengalami bias atau anomali. Hal ini dikatakan oleh Salamuddin Daeng, pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice. Ia berpendapat, pertumbuhan ekonomi ini tidak diikuti dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Teks ulasan ditunjukkan teks nomor.... 
A. I
B. II 
C. III
D. Iv

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 19 dan 20!
Akting Acha dan Abimana kembali menyakinkan dengan alur yang berbeda dari prekuelnya, 99 Cahaya di Langit Eropa. Jika sebelumnya mereka menjadi pasangan yang kompak dan saling membantu, kali ini perselisihan demi perselisihan membuat mereka terbelah. Tapi konflik utama film ini bukanlah cinta Rangga dan Hanum.

Cerita 9/11 melibatkan banyak orang yang menjadi korban, keluarga korban, dan simpati dari masyarakat di Amerika. Kisah film ini merangkum kemarahan pada Islam dengan berbagai sudut pandang. Sebagai negara yang berpenduduk muslim terbanyak di dunia, Maxima Pictures secara cerdas menyentil perasaan muslim di Amerika yang mungkin akan menjadi emosional

19. Dilihat dari jenisnya teks tersebut termasuk ulasan.... 
A. Film
B. Novel
C. Cerpen
D. Cerita

20. Teks tersebut struktur teks ulasan bagian.... 
A. Orientasi
B. Sinopsis
C. Analisis 
D. Evaluasi

21. Bacalah teks berikut!
Buku Menyulam Ragam Merajut Harmoni: Kisah-kisah tentang Toleransi untuk Siswa dan Pendidik memang sepintas menggunakan pilihan kata dan bahasa yang tinggi. Namun, ketika mulai membaca kata demi kata, kalimat demi kalimat, dan seterusnya, pembaca merasakan keterkaitan emosi karena kisah-kisah nyata dalam buku yang ditulis oleh anak-anak usia 12-16 tahun. Bahasa mereka dekat dengan bahasa siswa SD dan SMP sehingga kesan sepintas di awal tak ditemukan. Mereka mampu mengungkapkan hal penting yakni mengapa dan bagaimana toleransi perlu dilakukan dengan gaya bahasa yang khas sesuai dengan usianya.

Hal yang diulas dalam teks ulasan tersebut adalah …
A .Ungkapan pengalaman nyata anak-anak usia 12-16 tahun dalam bertoleransi.
B. Bahasa yang digunakan penulis untuk mengungkapkan kisah-kisah nyata bertoleransi.
C. Kisah-kisah menarik anak-anak tentang hidup bertoleransi dan berbagai tantangannya.
D. Keterkaitan emosi tentang toleransi yang terjalin antara penulis anak-anak dengan pembaca.

Baca teks berikut untuk soal nomor 22 dan 23!
(1 )Film “Perahu Kertas” memiliki pesan yang mendalam tentang takdir kehidupan manusia dan buah perjuangan dari usaha serta kerja keras. (2 )Alurnya yang apik dan baru ini juga cocok untuk menyebutkan “Perahu Kertas” sebagai film remaja yang berkualitas dan tidak cengeng. (3) Film ini memberi pelajaran kepada kita bahwa setiap manusia memiliki takdir hidupnya masing- masing dan usaha keraslah yang mengantar takdir itu ke tangan kita. (4)Oleh karena itu, film ini cocok untuk dijadikan pilihan tayangan bagi anak muda ataupun keluarga.

22. Kelebihan karya pada teks ulasan tersebut ditunjukkan pada kalimat nomor ….
A. (1) dan (2) 
B. (2) dan (3) 
C. (3) dan (4) 
D. (1) dan (4)

23. Konjungsi penerang pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor....
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4)

Bacalah teks ulasan berikut untuk soal nomor 24 dan 25!
(1) Salah satu hal menarik dari novel yang sangat tebal ini adalah sarat dengan cerita kebudayaan masyarakat Belitong yang terdiri dari berbagai etnis dan suku. (2) Memang, pembaca agak kecewa sebab tokoh Maryamah Karpov yang menjadi judul besar dalam novel ini tidak banyak diceritakan. (3) Andrea tidak menceritakan siapa tokoh Maryamah Karpov itu dan apa yang menarik darinya. (4) Atau mungkin inilah cara penulis untuk membuat pembacanya penasaran sehingga akan selalu menanti karya berikutnya.

24. Kekurangan buku yang diulas dalam teks tersebut adalah…
A. Novel tersebut sangat tebal tetapi sarat dengan cerita kebudayaan masyarakat Belitong.
B. Andrea Hirata, penulis novel, sengaja menceritakan tokoh Maryamah Karpov secara tersirat. 
C. Pemilihan judul kurang sesuai dengan isi novel karena bukan merupakan tokoh utamanya.
D. Penulis novel membuat pembacanya penasaran agar selalu membaca novel lanjutannya.

25. Konjungsi kausalitas pada teks tersebut ditunjukkan kalimat nomor....
A. (1) 
B. (2)
C. (3) 
D. (4)

26. Bacalah teks ulasan berikut!
Novel Rindu karya Tere Liye ini bercerita tentang perjalanan panjang sebuah kerinduan. Ceritanya berlatar waktu pada masa pemerintahan Hindia Belanda yang memberikan layanan perjalanan haji untuk rakyat pribumi yang memiliki cukup uang. Perjalanan dilakukan lewat laut, yaitu kapal uap besar yang merupakan perkembangan teknologi tercanggih pada waktu itu. Salah satu kapal yang beroperasi adalah Blitar Holland.
[…]
Memang jika dilihat fisiknya, sampul novel ini kurang menarik karena berwarna putih dengan coretan kurang cerah. Meskipun demikian, jangan Anda lewatkan membacanya.

Paragraf berisi keunggulan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah … .
A. Tere Liye memaparkan cerita dengan nuansa latar yang unik, yakni di dalam sebuah kapal. Alurnya pun menarik, tetapi beberapa peristiwa dalam novel ini terkesan kurang alami.
B. Semua kisahnya terurai dengan kalimat-kalimat panjang sehingga ada kalanya membosankan. Namun demikian, Tere Liye tetap mampu membius pembaca dengan menampilkan latar yang unik.
C. Alur cerita yang ditampilkan Tere Liye cukup menarik. Isi cerita sangat bagus, namun pemilihan latar waktu kurang sesuai untuk konsumsi anak-anak dan remaja sehingga mereka agak kesulitan memahaminya.
D. Di kapal besar ini, segala kisahnya dimulai. Tere Liye meracik cerita dengan begitu menarik dengan nuansa latar yang unik. Alur ceritanya pun mengalir sehingga pembaca tak akan merasa lelah membaca novel ini.

Baca teks berikut untuk soal nomor 27 dan 28!
(1) Cerpen berjudul Gerhana ini sungguh tidak terduga isi ceritanya. (2) Cerpen ini sama sekali tidak menceritakan gerhana sama sekali. (3) Yang diceritakan malah kisah Sali yang mencari penebang pohon pepayanya. (4) Ini membuktikan bahwa Muhammad Ali selaku penulis memang pandai dan piawai dalam menulis cerpen. (5) Simaklah salah satu kalimat yang terdapat dalam cerpen ini, “Sali mengerti Pak Lurah mulai meradang, kentara dari kedua matanya yang mulai memerah”. (6) Maksud dari kalimat ini adalah Pak Lurah yang mulai marah, tetapi dengan gayanya yang khas, Muhammad Ali memainkan kata-kata untuk memperindah cerpen yang ia tulis.

27. Kutipan teks tersebut merupakan struktur teks ulasan bagian....
A. Orientasi
B. Sinopsis 
C. Analisis 
D. Evaluasi

28. Kelebihan karya pada teks tersebut ditunjukkan oleh kalimat nomor....
A. (1) dan (2) 
B. (2) dan (3) 
C. (4) dan (5)
D. (4) dan (6)

Baca teks berikut untuk soal nomor 29, 30 dan 31!
(1) Kumpulan cerpen Gerhana mengisahkan kehidupan orang-orang kecil. (2) Padahal, dengan gaya beliau yang khas, Muhammad Ali mampu mengisahkan kehidupan masyarakat atas dengan kemasan menarik. (3) Tetapi penyelesaian yang disajikan di setiap cerpennya kurang memberikan kesan yang mendalam bagi pembaca. (4) Seharusnya, Muhammad Ali dapat mengemas akhir cerita dari setiap cerpennya dengan menarik.

29. Hal yang diulas dalam kutipan teks tersebut adalah....
A. Kelemahan karya
B. Kelebihan karya
C. Keunggulan karya
D. Kehebatan karya

30. Pernyataan yang berupa saran pada teks tersebut terdapat pada klaimat nomor....
A. (4) 
B. (3) 
C. (2) 
D. (1)

31. Pernyataan yang menyatakan kekurangan karya pada teks tersebut ditunjukkan kalimat nomor....
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 

Baca teks berikut untuk soal nomor 32 dan 33!
Musim yang Baik ciptaan Eross ini juga menjadi judul album. Lirik yang positif dipadu musik yang asik dengan tempo cepat, seolah sangat tepat menggambarkan musim yang baik. Lagu ini seolah menumbuhkan fantasi atas sebuah rumah sederhana yang memiliki kebun luas. Kebun yang ditanam berbagai rupa sayur dan buah-buahan. Musik up-beat pada bagian reff lagu ini seolah menjadi latar musik seorang petani yang membuka pintu rumahnya dan melihat apa yang ditanamnya sudah bisa dipanen. Duta sempat menjabarkan bahwa "Musim yang Baik" bermakna pada usaha keras kita yang terkadang tidak berbuah tepat pada waktu yang kita inginkan. Tetapi, semua akan indah pada waktunya, pada "musim yang baik".

32. Teks tersebut termasuk ulasan....
A. Novel
B. Musik
C. Film
D. Cerpen

33. Keunggulan karya pada teks tersebut ditunjukkan dengan kalimat....
A. Musim yang Baik ciptaan Eross ini juga menjadi judul album.
B. Lirik yang positif dipadu musik yang asik dengan tempo cepat, seolah sangat tepat menggambarkan musim yang baik.
C. Duta sempat menjabarkan bahwa "Musim yang Baik" bermakna pada usaha keras kita yang terkadang tidak berbuah tepat pada waktu yang kita inginkan.
D. Semua akan indah pada waktunya, pada "musim yang baik".

34. Perhatikan teks berikut!
I Sampah termasuk di antara fenomena yang sering kita jumpai di sekitar lingkungan. Awal mulanya sampah-sampah biasa berserakan di sekeliling kita akan tetapi sampah itu menimbulkan dampak yang dapat dirasakan. Misalnya banjir, tanah longsor, dan sumber penyakit.Sampah yang terus diabaikan dan menumpuk bisa menimbulkan yang tidak enak sehingga udara di sekitarnya akan tercemar dan menimbulkan berbagai jenis penyakit kronis seperti DBD dan muntaber.

II Berolahraga sangatlah penting untuk kesehatan kita. Namun, olahraga yang dilakukan jangan sampai melampaui batas kemampuan diri kita. Sebab, olahraga yang kita lakukan justru akan menimbulkan malapetaka bagi tubuh kita. Oleh karena itu, janganlah berolahraga terlalu keras. Melainkan, kita mesti berolahraga secara rutin sesuai dengan kemampuan tubuh kita. Misalnya, jika kita kuat berolahraga selama dua kali seminggu, maka berolahragalah dengan durasi waktu tersebut. Dengan begitu, fungsi olahraga sebagai penyebab sehatnya tubuh pun akan lebih terasa.

III Permasalahan narkoba menjadi permasalahan yang sangat serius dan membutuhkan penanganan khusus. Narkoba mengancam masa depan remaja sebagai generasi penerus bangsa. Narkoba menimbulkan banyak bahaya baik fisik maupun psikis. Jika tidak dilakukan tindakan serius maka bangsa Indonesia akan merugi karena kehilangan generasi penerus. Tercatat setidaknya 15 ribu remaja meninggal karena narkoba.

IV Pendidikan di Indonesia dewasa ini masih tertinggal cukup jauh dengan pendidikan yang berada di negara-negara lain yang ada di dunia. Bahkan Indonesia sendiri masih kalah dengan negara jiran kita, yakni Malaysia dan Singapura dalam bidang pendidikan.Hal ini dapat disaksikan dari banyaknya penduduk mereka yang memperoleh pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Sedangkan di Indonesia, jumlah penduduk yang mendapatkan pendidikan saja masih jauh tertinggal dengan negara lain, apalagi di daerah-daerah tertinggal seperti NTB, NTT, Papua dan masih banyak lagi daerah lainnya.

Teks persuasi ditunjukkan teks nomor.... 
A. I
B. II 
C. III 
D. IV

35. Perhatikan tabel ciri-ciri teks persuasi berikut!
I Bertujuan mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu, memiliki data berupa fakta/pendapat, mengandung kata-kata ajakan.
II Bertujuan mengajak pembaca untuk tidak melakukan sesuatu, memiliki data berupa fakta/pendapat, beriisi kalimat larangan

III Bertujuan menilai sesuatu, memiliki data berupa fakta/pendapat, mengandung kelebihan atau kekurangan seseorang

IV Bertujuan mengajak pembaca untuk membelii sesuatu, memiliki data berupa kelebihan dan kekurangan sesuatu, mengandung kata-kata ajakan

Ciri-ciri teks persuasi ditunjukkan pernyataan nomor....
A. I 
B. II 
C. III 
D. IV

36. Bacalah langkah-langkah penyimpulan teks persuasi berikut!
1 Memahami hubungan logis antarbagian penting teks.
2 Merumuskan simpulan isi teks secara ringkas dan jelas.
3 Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks.
4 Membaca keseluruhan isi teks tersebut.

Urutan langkah-langkah menyimpulkan teks persuasi yang tepat adalah ...
A. (1), (2), (3), (4)
B. (2), (3), (4), (1)
C. (3), (4), (1), (2)
D. (4), (3), (1), (2

37. Baca teks berikut!
Menurut para ahli kesehatan, hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur dan sering terlambat makan. Mereka pun kurang mengkonsumsi sayur dan buah; juga kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang.

Kesimpulan teks tersebut adalah....
A. Mengkonsumsi sayur dan buah sangat baik untuk kesehatan pencernaan.
B. Pola makan tidak teratur dan sering terlambat makan menyebakan orang mengalami gangguan pencernaan.
C. Agar tetap tetap sehat kita perlu memperhatikan gizi makanan.
D. Agar kita tidak mengalami gangguan pencernaan, kita harus makan dengan pola makan sehat dan seimbang.

Baca teks berikut untuk soal nomor 38 dan 39!
(1) Perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat tinggal bagi semua makhluk hidup di dunia ini. (2) Selain itu peran lingkungan sangatlah penting bagi kehidupan manusia karena keadaan lingkungan akan ikut mempengaruhi keadaan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. (3) Apabila kondisi suatu lingkungan baik, maka makhluk hidup di dalamnya pula akan menjadi baik, dan begitu pula sebaliknya. (4) Oleh karena itu, sebagai makhluk hidup yang tinggal di dalamnya, kita harus menjaga kebersihan lingkungan supaya lingkungan kita menjadi bersih sehingga kita bisa hidup nyaman dan aman di dalamnya. (5) Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk menjaga kelestaraian hutan kita.

38. Teks tersebut adalah struktur teks persuasi bagian....
A. Pengenalan isu
B. Rangkaian argumen
C. Ajakan-ajakan
D. Penegasan kembali

39. Kalimat yang berisi ajakan pada teks tersebut ditunjukkan oleh nomor....
A. (1) dan (2) 
B. (3) dan (4)
C. (1) dan (4) 
D. (4) dan (5)

Baca teks berikut untuk soal nomor 40 , 41, dan 42!
(1)Tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. (2) Tanggal tersebut adalah hari bangsa Indonesia secara resmi menyatakan bebas dari kolonialisme dan penjajahan. (3) Jika dulu para pendahulu kita berjuang melalui diplomasi dan angkat senjata melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan bangsa, lalu apakah kita hanya akan menjadi penikmat kemerdekaan saja. (4) Atau apakah kita hanya akan menjadi penonton bagi setiap warga negara yang berjuang demi bangsanya. (5) Sebagai warga negara yang peduli akan bangsanya sudah seharusya kita mengisi kemerdekaan dengan perjuangan. (6) Perjuangan dengan andil yang bisa kita lakukan dalam hal apapun semampu kita dan sekuat tenaga untuk Indonesia yang lebih baik.

40. Kata hubung argumentatif pada teks tersebut terletak pada kalimat nomor....
A. (1) 
B. (2)
C. (3) 
D. (4)

41. Kata teknis pada teks tersebut terletak pada kalimat nomor....
A. (1) 
B. (2) 
C. (3)
D. (1)

42. Kalimat yang berisi fakta pada teks tersebut ditunjukkan oleh nomor....
A. (1) dan (2) 
B. (1) dan (3) 
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)

43. Baca teks!
Sejatinya narkoba merupakan obat-obatan yang digunakan oleh dunia kedokteran untuk kepentingan khusus seperti operasi. Obat tersebut digunakan sebagai penghilang rasa sakit ketika kegiatan operasi dilakukan. Namun yang terjadi dewasa ini adalah penggunaan narkoba yang disalahgunakan dalam artian mengonsumsi barang tersebut. Tentu hal ini tidak dibenarkan karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan jiwa.

Kutipan teks tersebut adalah struktur teks persuasi bagian.... 
A. Pengenalan isu
B. Rangkaian argumen
C. Ajakan-ajakan
D. Penegasan kembali

44. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Kita pasti membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukan semua urusan kita di dunia ini. 
(2) Oleh karena itu, marilah kita tanamkan jiwa saling tolong menolong antar sesama agar semua pekerjaan menjadi lebih mudah.
(3) Meskipun ada beberapa pekerjaan yang bisa kita lakukan sendiri, tetapi pekerjaan itu akan terasa berat dan hasilnya kurang memuaskan.
(4) Manusia adalah makhluk sosial yang berarti tidak bisa hidup sendiri.
(5) Namun, jika kita saling membantu, maka pekerjaan itu akan terasa sangat mudah dengan hasil yang memuaskan.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi teks persuasi yang tepat apabila disusun dengan urutan....
A. (4) – (1) – (3) – (5) – (2) 
B. (4) – (1) – (5) – (3) – (2)
C. (4) – (3) – (1) – (5) – (2) 
D. (4) – (3) – (1) – (2) – (5)

45. Perhatikan teks berikut!
Narkoba dan minuman – minuman keras adalah dua hal yang sangat berbahaya di muka bumi ini. Mereka bisa membuat masa depan kita semua hancur. Narkoba dan minuman keras akan menjerat kita dengan menawarkan kesenangan sementara. Tetapi, jangan tertipu olehnya karena itu semua adalah tipu daya yang sangat berbahaya. Mereka sebenarnya membuat kita kecanduan bahkan sakau. Apabila kita telah menjadi ketergantungan dengan kedua jenis barang ini, maka jangan harap untuk keluar darinya. Akibatnya, masa depan akan menjadi hancur bahkan akan merenggut nyawa kita. [ ... ]

Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi bagian yang dirumpangkan pada paragrat tersebut adalah....
A. Jadi, sudah selayaknya mereka menjauhi kedua benda tersebut, agar masa depan lebih cerah.
B. Oleh karena itu, jauhilah kedua benda ini dan jangan sekali – kali menyentuh apalagi memakainya.
C. Sehingga kita harus menjauhi kedua benda ini dan jangan sekali – kali menyentuh apalagi memakainya.
D. Karenanya jangan sekali-kali menyentuh kedua benda ini apalagi memakainya.

Baca teks berikut untuk soal nomor 46 dan 47!
Manusia adalah makhluk sosial yang berarti tidak bisa hidup sendiri. Kita pasti membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukan semua urusan kita di dunia ini, dimulai dari ketika kita lahir hingga kita menemui ajal kita. Selain itu, pekerjaan yang dilakukan bersama – sama akan terlihat mudah. Seperti kata pepatah, “berat sama dipikul, ringan sama di jinjing.” Meskipun ada beberapa pekerjaan yang bisa kita lakukan sendiri, tetapi pekerjaan itu akan terasa berat dan hasilnya kurang memuaskan. Namun, jika kita saling membantu, maka pekerjaan itu akan terasa sangat mudah dengan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, marilah kita tanamkan jiwa saling tolong menolong antar sesama agar semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

46. Kalimat simpulan teks tersebut adalah....
A. Oleh karena itu, marilah kita tanamkan jiwa saling tolong menolong antar sesama agar semua pekerjaan menjadi lebih mudah.
B. Manusia adalah makhluk sosial yang pasti membutuhkan bantuan orang lain.
C. Pekerjaan yang berat pasti akan menjadi ringan apabila dikerjaan bersama-sama. 
D. Pekerjaan akan terasa berat apabila dikerjaan dialkukan sendiri.

Baca teks berikut untuk soal nomor 47 dan 48!
(1) Menurut Nursisto masalah kedisiplinan siswa menjadi sangat berarti bagi kemajuan sekolah. (2) Di sekolah yang tertib akan selalu menciptakan proses pembelajaran yang baik. (3) Sebaliknya, pada sekolah yang tidak tertib kondisinya akan jauh berbeda. (4) Pelanggaran- pelanggaran yang terjadi sudah dianggap barang biasa dan untuk memperbaiki keadaan yang demikian tidaklah mudah. (5) Hal ini diperlukan kerja keras dari berbagai pihak untuk mengubahnya, sehingga berbagai jenis pelanggaran terhadap disiplin dan tat a tertib sekolah tersebut perlu dicegah dan ditangkal.

47. Kata perujukan pada teks tersebut terletak pada kalimat nomor....
A. (5) 
B. (4) 
C. (3) 
D. (1)

48. Kata kerja mental pada teks tersebut terletak pada kalimat nomor....
A. (2) 
B. (3)
C. (4) 
D. (5)

49. Baca dengan cermat teks berikut!
Terlambat datang ke sekolah atau harus buru-buru berangkat ke kantor adalah beberapa alasan yang menyebabkan orang-orang sering melewatkan sarapan di waktu pagi. Padahal hal itu justru sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jika tubuh tidak diberi asupan makanan di waktu pagi, maka tubuh akan kekurangan tenaga untuk beraktivitas sehari-hari. Jika hal itu dibiarkan terus, bukan tak mungkin tubuh bakal mudah lelah saat beraktivitas di pagi hari, dan pekerjaan pun tidak akan bisa dikerjakan secara maksimal. Oleh karenanya, sarapan pagi sangatlah wajib hukumnya. Adapun asupan makanan yang mesti disantap saat sarapan adalah makanan-makanan yang sehat dan bergizi, seperti nasi, sayur, dan buah. Porsi makanan saat sarapan pun juga tak harus banyak, yang penting bisa mengenyangkan perut dan menambah tenaga di dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh pun akan menjadi sehat dan kuat.

Informasi yang dapat kita ambil dari teks persuasi tersebut adalah ... 
A. terlambat datang ke sekolah
B. pentingnya sarapan pagi hari 
C. sarapan pagi wajib hukumnya 
D. sarapan pagi harus bergizi

50. Perhatikan teks berikut!
Masalah lingkungan bukan hanya menjadi masalah pemerintah saja,tetapi semua orang wajib menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Banyak akibat buruk yang ditimbulkan oleh kerusakan lingkungan, seperti tanah longsor, kabut asap, dan lain sebagainya. [...]

Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah....
A. Dengan demikian peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga kelestarian lingkungan.
B. Oleh karena itu, jagalah kelestarian alam dan lingkungan yang ada di sekitar kita.
C. Dengan demikian dibutuhkan kerjas keras pemerintah dan masyarakat untuk menjagalingkungan agar tetap lestari.
D. Marilah kita menanam pohon di lingkungan sekitar kita agar tidak terjadi tanah longsor.

Demikian artikel tentang √ Soal PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester 2 K13 2020, Online. Semoga bermanfaat...
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar