√ Soal PTS PPKn SMP Kelas 8 Semester 2 K13 2021, Online
Siswa.adriyan.id | Di postingan kali ini admin akan membagikan Soal PTS PPKn SMP Kelas 8 Semester 2 kurikulum 2013 terbaru tahun ajaran 2020/2021.
Bapak/Ibu guru bisa menggunakannya sebagai referensi dalam pembuatan naskah asli soal PTS mendatang. Materi PTS PPKn SMP Kelas 8 semester 2 ini sudah kami sesuaikan dengan kurikulum seperti halnya judul di atas, k13 revisi.
Bapak/Ibu guru bisa menggunakannya sebagai referensi dalam pembuatan naskah asli soal PTS mendatang. Materi PTS PPKn SMP Kelas 8 semester 2 ini sudah kami sesuaikan dengan kurikulum seperti halnya judul di atas, k13 revisi.
√ Soal PTS PPKn SMP Kelas 8 Semester 2 K13 2021, Online
PPKn adalah mata pelajaran wajib yang bakalan diujikan kepada seluruh siswa Kelas 8 pada ujian PTS ini. Kami memberikan soal dalam berjumlah 50 butir soal yang dilampirkan file PDF yang bisa kamu download secara gratis pada artikel ini.
√ Soal PTS PPKn SMP Kelas 8 Semester 2 K13 2021, Online. DOWNLOAD
Baiklah, langsung saja berikut ini adalah √ Soal PTS PPKn SMP Kelas 8 Semester 2 K13 2021, Online. Selamat mengerjakan...
1. Yang menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad ke-15 adalah…
a. mencari daerah baru untuk dikuasai
b. melakukan perdagagan dengan belahan dunia yang lain
c. rusaknya ekonomi Eropa akibat peperangan dan berkembangnya teknologi pelayaran
d.alasan rekreasi
2. Praktik tanam paksa yang dilangsungkan oleh pemerintah Belanda merupakan penindasan bagi penduduk pribumi karena tidak memperhatikan nilai...
A. kerja sama
B. sosial budaya
1. Yang menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad ke-15 adalah…
a. mencari daerah baru untuk dikuasai
b. melakukan perdagagan dengan belahan dunia yang lain
c. rusaknya ekonomi Eropa akibat peperangan dan berkembangnya teknologi pelayaran
d.alasan rekreasi
2. Praktik tanam paksa yang dilangsungkan oleh pemerintah Belanda merupakan penindasan bagi penduduk pribumi karena tidak memperhatikan nilai...
A. kerja sama
B. sosial budaya
C. kemanusiaan
D. gotong royong
3. Holland Inlandsche School adalah sekolah yang dibuat oleh Belanda di Indonesia setingkat dengan...
A. SD
3. Holland Inlandsche School adalah sekolah yang dibuat oleh Belanda di Indonesia setingkat dengan...
A. SD
B. SMP
C. SMA
D. Perguruan Tinggi
4. Berikut yang bukan merupakan tokoh organisasi Boedi Oetomo adalah...
A. Goenawan Mangoenkoesoemo
B. Abdurrahman Saleh
4. Berikut yang bukan merupakan tokoh organisasi Boedi Oetomo adalah...
A. Goenawan Mangoenkoesoemo
B. Abdurrahman Saleh
C. Muhammad Saleh
D. M. Suwanto
5. Algemene Middlebare School adalah sekolah yang dibuat oleh Belanda di Indonesia setingkat dengan...
A. SD
5. Algemene Middlebare School adalah sekolah yang dibuat oleh Belanda di Indonesia setingkat dengan...
A. SD
B. SMP
C. SMA
D. Perguruan Tinggi
D. Perguruan Tinggi
6. Penderitaan yang dialami bangsa Indonesia menyadarkan beberapa orang Belanda yang tinggal atau pernah tinggal di Indonesia yaitu…
A. Daendels dan Van Deventer
B. Douwes Dekker dan Van Deventer
C. Douwes Dekker dan Van Den Bosch
D. Daendels dan Van Den Bosch
7. Pemerintah kolonial Belanda memegang tanggung jawab moral bagi kesejahteraan pribumi. Hal ini sejalan dengan pemikiran dalam…
A. politik etis
B. politik pintu terbuka
C. pergerakan nasional
D. berdirinya sekolah pamong praja
8. Awal dimulainya penjajahan Belanda di Indonesia dimulai sejak didirikannya Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) pada tanggal
A. 20 Mei 1605
B. 27 Juli 1602
C. 20 Maret 1602
D. 14 Februari 1602
A. Daendels dan Van Deventer
B. Douwes Dekker dan Van Deventer
C. Douwes Dekker dan Van Den Bosch
D. Daendels dan Van Den Bosch
7. Pemerintah kolonial Belanda memegang tanggung jawab moral bagi kesejahteraan pribumi. Hal ini sejalan dengan pemikiran dalam…
A. politik etis
B. politik pintu terbuka
C. pergerakan nasional
D. berdirinya sekolah pamong praja
8. Awal dimulainya penjajahan Belanda di Indonesia dimulai sejak didirikannya Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) pada tanggal
A. 20 Mei 1605
B. 27 Juli 1602
C. 20 Maret 1602
D. 14 Februari 1602
9. Melalui tulisannya, Ki Hajar Dewantara mengkritik habis-habisan perlakuan pemerintahan Belanda terhadap bangsa Indonesia. Tulisan tersebut berjudul...
A. “Aku Seorang Belanda”
B. “Seandainya Aku Seorang Belanda”
C. “Semangat Nasionalisme Indonesia”
D. “Kesetaraan Orang Indo dan Pribumi”
10. Berikut yang bukan merupakan nilai-nilai yang dapat dipelajari dan ditiru dari perjuangan para pendiri bangsa Indonesia adalah...
A. patriotisme
B. radikalisme
C. nasionalisme
D. semangat persatuan
11. Berikut yang bukan merupakan program dari Politik Etis adalah …
A. Transmigrasi
B. Edukasi
C. Irigasi
D. Vaksinasi
12. Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Kalimat tersebut adalah semboyan yang diungkapkan oleh...
A. Ki Hajar Dewantara
B. H.O.S Cokroaminoto
C. Tjipto Mangoenkoesoemo
D. Dr. Wahidin Sudirohusodo
13. Seorang tokoh nasional pendiri Indische Partij yang dinilai sebagai pribadi yang jujur, berpikiran tajam, dan rajin ketika ia sekolah di STOVIA dan mendapat julukan murid yang berbakat adalah...
A. Danurdirja Setiabudi
B. H.O.S Cokroaminoto
C. Soewardi Soeyaningrat
D. Tjipto Mangoenkoesoemoe
14. Seorang warga Belanda yang menjadi salah satu tokoh pendiri organisasi Indische Partij adalah...
A. H. Samanhudi
B. Douwes Dekker
C. Soewardi Soeryaningrat
D. Tjipto Mangoenkoesoemo
15. Komitmen untuk bangsa dan tanah air Inodonesia diikrarkan pada sumpah pemuda pada tanggal...
A. 28 November 1982
B. 28 November 1928
C. 28 Oktober 1982
D. 28 Oktober 1928
16. Peryataan “Berikan 10 orang pemuda dan aku akan mampu memindahkan sebuah gunung dan berikan aku 100 orang pemuda maka aku akan dapat menggetrkan dunia” dikemukan oleh...
A. Moh. Hatta
B. Ir. Soekarno
C. Amir Syaifudin
D. R.M. Djoko Marsaid
17. Berikut bukan merupakan hal yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi Budi utomo adalah….
A. mengembangkan seni dan industri
B. menghidupi kembali dan melestarikan kebudayaan
C. meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pendidikan
D. mengembangkan pertanian, peternakan, dan perdagangan
18. Dalam peristiwa sumpah pemuda yang bersejarah diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia untuk yang pertama kalinya. Lagu tersebut diciptakan oleh...
A. Ibu Sud
B. W.S Rendra
C. W.R Soepratman
D. Mohammad Yamin
19. Sikap persatuan pemuda yang dikembangkan dalam sila ke 4 adalah...
A. bersatu
B. beragama
C. berkeadilan
D. bermusyawarah
20. Pengaruh Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah…
A. mempercepat proses kemerdekaan
B. membangkitkan kasadaran nasional
C. memperkuat tekad pada pemuda untuk bersatu
D. belanda mulai bersikap lunak kepada tokoh nasionalis
21. Pernyataan :
Perlindungan terhadap masyarakat dalam beraktivitas menuju kemakmuran.
Sarana dan prasarana yang mampu mendorong masyarakat untuk kreatif dan produktif.
Terciptanya undang-undang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Tiga hal tersebut di atas merupakan perwujudan dari nilai …
A. kesamaan derajat
B. demokrasi
C. produktivitas
D. keseimbangan
22. Makna Sumpah Pemuda bagi pelajar adalah…
A. kurang mencintai tanah air indonesia
B. menjadikan lebih malas dalam belajar
C. menyalakan api semangat dalam meraih prestasi
D. tidak menperdulikan masa depan indonesia
23. Cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan nilai-nilai Sumpah Pemuda yaitu…
A. menggunakan bahasa gaul
B. memakai produk luar negeri
C. mempelajari budaya asing secara mendalam
D. menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar
24. Tokoh-tokoh Kebangkitan Nasional muncul karena program Politik Etis atau Politik Balas Budi kecuali …
A. Dr. Soetomo
B. Wahidin Sudirohusodo
C. H.O.S Tjokroaminoto
D. Danudirja Setiabudi
25. Buku yang menjelaskan tentang pederitaan penduduk Pulau Jawa, khususnya daerah Banten yang diakibatkan oleh pelaksanaan sistem tanam paksa berjudul ….
A. Trias Politica
B. Max Havelar
C. Cultuurstelsel
D. Een Eereschuld
26. Kedaulatan berada di tangan rakyat, berarti setiap warga negara memiliki kebebasan yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pemerintahan sehingga dapat terwujud persatuan dan kesatuan Indonesia. Hal tersebut merupakan perwujudan dari nilai ….
A. kesamaan derajat
B. demokrasi
C. produktivitas
D. keseimbangan
27. Berikut yang bukan merupakan contoh nilai religius yang mestinya dimiliki oleh bangsa Indonesia ….
A. percaya dan takwa kepada tuhan yang maha esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing- masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
B. hormat dan menghormati serta bekerja sama antara pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup.
C. tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan kepada orang lain
D. berani membela kebenaran dan keadilan
28. Perasan senasib yang memicu persatuan saat masa kebangkitan nasional adalah perasaan senasib sebagai…
A. bangsa terjajah
B. pejuang bangsa
C. masyarakat terpinggrikan
D. masyarakat kelas bawah
29. Gubernur jenderal Daendels membangun jalan dari Panarukan hingga Anyer untuk membuka akses perdagangan dan transportasi. Pembangunan itu dilakukan dengan kerja paksa yang dikenal dengan istilah….
A. cultuur steelsel
B. romusha
C. rodi
D. etis
30. Salah satu cara paling efektif yang digunakan penjajah Belanda untuk memecah belah bangsa Indonesia adalah…
A. cultuur steelsel
B. devide et impera
C. suap dan janji palsu
D. menipu dan merampas
31. Setiap warga negara memiliki hak, kewajiban, dan kedudukan yang sama di depan hukum. Masyarakat menilai bahwa upaya penegakkan HAM yang paling menonjol adalah penegakan hak mengeluarkan pendapat, kebebasan beragama, perlindungan dan kepastian hukum, serta bebas dari perlakuan tidak manusiawi. Hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak, mendapatkan pendidikan dan pelayanan kesehatan, serta aman dari ancaman ketakutan. Hal tersebut merupakan perwujudan dari nilai ….
A. kesamaan derajat
B. demokrasi
C. produktivitas
D. keseimbangan
32. Ikrar bahwa para pemuda Indonesia mengakui bangsa, bahasa, dan tanah air yang satu diucapkan pada tanggal…
A. 25 Maret 1930
B. 26 Agustus 1945
C. 17 Agustus 1945
D. 28 Oktober 1928
33. Organisasi yang menjadi cikal bakal Jong Java didirikan oleh…
A. R. Satiman Wiryosanjoyo
B. Douwes Dekker
C. Raden Sutopo
D. Husein Saleh
34. Nama Trikoro Darmo merujuk pada…
A. tiga tugas mulia
B. tiga orang pendiri
C. tiga visi mulia organisasi
D. tiga tujuan bangsa Indonesia
35. Gedung Indonesische Clubgebouw menjadi saksi gesekan biola yang melantunkan lagu…
A. Dari Sabang sampai Merauke
B. Indonesia Menggugat
C. Indonesia Raya
D. Padamu Negeri
36. Salah satu nama diantara pemuda pejuang yang muncul dari organisasi Jong Sumateranen Bond adalah…
A. Sukarno
B. Moh. Hatta C. Sam Ratulangi
D. Wolter Monginsidi
37. Kongres Pemuda Pertama membulatkan tekad bersama bahwa cita-cita yang ingin diraih oleh seluruh pemuda Indonesia adalah…
A. Indonesia bangkit
B. Indonesia merdeka
C. Indonesia berdaulat
D. Indonesia berkemandirian
38. Kongres Pemuda II digagas dan dilaksanakan oleh slah satu organisasi pemduda, yaitu…
A. Jong Sumateranen Bond
B. Jong Java
C. PPPI
D. PI
39. Pada rapat pertama dalam Kongres Pemuda II Muhammad Yamin berpidato tentang arti dan hubungan persatuan dan pemuda. Menurut Muh. Yamin ada lima faktor yang dapat mewujudkan persatuan Indonesia. Di bawah ini termasuk faktor tersebut kecuali…
A. sejarah
B. bahasa
C. organisasi
D. hukum adat
40. Rapat terakhir Kongres Pemuda II dilaksanakan di Gedung Indonesische Clubgebouw. Pada kesempatan tersebut, Sunario memberikan pidato mengenai hal-hal yang dibutuhkan dalam perjuangan yaitu…
A. kemerdekaan
B. gerakan politik pemuda
C. pentingnya nasionalisme
D. gerakan kepanduan dan pergerakan nasional
41. Kongres Pemuda Pertama dilaksanakan pada tanggal…
A. 29 April - 2 Mei 1926
B. 30 April - 2 Mei 1926
C. 29 April - 3 Mei 1926
D. 30 April - 3 Mei 1926
42. Kongres Pemuda II dilaksanakan pada tanggal…
A. 27 - 28 Agustus 1928
B. 26 - 28 Agustus 1928
C. 27 - 28 Oktober 1928
D. 26 - 28 Oktober 1928
43. Poernomowoelan memberikan peran penting dalam Kongres Pemuda II yaitu dalam rapat ke…
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
44. Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak kemerdekaan bangsa Indonesia. Sumpah tersebut menunjukkan bahwa bagian dari bangsa Indonesia yang paling penting untuk menggerakkan sejarah adalah…
A. para pemimpin
B. seluruh rakyat
C. kalangan tua
D. pemuda
45. Latar belakang munculnya politik balas budi oleh pemerintahan Hindia Belanda adalah…
A. Belanda hendak mengakhiri penjajahan di Indonesia
B. Belanda akan segera kalah perang melawan pejuang Indonesia
C. Desakan berbagai kalangan Belanda agar membalas budi Indonesia
D. Belanda mendapat desakan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dan dunia Internasional
46. Semangat kebersamaan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika harus dipupuk sehingga persatuan sesame warga bangsa Indonesia dapat senantiasa terjaga. Dalam hal ini menjaga persatuan bangsa merupakan tugas…
A. seluruh bangsa Indonesia
B. pemerintah
C. masyarakat
D. pemuda
47. Berani membela kebenaran dan keadilantermasuk dalam kategori nilai…
A. religius
B. produktivitas
C. kemanusaiaan
D. keseimbangan
48. Kongres pertama Budi Utomo dilaksanakan di kota…
A. Yogyakarta
B. Bandung
C. Jakarta
D. Medan
49. Tokoh utama di balik pendirian Budi Utomo oleh dr. Sutomo adalah…
A. Ir. Soekarno
B. Ki Hajar Dewantara
C. Dr. Douwes Dekker
D. Dr. Wahidin Sudirohusodo
50. Beri aku 1.000 orang tua, noscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia. Kalimat ini keluar dari tokoh yaitu…
A. Bung Hatta
B. Bung Karno
C. Muh. Yamin
D. Jenderal Sudirman
Demikian artikel tentang √ Soal PTS PPKn SMP Kelas 8 Semester 2 K13 2021, Online. Semoga bermanfaat...