--> Skip to main content

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sosiologi SMA 2022

Hai sobat, kembali lagi dengan saya admin centralpendidikan.com. Pada kesempatan kali ini admin Soal Prediksi akan memberikan latihan soal USBN sosiologi SMA dan kunci jawaban terbaru 2022 yang bisa sobat gunakan untuk bahan pembelajaran Ujian Sekolah Berstandar Nasional pada bulan maret kelak.

latihan soal usbn sosiologi ini mempunyai 50 butir soal yang di dalamnya sudah kunci jawaban lengkap per butir soal. Jadi intinya sobat bisa langsung mempelajarinya di artikel ini. 

Untuk masalah sama tidaknya pertanyaan dan jawaban ini dengan naskah asli kelak pun bisa diperbincangkan. Mengingat acuan soal ini juga berasal dari kisi - kisi usbn sosiologi yang dibagikan pihak BSNP.

Kalau kurikulum-nya sih bisa untuk kurikulum 2013 dan KTSP. Yang sebagaimana sobat ketahui bahwa materi tidak jauh berbeda antar 2 kurikulum tersebut. Sobat bisa mengeceknya langsung di laman BSNP.

Sebagaimana yang sobat ketahui bahwa USBN dibentuk untuk menggantikan sistem US yang dimana naskah soal sebanyak 25% berasal dari pusat, sedangkan sisanya bentukan dari koordinasi MGMP kabupaten/kota wilayah setempat.

Menjadi penentu kelulusan tentunya sudah pernah sobat dengar, walau pun tidak 100%. Ada beberapa penilaian yang dipertimbangkan lebih lanjut. 

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sosiologi SMA 2022

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sosiologi SMA 2022

Untuk model pemformatan soal admin menyamakannya dengan naskah asli yang akan sobat kerjakan yaitu soal pilihan ganda dan ESSAY/URAIAN. Dan untuk soal uraian admin sengaja tidak memberikan jawabannya, karena bisa dibilang sesuai pendapat. jadi sobat bisa membahasnya sendiri atau dengan teman - teman sobat di kelas.

Selain menyediakan latihan soal online. Seperti biasanya, pada postingan blog ini juga memberikan link download PDF yang bisa sobat akses melalui link download di bawah soal berikut ini.

Untuk kebutuhan copy paste admin ijinkan, sedangkan buat di publish ulang pada blog dalam bentuk apapun tidak diijinkan.

Oke, itu saja awalannya. Berikut ini adalah latihan soal dan kunci jawaban USBN sosiologi SMA 2022. Selamat mengerjakan..

1. Beberapa ciri pengetahuan
1) Mengajarkan bagaimana mencapai kekuasaan
2) Tidak menilai baik buruknya suatu gejala
3) Mencari kebenaran sesuai perundangan
4) Setiap kajiannya berdasarkan pengamatan terencana
5) Selalu disempurnakan dan diperhalus sesuai perkembangan zaman
Ciri ilmu sosiologi terdapat pada ....
A. 1), 2) dan 3) 

B. 1), 2) dan 4)
C. 1), 3) dan 5) 
D. 2), 4) dan 5) 
E. 3), 4) dan 5) 
Jawaban : D

2. Media massa banyak memberitakan tentang keberadaan organisasi terlarang yang merekrut warga menjadi anggotanya sehingga membuat masyarakat resah. Sosiologi bisa membantu menyelesaikan masalah ini dengan memberikan informasi berbasis empiris kepada pejabat yang berwenang untuk mengambil kebijakan. 

Guna sosiologi sesuai ilustrasi tersebut sebagai ....
A. penelitian sosial
B. pengambil kebijakan
C. perencana pembangunan 

D. pelaksana pembangunan 
E. pembangunan masyarakat 
Jawaban : A

3. Di berbagai wilayah terdapat spanduk penolakan terhadap penyalahgunaan narkotika dan zat adiktif lainnya. Di tingkat pemerintah, Badan Narkotika Nasional (BNN) juga melakukan berbagai upaya mencegah dan menanggulangi penyalahgunaan narkoba, mulai dari kampanye, merehabilitasi warga, hingga bekerjasama dengan kepolisian. Ilustrasi tersebut dapat disimpulkan bahwa telah terjadi gejala social untuk menjaga negara pada masyarakat luas berupa ….
A. kehendak politik rendah dari aparat negara
B. kesadaran hukum dan penyelamatan anak bangsa
C. perhatian masyarakat akan hal – hal yang duniawi
D. bandar narkoba melakukan aksinya secara sembunyi
E. hukuman terlalu ringan bagi bandar tidak membuat efek jera 

Jawaban : B

4. Gambar interaksi social: 


Gambar tersebut menunjukkan interaksi sosial karena memenuhi syarat adanya ....
A. hubungan sosial bersifat asosiatif
B. pihak kalah dan pihak pemenang
C. kontak dan komunikasi antar pelaku
D. ada pihak pihak yang saling menyerang
E. komunikasi di antara dua pihak bersifat disosiatif 

Jawaban : C

5. Perasaan seseorang terhadap pihak lain sering kali memengaruhi mental orang tersebut. Apabila perasaan itu mendalam maka timbul perilaku yang mengidentifikasi dirinya ke dalam perasaan dan pikiran pihak lain itu. Keadaan demikian disebut telah terjadi empati seperti yang ditunjukkan pada contoh berikut ….
A. Seseorang memengaruhi pihak lain melalui propaganda yang sistematis
B. Menyumbangkan tenaga, pikiran dan sebagian harta untuk korban bencana alam
C. Mengikuti/mencontoh tata gerak dan bloking panggung pertunjukan teater terkenal
D. Memberi semangat kepada seseorang yang sedang dirundung sial untuk bangkit
E. Menjadikan dirinya seolah sama dengan pihak lain yang dikaguminya 

Jawaban : B

6. Beberapa pernyataan tentang masyarakat :
1) Memiliki anggota yang tinggal bersama dalam satu wilayah
2) Memiliki struktur sosial dan kaidah yang menjadi pedoman
3) Berinteraksi dalam kurun waktu yang lama
4) Tidak pernah terjadi konflik atau gesekan antaranggota
5) Semua anggota saling mengenal satu sama lain
Dari beberapa pernyataan di atas yang termasuk syarat terbentuknya masyarakat adalah ...
A. 1), 2) dan 3) 

B. 1), 2) dan 4) 
C. 1), 3) dan 5) 
D. 2), 4) dan 5) 
E. 3), 4) dan 5) 
Jawaban : A

7. Masyarakat di suatu daerah memiliki cara khas untuk menjaga kerukunan dan kekompakan warga, yaitu dengan mengerjakan berbagai urusan secara bersama dalam bentuk gotong royong. Bukan hanya dalam mengerjakan fasilitas umum seperti jalan, jembatan, tempat ibadah dan sebagainya, namun juga dalam membangun rumah, menggarap lahan pertanian dan masih banyak lagi. Fungsi nilai social menjunjung tinggi gotong royong tersebut adalah sebagai ….
A. alat pengawas perilaku individu
B. benteng perlindungan dari ancaman luar
C. alat penentu harga social dalam beraktifitas
D. alat membangun solidaritas antar warga masyarakat
E. pengarah masyarakat dalam berfikir dan bertingkah laku 

Jawaban : D

8. Seorang siswa yang bersekolah di sekolah kedinasan sudah terbiasa dengan pemberlakuan tata tertib yang relative lebih tegas/kaku bila dibandingkan dengan sekolah umum. Pola perilaku di lingkungan sekolah kedinasan dikondisikan untuk sebisa mungkin seragam terutama dalam interaksi formal dengan guru, sebagaimana budaya sekolah yang selama ini sudah dibangun. Pola represif sering dianggap efektif untuk membentuk kepribadian pelajar dimana guru/senior/tutor melakukan komunikasi searah. Keunggulan pola sosialisasi represif tersebut bagi pembentukan disiplin adalah ….
A. menjadikan siswa/mahasiswa nyaman dalam berinteraksi dengan guru/dosen 

B. menumbuhkan sikap mental rendah hati dan mudah berempati kepada sesama 
C. bisa membentuk pribadi yang tertib karena menekankan pada kepatuhan
D. mendorong siswa/mahasiswa berekspresi sesuai kehendak pribadinya
E. menumbuhkan kebebasan individu untuk berkreasi dan berinovasi 

Jawaban : C

9. Seorang remaja tumbuh berkembang di zaman serba kamera dan digital sehingga untuk mencari dan memberi informasi tentang banyak hal ia mengandalkan telepon pintar canggih miliknya. Perlahan namun pasti nilai – nilai hidupnya tidak lagi sama dengan yang diterimanya dari keluarga maupun sekolahnya, tetapi lebih mengikuti trend yang sedang menggejala melalui difusi kebudayaan global. Hal tersebut disebabkan karena ….
A. pada usia remaja seseorang memiliki sikap akomodatif dan progresif terhadap perubahan zaman
B. informasi yang dimuat di semua laman bisa membantu remaja tumbuh menjadi pribadi yang bijak
C. seorang remaja bisa memaksa orang tua untuk membelikan telepon pintar demi menjaga gengsi
D. tidak ada pilihan lain bagi remaja kecuali larut dalam arus perubahan melalui globalisasi
E. di Indonesia peran orang tua sudah tidak terlalu dibutuhkan bagi perkembangan kepribadian remaja 

Jawaban : A

10. Beberapa gejala social berupa masalah social:
1) Pengangguran menyebabkan kemiskinan dan kriminalitas
2) Balapan liar sepeda motor di jalan raya oleh kelompok remaja
3) Menerima sejumlah uang dari suatu partai politik menjelang pemilu
4) Penyalahgunaan narkoba baik pengedar maupun pengguna
5) Pencurian arus listrik oleh oknum keluarga maupun instansi
Gejala social berupa masalah social di bidang hukum terdapat pada ….
A. 1), 2) dan 3)

B. 1), 2) dan 4) 
C. 1), 3) dan 5) 
D. 2), 4) dan 5) 
E. 3), 4) dan 5) 
Jawaban : D

11. Penyimpangan sosial primer merupakan tindakan melanggar nilai dan norma yang sifatnya sementara sehingga dalam batas – batas tertentu masih dapat ditoleransi oleh masyarakat. Contoh dari penyimpangan sosial primer adalah ….
A. makan camilan menggunakan tangan kiri
B. tawuran antar kampung menimbulkan korban jiwa
C. gerakan terror bom bunuh diri oleh kelompok radikal
D. begal merampas sepeda motor dari seorang pengendara
E. mengendarai motor melawan arus sehingga membahayakan 

Jawaban : A

12. Sejak berkawan dengan sekelompok remaja yang sering berkumpul di tempat tertentu, seseorang menjadi tertutup. Kekhawatiran orang tua akan perkembangan anaknya mendorong orang tua mencari informasi ke berbagai sumber. Dari hasil penyelidikannya itu diketahui bahwa anaknya kini terlibat dalam pergaulan kelompok menyimpang yang mencintai sesama jenis, suatu penyimpangan yang ditolak oleh masyarakat luas. Penyimpangan perilaku seseorang tersebut disebabkan oleh ….
A. pelampiasan rasa kecewa di dalam keluarga
B. sosialisasi dengan sub budaya menyimpang
C. sosialisasi tidak sempurna oleh agen keluarga 

D. keinginan memberontak dari norma yang ada 
E. ikatan social yang berlainan antar kelompok 
Jawaban : B

13. Penelitian sosial dilakukan untuk mengetahui gejala berkembangnya kelompok radikal di tengan masyarakat. Hasil atau simpulan dari penelitian tersebut berupa penjelasan rinci tentang objek sesuai variable yang diteliti. Berdasarkan tujuannya, deskripsi di atas menunjukkan jenis penelitian ….
A. analisis
B. prediktif
C. eksploratif 

D. deskriptif 
E. eksplanatif 
Jawaban : D

14. Sebuah penelitian sosial berjudul ‘Pengaruh metode mengajar guru yang menyenangkan terhadap prestasi akademik siswa’. Rumusan masalah dari judul penelitian di atas adalah ….
A. Apakah yang dimaksud dengan metode mengajar guru yang menyenangkan bagi murid?
B. Bagaimana pengaruh metode mengajar guru yang menyenangkan terhadap prestasi akademik siswa?
C. Faktor apa saja yang bisa memengaruhi prestasi belajar akademik peserta didik?
D. Haruskan guru menguasai metode mengajar yang menyenangkan?
E. Apa yang akan terjadi apabila metode mengajar guru tidak menyenangkan bagi siswa?. 

Jawaban : B

15. Pelanggaran terhadap tata tertib yang terjadi di antara kelas X, XI dan XII tidak sama.
Kelas X cenderung tidak tertib berpakaian, kelas XI cenderung tidak tertib dalam upacara bendera, kelas XII cenderung terlambat hadir dan pasif dalam kegiatan hari besar nasional dan keagamaan. Dengan kondisi populasi tersebut maka teknik sampling yang paling tepat untuk penelitian di sekolah tersebut adalah ….
A. sampel random
B. sampel bertujuan 

C. sampel berstrata 
D. sampel cluster
E. sampel bola salju 

Jawaban : C

16. Contoh data penelitian:
Data perkembangan pemilikan kendaraan di kota ‘X’ dari tahun 2011 – 2013: 



Dari segi waktu yang digunakan untuk mengumpulkan informasi, data di table tersebut termasuk ….
A. data primer
B. data sekunder 

C. data kuantitatif 
D. time series data 
E. cross section data
Jawaban : D

17. Penelitian tentang kehidupan nelayan di Kepulauan Seribu dilakukan dengan tinggal bersama mereka untuk jangka waktu tertentu. Selama tinggal bersama para nelayan, peneliti melihat dengan seksama rutinitas hidup mereka dan berdialog intensif dengan banyak pihak sehingga bisa menyelami kehidupan mereka dengan baik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam kegiatan penelitian sesuai ilustrasi di atas adalah ….
A. observasi nonpartisipatory dan wawancara
B. observasi partisipatory dan wawancara
C. analisis isi media dan wawancara
D. observasi dan angket/kuesioner
E. kuesioner dan wawancara 

Jawaban : B

18. Peneliti akan membantu dinas kebersihan di suatu kota besar untuk mengetahui pola membuang sampah masyarakat karena ditengarai tumpukan sampah selalu ditemukan di pinggir jalan di pagi hari. Berbekal format observasi peneliti tersebut mengumpulkan data dari pagi hingga sore hari untuk jangka waktu beberapa hari. Namun demikian hasil datanya tidak bisa menggambarkan tujuan penelitiannya, karena masyarakat tidak membuang sampah pada rentang waktu yang diamati. Kelemahan instrumen penelitian berupa format observasi tersebut adalah ….
A. kebohongan responden tidak terdeteksi
B. tidak sesuai untuk responden yang sibuk
C. sulit bagi responden untuk mengisi format
D. pilihan jawaban kadang tidak sesuai kenyataan
E. peristiwa yang sudah lampau tidak bisa diamati 

Jawaban : E

19. Dalam suatu kehidupan social dijumpai berbagai kelompok social baik yang bercirikan modernitas maupun tradisional yang masih berbasis primordial. Contoh kelompok social yang terbentuk karena ikatan kepentingan adalah ….
A. Ikatan Remaja Masjid At Thalabah
B. Paguyuban Pecinta Seni Tradisional
C. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
D. Perkumpulan orang Batak di Jakarta
E. Persatuan Keluarga Timor Lorosae 

Jawaban : C

20. Ciri kelompok masyarakat: 



Berdasarkan tabel di atas, perbedaan ciri pada kelompok social paguyuban dan patembayan ditunjukkan pada nomor….
A. 1), 2) dan 3) 

B. 1), 2) dan 4) 
C. 1), 3) dan 5) 
D. 2), 4) dan 5) 
E. 3), 4) dan 5) 
Jawaban : D

21. Di masyarakat bisa dijumpai kelompok orang yang proses terbentuknya bersifat sementara karena suatu kepentingan tertentu namun tidak terorganisasi yang dikenal sebagai kerumunan. Contoh kerumunan berupa panic crowds adalah ….
A. penunggu kendaraan umum di shelter/stasiun
B. penonton bioskop dengan film horror dan terror
C. penonton tukang jamu yang berorasi di pasar tradisional
D. penonton pertandingan sepak bola di suatu stadion bersorak sorai
E. sekelompok orang berusaha keluar dari gedung yang sedang terbakar 

Jawaban : E

22. Penduduk miskin sering diidentikkan dengan ketidakmampuan memenuhi kebutuhan material sesuai lingkungan di mana mereka berada. Secara fisik antara lain ditandai dengan minimnya kualitas maupun kuantitas pemilikan lahan, rumah tinggal, derajat hidup, tingkat pengetahuan dan akses social. Penyebab kemiskinan ditinjau dari rendahnya minimnya pengetahuan adalah ….
A. tingkat pendidikan rendah
B. ketidakadilan oleh penguasa
C. sumber daya alam kurang
D. kekeringan dan bencana
E. kebiasaan malas dan pasrah 

Jawaban : A

23. Sejak zaman dahulu Indonesia dikenal sebagai negara yang bertanah subur, sumber daya alam melimpah sehingga menjadi tujuan bangsa kolonial untuk mengambil kekayaan alam itu demi kepentingan bangsa penjajah. Secara teoritis rakyat yang berada di negara dengan sumber daya alam melimpah akan terbebas dari kemiskinan. Namun bisa saja kemiskinan timbul karena salah kelola terhadap pembagian kekayaan negara, yang dikenal sebagai ….
A. kemiskinan akhlak
B. kemiskinan keadilan
C. kemiskinan kekuasaan 

D. kemiskinan struktural 
E. kemiskinan kultural 
Jawaban : D

24. Beberapa contoh program pemberdayaan masyarakat:
1) Untuk menjaga keamanan wilayah perbatasan agar terhindar dari konflik, suatu negara merekrut tenaga keamanan dari negara tetangga
2) Dinas Pengawasan Obat dan Makanan menggerakkan masyarakat untuk mengenali ciri makanan yang mengandung zat berbahaya
3) Dinas Pekerjaan Umum membangun sodetan kali dengan program padat karya melibatkan banyak tenaga kerja
4) Masyarakat menerima bantuan modal usaha bagi masyarakat melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)
5) Pemerintah memberikan Jaminan Sosial dan membebaskan biaya pendidikan bagi keluarga miskin
Program pemberdayaan yang bertujuan untuk mengubah nasib masyarakat miskin adalah ….
A. 1), 2) dan 3) 

B. 1), 2) dan 4) 
C. 1), 3) dan 5) 
D. 2), 4) dan 5) 
E. 3), 4) dan 5) 
Jawaban : E

25. Untuk mengurus admistrasi berkenaan dengan dokumen penting masyarakat seperti akta kelahiran, KTP, surat kematian dan lainnya tidak jarang harus mengeluarkan dana lebih banyak dari tarif aslinya untuk mendapat pelayanan. 

Pungutan liar seperti contoh tersebut menimbulkan beban bagi masyarakat luas karena mengakibatkan ….
A. peningkatan pendapatan seluruh aparat negara
B. ekonomi biaya tinggi di luar kewajaran 

C. percepatan pelayanan bagi masyarakat 
D. kinerja aparat negara meningkat
E. urusan masyarakat menjadi mudah 

Jawaban : B

26. Dewasa ini aktifitas kehidupan manusia semakin modern yang ditandai dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai bidang. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih tersebut, kejahatan juga semakin canggih dengan memanfaatkan teknologi sebagai alat bantunya. Contoh kejahatan era modern berbasis cyber adalah....
A. pembobolan rekening seseorang dengan menggunakan akses internet
B. pembobolan rekening seseorang dengan menggunakan hipnotis
C. e-banking dapat mempermudah seseorang untuk bertransaksi
D. e-budgeting dapat memperkecil peluang korupsi atau manipulasi anggaran
E. Quipper school berdampak minimnya interaksi tatap muka antara guru dan siswa
Jawaban : A

27. Perhatikan bagan berikut! 



Sifat stratifikasi sosial sesuai gambar di atas adalah....
A. tertutup
B. terbuka
C. campuran 

D. demokratis
E. kasta 
Jawaban : B

28. Stratifikasi sosial dalam masyarakat menempatkan seseorang pada status dan peran tertentu. Konsekuensi tersebut dapat mendorong kompetensi individu untuk mencapai status dan peran yang lebih bergengsi. Hubungan antara stratifikasi sosial dengan mobilitas sosial sesuai dengan deskripsi di atas dapat disimpulkan sebagai berikut....
A. stratifikasi sosial merupakan struktur sosial yang bersifat vertikal
B. biasanya seseorang yang menduduki strata tinggi memiliki sikap wibawa
C. stratifikasi sosial memotivasi setiap individu untuk menjangkau kedudukan tinggi
D. stratifikasi sosial penting untuk melihat individu-individu yang berada pada strata tertentu
E. status yang diperoleh karena kelahiran tidak mengharuskan perjuangan untuk mencapai 

Jawaban : C

29. Sebagai masyarakat majemuk Bangsa Indonesia memiliki berbagai macam agama dan aliran kepercayaan, suku bangsa dengan berbagai karakter budaya yang berpotensi menimbulkan konflik horizontal. Sesuai deskirpsi di atas sikap yang harus dikembangkan agar dapat mewujudkan integrasi sosial pada masyarakat adalah....
A. toleran, akomodatif, dan fanatis
B. toleran, eksklusif, dan primordial
C. akomodatif, kooperasi, dan eksklusif
D. toleran, akomodatif, dan sparatis
E. toleran, akomodatif, dan inklusif 

Jawaban : E

30. Multikulturalisme merupakan ideologi yang mengedepankan kesetaraan/kesederajatan diantara perbedaan yang di sebabkan karena aspek primordial seperti suku bangsa, agama, dan ras. Arti penting multikulturalisme bagi Bangsa Indonesia yang majemuk agar tercapai Bhineka Tunggal Ika adalah sebagai berikut....
A. membantu mewujudkan persatuan bangsa yang beragam dalam bingkai NKRI 

B. budaya lokal bisa diangkat menjadi budaya nasional atau budaya global
C. masyarakat yang beragam sudah memiliki kesadaran penuh untuk bersatu
D. multikulturalisme merupakan satu-satunya cara mempersatukan bangsa
E. kemajemukan tidak berpotensi menimbulkan disintegrasi sosial
Jawaban : A

31. Beberapa ciri masyarakat :
1) adanya dominasi suatu kelompok terhadap kelompok lainnya
2) proses integrasi sosial terjadi karena kesadaran masyarakat
3) terdapat potensi konflik yang tinggi
4) terdiri dari berbagai macam budaya yang bersifat komplementer (saling melengkapi)
5) sulit mencapai kesepakatan terhadap hal-hal yang bersifat prinsip
Ciri masyarakat multikultural terdapat pada....
A. 1), 2) dan 3) 

B. 1), 2) dan 4) 
C. 1), 3) dan 5) 
D. 2), 4) dan 5) 
E. 3), 4) dan 5)
Jawaban : C

32. Anak seorang pejabat publik yang berkendaraan mengalami kecelakaan sehingga menimbulkan korban jiwa. Menurut berita di media, yang bersangkutan tidak diproses secara hukum karena pelaku memberikan sejumlah uang kepada keluarga korban. Hal demikian tidak terjadi pada pelaku lain jika ia hanya rakyat kebanyakan, sehingga menimbulkan tanda tanya besar bagi masyarakat. Dari deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa alasan perlunya kesamaan di depan hukum adalah agar....
A. menimbulkan rasa keadilan bagi seluruh warga masyarakat 

B. para pejabat publik tenang dalam menjalankan kekuasaan 
C. masyarakat mengakui aturan perundangan yang berlaku
D. rakyat biasa bisa mempermalukan pejabat tinggi
E. rakyat biasa bisa mencapai kedudukan tinggi 

Jawaban : A

33. Primordialisme merupakan paham yang mengedepankan kecintaan terhadap hal – hal yang diperoleh sejak lahir seperti suku bangsa, ras dan agama. Di bidang kesukuan priordialisme tampak pada kecenderungan warga suku bangsa tertentu mengklaim kebudayaannya sebagai yang paling baik. Hal demikian berpotensi menimbulkan

konflik horizontal. Contoh konflik horizontal berbasis primordialisme suku bangsa adalah ....
A. pertikaian antar umat beragama berbeda di Poso
B. chauvinisme oleh bangsa yang merasa adidaya
C. prasangka buruk terhadap kelompok/ras berbeda
D. diskriminasi gender antara kaum laki-laki dan perempuan
E. pengusiran orang Madura oleh suku Dayak di Sambas 

Jawaban : E

34. Politik aliran ditandai dengan beragamnya ideologi informal bagi organisasi politik di suatu negara. Biasanya politik aliran tersebut bernuansa primordial seperti partai politik yang mengusung aliran tertentu sebagai ideologi. Di Indonesia terdapat Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Damai Sejahtera (PDS). Partai Bulan Bintang (PBB) dan sebagainya sebagai contoh politik aliran. Latar belakang terbentuknya politik aliran di Indonesia adalah....
A. kemajemukan di bidang agama
B. multikultural di bidang politik
C. kemajemukan di bidang keahlian
D. multikultural di bidang iptek
E. kemajemukan di bidang budaya 

Jawaban : A

35. Konflik antara Pemerintah Daerah dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang tidak kunjung berakhir diselesaikan oleh Kementerian Dalam Negeri. Dari beberapa kali pertemuan dengan pihak yang berkonflik kemudian pihak Kemendagri membuat aturan yang disepakati oleh semua pihak untuk ditaati. Apabila ada pengingkaran dari masing – masing pihak atas aturan tersebut maka kemendagri berwenang untuk mengontrol dan menindaklanjuti. Bentuk akomodasi untuk menyelesaikan konflik tersebut adalah ....
A. konsiliasi 

B. ajudikasi 
C. mediasi 
D. arbitrasi 
E. koalisi 
Jawaban : D

36. Integrasi sosial normatif merupakan bentuk integrasi dimana masyarakat terikat oleh aturan tertentu sehingga mereka taat/patuh sebagai warga yang bertanggung jawab. Contoh integrasi sosial normatif adalah ....
A. di negara – negara yang berazas komunis masyarakatnya bersatu karena pemerintah menerapkan kekuasaan dictator
B. warga suatu kelurahan/desa merasa menjadi bagian dari masyarakat setempat karena segala urusan administrasi penduduk diurus di situ
C. lagu – lagu wajib nasional kini banyak diaransir ulang sehingga lebih kekinian tanpa menghilangkan ciri khasnya
D. perkawinan antarorang dari suku bangsa berbeda kini memiliki budaya baru yang berbeda dari keduanya
E. generasi muda memiliki cara khusus dalam mencintai negaranya, tidak seperti para pejuang kemerdekaan 

Jawaban : A

37. Beberapa pernyataan tentang integrasi social asimilasi:
1) Kurangnya pengetahuan tentang kebudayaan yang dihadapi
2) Prasangka negative terhadap terhadap kebudayaan baru
3) Toleransi di antara sesama kelompok yang berbeda
4) Kesempatan yang sama di bidang ekonomi
5) Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa
Pernyataan yang merupakan faktor pendorong terjadinya asimilasi ditunjukkan pada nomor ....
A. 1), 2) dan 3) 

B. 1), 2) dan 4) 
C. 1), 3) dan 5) 
D. 2), 4) dan 5) 
E. 3), 4) dan 5) 
Jawaban : E

38. Dahulu proses pengiriman pesan/informasi antar pihak dilakukan secara konvensional melalui tatap muka atau kurir. Kini dengan ditemukannya teknologi informasi dan komunikasi membuat pengiriman pesan/informasi bisa berlangsung dengan mudah dan cepat. Kedekatan dan keakraban antar warga perlahan berkurang karena komunikasi di antara mereka dilakukan menggunakan alat bantu. Ilustrasi tersebut menunjukkan penemuan baru yang menyebabkan perubahan ….
A. kebudayaan fisik
B. fungsi kurir
C. substansi pesan
D. pola interaksi sosial
E. teknologi komunikasi 

Jawaban : D

39. Bagan perubahan sosial! 



Contoh perubahan yang ada di masyarakat sesuai dengan bagan di atas adalah.... 
A. perubahan pola hidup nomaden (berpindah-pindah) menjadi sedenter (menetap) 
B. kekuasaan negara dari monarkhi absolut – monarkhi konstitusional – demokrasi 
C. pengobatan menggunakan dedaunan/pepohonan – bahan kimia – herbal
D. pola hidup masyarakat pertanian tradisional – semi modern – industry pertanian
E. makanan tradisional/natural – makanan dengan aneka bumbu – junk food 

Jawaban : C

40. Terdapat perubahan signifikan dalam pendekatan belajar menggunakan kurikulum 2013 bagi siswa SD sampai dengan SMA/SMK/MA jika dibandingkan sengan kurikulum tahun 2006. Kini murid dipercaya penuh untuk menggali potensi dirinya menggunakan pendekatan saintifik sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Mereka dipersiapkan untuk bisa survive pada persaingan bebas nanti ketika saatnya mereka berkiprah di masyarakat. Dari keberterimaan masyarakat luas akan tujuan
A. dikehendaki
B. besar

C. cepat
D. lambat 
E. proses
Jawaban : A


41. Dahulu hasil pekerjaan siswa berupa lembar jawaban Ujian Nasional/Ujian Sekolah dikoreksi secara manual. Semua Guru Mata Pelajaran terlibat dalam pekerjaan tersebut. Setelah nilai direkap sedemikian rupa maka diantar ke Dinas Pendidikan di tingkat Provinsi untuk diteruskan ke tingkat Pusat, yang memakan waktu serta tenaga tidak sedikit. Kini Lembar Jawaban siswa cukup dipindai secara computing, bahkan sudah ada yang menggunakan system on line di mana scor perolehan siswa langsung masuk ke server panitia pelaksana ujian di tingkat pusat. Ilustrasi tersebut menunjukkan modernisasi di bidang pendidikan yang bertujuan untuk ....
A. mempermudah cara belajar siswa
B. meningkatkan pemahaman konsep siswa
C. meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja
D. memperlancar komunikasi antar peserta ujian
E. mendorong pemerintah berpihak pada pendidikan 

Jawaban : C

42. Globalisasi di bidang ekonomi tampak antara lain dengan menjamurnya pusat belanja berupa mall yang menawarkan berbagai dagangan yang sama dengan mall lainnya. Berbagai makanan, minuman, pakaian maupun jasa dengan merk internasional bisa dijumpai di semua mall, dan dikerjakan oleh orang – orang yang terspesialisasi. Dampak positif globalisasi sesuai ilustrasi tersebut bagi peningkatan taraf hidup masyarakat adalah ….
A. membuka lapangan kerja
B. menambah modal bagi pedagang
C. meningkatkan gaya hidup konsumtif
D. meningkatkan pengetahuan masyarakat
E. berkembangnya pola hidup mewah 

Jawaban : A

43. Dahulu tata pergaulan di masyarakat selalu memperhatikan sopan santun dalam bertutur kata dan berperilaku. Semua orang pandai menakar diri dengan siapa mereka berbicara dan pada situasi seperti apa, sehingga semua pihak merasa nyaman tidak ada yang dihinakan atau menghinakan. Kondisi seperti itu kini berubah seiring dengan perubahan kebudayaan dunia melalui globalisasi. Sebagian generasi muda tidak lagi memiliki kepribadian seperti tergambar pada ilustrasi tersebut karena di dalam ‘diri’ nya telah merasuk nilai – nilai global yang serba bebas. Dampak negatif globalisasi terhadap ekstensi jati diri bangsa sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
A. merosotnya standar hidup masyarakat 

B. hilangnya kepribadian khas Indonesia 
C. menurunnya solidaritas masyarakat
D. hilangnya rasa percaya diri remaja
E. hilangnya kesempatan memperoleh pekerjaan 

Jawaban : B

44. Globalisasi yang melanda semua negara telah membuat tenaga kerja asing dan perusahaan asing kini bebas bekerja dan berinvestasi di Indonesia. Sementara itu masyarakat Indonesia belum seluruhnya menyadari dan siap turut serta dalam arus perubahan yang demikian cepat. Dampak negative nonekonomi dari gejala globalisaasi tersebut antara lain adalah ….
A. ketidakmampuan masyarakat memenuhi kebutuhan hidup primer
B. ketidakmampuan masyarakat menyekolahkan anak ke jenjang tinggi
C. pendapatan masyarakat yang minim tidak cukup untuk menghidupi keluarga
D. kriminalitas dengan intensitas beragam untuk memenuhi kebutuhan primer
E. sikap frustrasi karena gegar budaya yang tidak bisa dihindari dalam perubahan 

Jawaban : E

45. Masyarakat papan bawah secara teoritis sangat tertolong dengan program BPJS Kesehatan yang memberikan jaminan berobat dari tingkat puskesmas hingga rumah sakit. Namun rumah sakit kewalahan menangani pasien yang membludak. Pasien musti sabar mengikuti prosedur berliku dengan waktu menunggu yang lama untuk mendapat pengobatan melalui BPJS. Beberapa rumah sakit, terlebih rumah sakit swasta kadang lebih mengutamakan menangani pasien non BPJS terlebih dahulu. Perlakuan pasien BPJS dan non BPJS secara berbeda itu menunjukkan adanya ….
A. dominasi
B. diskriminasi
C. monopoli 

D. kecemburuan 
E. konflik
Jawaban : B

46. Wilayah Indonesia yang membentang luas menyebabkan pembangunan tidak mudah untuk dilakukan secara merata. Kemajuan di suatu daerah kadang tidak bisa dirasakan di daerah lain, seperti tampak pada ketimpangan di bidang pendidikan antara daerah perkotaan dan pelosok. Di perkotaan buku tersedia lengkap, akses internet cepat, dan sarana dan prasarana pendidikan memadai. Hal demikian tidak terjadi pada masyarakat yang tinggal di pelosok. Solusi masuk akal untuk mengatasi masalah ketimpangan social di bidang pendidikan tersebut adalah ….
A. Pemerintah merealisasi dan mengontrol pelaksanaan standarisasi pendidikan
B. Pemerintah menetapkan beberapa sekolah menjadi sekolah unggulan 

C. Perusahaan besar mustinya membantu biaya pendidikan yang tingg 
D. Membatasi agar anak dengan IQ tinggi saja yang bisa sekolah tinggi
E. Membuka sekolah gratis namun bermutu di berbagai daerah tertinggal 

Jawaban : A

47. Penduduk pulau Jawa sangat padat, sementara pulau besar lainnya kepadatan penduduknya sangat rendah. Ibarat semut yang gemar dengan gula, masyarakat dari berbagai penjuru menuju pulau Jawa karena disana dianggap memiliki gula – gula lebih banyak. Akibat langsung yang ditimbulkan antara lain adalah adanya kesenjangan antara kehidupan masyarakat di pulau Jawa dan di luar Jawa. Solusi rasional yang bisa ditempuh oleh pemerintah agar tidak terjadi penumpukan penduduk di pulau Jawa adalah ….
A. memulangkan paksa orang luar Jawa kembali ke daerahnya
B. memupuk jiwa persatuan dan kesatuan bangsa yang maajemuk
C. mengundang investor untuk melihat potensi tenaga kerja kita
D. percepatan pembangunan di luar pulau Jawa lebih ditingkatkan
E. meningkatkan kualitas SDM melalui perubahan kurikulum pendidikan 

Jawaban : D

48. Tidak bisa dipungkiri bahwa globalisasi akan menimbulkan perubahan di semua negara. Nilai dan norma yang selama ini menjadi acuan berperilaku warga masyarakat perlahan mengalami pengikisan makna sehingga generasi selanjutnya tidak lagi menjadikannya sebagai pedoman hidup. Jika kondisi ini dibiarkan maka generasi mendatang tidak lagi bisa memiliki jatidiri sebagai bangsa Indonesia, karena nilai hidupnya hanya diwarnai nilai – nilai global yang diserap melalui berbagai cara. Hal demikian menjadi keprihatinan semua pihak sehingga dibutuhkan menghidupkan kembali kearifan local untuk ….
A. menjaga identitas sebagai bangsa
B. mengenang tradisi masa lalu
C. mengenalkan nilai – nilai leluhur
D. mencari bentuk jatidiri bangsa
E. mengembangkan tradisi baru 

Jawaban : A

49. Di keluarga modern yang sibuk dengan urusan bisnis dan karir, hak anak untuk memperoleh pendidikan informal dari keluarga sering terabaikan sehingga anak – anak mengalami krisis terhadap nilai – nilai dasar seperti sopan santun dan keagamaan. Hal itu tampak dari perilaku sebagian siswa di lingkungan sekolah yang kurang bisa menerapkan tata pergaulan yang baik serta tidak bisa baca tulis Al Quran bagi penganut Islam. Bagi organisasi kerohanian Islam yang dikelola oleh OSIS, ketidkmampuan baca tulis Al Quran sebagian siswa ini bisa menjadi ladang mengabdi kepada nusa bangsa dalam mengatasi ketimpangan social tersebut yaitu melalui ….
A. mengadakan seminar bagaimna bersopansantun
B. mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan OSIS
C. memberitahu orangtua akan ketidakmampuan anaknya
D. mengadakan bimbingan baca tulis Al Quran melalui tutor sebaya
E. sesering mungkin mengingatkan siswa muslim untuk rutin beribadah 

Jawaban : D

50. Dalam kegiatan aksi pemberdayaan komunitas, sekelompok siswa kelas 12 IPS mengusung tema tentang mengelola sampah di lingkungan sekolah dengan melibatkan peran serta seluruh warga sekolah. Setelah rencana disusun dengan rinci kemudian dilaksanakan, ternyata ditemukan berbagai kendala sehingga dibutuhkan adanya evaluasi kegiatan. Tujuan dari evaluasi dari program pemberdayaan komunitas tersebut adalah ….
A. Mencari kelemahan dari masing – masing anggota komunitas
B. Membaca laporan dari kelompok lain yang berhasil dalam pemberdayaan
C. Mengetahui kelemahan dan kekurangan dalam pengerjaan aksi pemberdayaan
D. Menghentikan aksi pemberdayaan komunitas yang tidak bisa dilaksnakan
E. Mencari referensi pendukung agar benar dalam aksi pemberdayaan komunitas

Jawaban : C

SOAL URAIAN

51. Sebutkan 5 syarat dalam menentukan topic penelitian yang baik!

52. Berilah 3 contoh perilaku sosial yang dapat menyebabkan disintegrasi pada masyarakat multicultural!

53. Masyarakat dunia tidak dapat menghindarkan diri dari dampak globalisasi ekonomi dalam bentuk ketimpangan antara Negara kaya dan Negara miskin. Sebagai Negara berkembang, masyarakat Indonesia banyak menerima pengaruh dari dinamika ekonomi global yang diwarnai kompetisi. Jelaskan:
(1) bagaimana dampak globalisasi terhadap ekonomi masyarakat Indonesia, dan
(2) bagaimana strategi komuntas local untuk mengatasinya?

54.Nilai sosial merupakan suatu pandangan atau konsep yang dianut oleh suatu kelompok masyarakat tentang sesuatu yang dianggap baik dan buruk. Jelaskan macam – macam nilai sosial menurut Prof. Notonegoro!

55. Mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan seseorang atau kelompok anggota masyarakat dari status sosial yang satu ke status sosial lainnya dalam suatu struktur sosial pada masyarakat. Buatlah contoh berupa gambar bagan mobilitas sosial antargenerasi turun untuk tiga generasi!

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sosiologi SMA 2022 pdf, DOWNLOAD

Demikian artikel tentang Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sosiologi SMA 2022. Semoga bermanfaat, dan sobat bisa mengerjakan soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional dengan baik.
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar