--> Skip to main content

√ Soal PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 2 K13 2020, Online

Hai sobat, setelah kemarin - kemarin fakum karena ada beberapa kendala di blogger. Di kesempatan kali ini admin mulai lagi posting dengan topik seputar PTS (Penilaian Tengah Semester) untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat yang berjudulkan Soal PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 2 K13 2020, Online.


Yapp, online agar bisa dikerjakan dengan baik dan langsung di artikel blog siswa adriyan ini. Tapi guna lebih mudah memilih, admin juga memberikan file soal PTS bahasa indonesia kelas 7 semester 2 ini dalam bentuk PDF yang bisa kamu download secara gratis.

√ Soal PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 2 K13 2020, Online

Soal PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 2 K13

Pergantian istilah dari UTS menjadi PTS sudah diterapkan lebih luas untuk jenjang pendidikan sekolah SMP. Jadi jangan heran, mengapa judul artikelnya seperti yang tertulis di atas. 

Menerapkan acuan kurikulum 2013 revisi menjadi pertimbangan admin. Karena memang sebagian besar istilah ini muncul ketika adanya perevisian tersebut.

Keseluruhan soal PTS bahasa indonesia SMP kelas 7 semester 2 (genap) ini berjumlah 35butir soal pilihan ganda. Tanpa disertai kunci jawaban, jadi admin mohon maaf. 

√ Soal PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 2 K13 2020, Online. DOWNLOAD

Baiklah, langsung saja berikut ini adalah  √ Soal PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 2 K13 2020, Online. Selamat mengerjakan...

1. Bacalah pantun berikut!
Rasanya ingin bermain gitar Lagu sendu gubahan dariku Anda ingin menjadi pintar Jangan lupa membaca buku

Pesan yang terdapat pada pantun tersebut adalah …. 
A. Bermian gitar menjadikan pintar membuat lagu 
B. Membaca buku diiringi lagu yang sendu
C. Membaca buku akan membuat pintar
D. Bermain gitar sambil membaca buku

2. Cermatilah pantun berikut!
Makanlah nasi selagi hangat
Enak makannya dengan sambal terasi
Tuntutlah ilmu dengan semangat
Agar tak menyesal di kemudian hari

Rima puisi lama tersebut adalah ….
A. a-i-a-i
B. a-a-a-a 
C. a-b-a-b 
D. at-si-at-ri

3. Bacalah syair berikut!
Wahai Ananda dengarlah peri Tunangan hidup adalah mati Carilah bekal ketika pagi Supaya tidak menyesal nanti

Pesan yang terkandung pada syair adalah .... 
A. kita harus selalu ingat mati
B. banyak-banyaklah mencari bekal
C. perlunya rajin berusaha agar hidup tidak sengsara
D. Selalu berbuat baiklah sebagai bekal di akhirat nanti

4. Perhatikan tabel berikut!

Puisi berjenis syair ditunjukkan oleh nomor ….
A. I 
B. II 
C. III
D. IV

5. Perhatikan tabel berikut! 

6. Cermatilah syair berikut!
Adapun akan Raja Mangkunegara
Gundah tiada lagi terkira
Belas memandang pada sang putra
Semuanya sudah dalam penjara

Isi syair tersebut adalah ….
A. suasana hati seorang raja
B. kisah perjuangan anak-anak raja
C. peperangan antar kerajaan
D. pengkhianatan seorang raja

7. Perhatikan tabel berikut!
Barang siapa mengenal dunia
Tahulah ia barang terpedaya
Barang siapa mengenal akhirat
Tahulah ia dunia melarat
Isi gurindam tersebut adalah ….
A. Seseorang yang mengetahui kebahagiaan dunia maka ia akan tahu bahwa semua hanyalah kesemuan saja dan seseorang yang mengetahui akhirat dirinya akan mengetahui kekekalan akhirat dan dunia hanya sesaat saja.
B. Seseorang yang hanya mengejar kebahagiaan dunia yang hanya sementara maka ia akan bahwa ia akan diperdaya oleh temannya sehingga ia menjadi melarat dan tidakmengetahui kebahagiaan akhirat yang kekal .
C. Seseorang yang mencari kebahagiaan dunia maka ia akan terperdaya oleh semua yang hanyakepalsuan saja dan tidak mempunyai bekal yang akan dibawa ke akhirat sehingga ia menjadi orang yang melarat.
D. Seseorang yang melarat tidak bisa mencari kebahagiaan dunia maka ia harus mengejar kebahagiaan akhirat sehingga ia tidak akan menjadi orang yang merugi ketika di dunia dan beruntung di akhirat.

8. Perhatikan tabel berikut! 

Ciri-ciri syair ditunjukkan nomor ….
A. I,V,VI
B. II,IV,VI 
C. IV,V,VI 
D. III,V,VI

9. Perhatikan pantun berikut!
Pilih kain untuk dijadikan baju Pilih kertas untuk menulis surat Kalau kamu ingin maju Berusahalah dengan giat

Telaah pantun tersebut adalah ….
A. Pantun tersebut terdiri dari dua larik sampiran dan dua larik isi dengan sajak a-b-a-b. Sampiran terdapat pada larik satu dan dua, sedangkan isi terdapat pada larik tiga dan empat. Kalimat yang digunakan larik satu dan dua pada pantun tersebut adalah kalimat perintah. Larik tiga dan empat merupakan kalimat saran dengan pola hubungan syarat.
B. Pantun tersebut terdiri dari dua larik sampiran dan dua larik isi dengan sajak a -a-a-a. Isi terdapat pada larik satu dan dua, sedangkan sampiran terdapat pada larik tiga dan empat. Kalimat yang digunakan larik satu dan dua pada pantun tersebut adalah kalimat perintah. Larik tiga dan empat merupakan kalimat saran dengan pola hubungan syarat.
C. Pantun tersebut terdiri dari dua larik sampiran dan dua larik isi dengan sajak a -b-a-b. Isi terdapat pada larik satu dan dua, sedangkan sampiran terdapat pada larik tiga dan empat. Kalimat yang digunakan larik satu dan dua pada pantun tersebut adalah kalimat berita. Larik tiga dan empat merupakan kalimat saran dengan pola hubungan syarat.
D. Pantun tersebut terdiri dari dua larik sampiran dan dua larik isi dengan sajak a-a-a-a. sampiran terdapat pada larik satu dan dua, sedangkan isi terdapat pada larik tiga dan empat. Kalimat yang digunakan larik satu dan dua pada pantun tersebut adalah kalimat perintah. Larik tiga dan empat merupakan kalimat berita dengan pola hubungan syarat.

10. Cermati pantun rumpang berikut!
Anak nelayan menangkap ikan pari
[….]
Agar kau tak menyesal di kemudian hari
[….]

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
A. Racun ikan Pari membuat mati
Rajin belajar mulai hari ini
B. Perahu karam menabrak karang
Rajin belajar janganlah pantang
C. Sungguh indah terumbu karang
Jangan menyerah dengan tantangan
D. Ikan Pari sembunyi di karang
Giat belajar mulai hari ini

11. Perhatikan syair rumpang berikut!
Wahai Ananda bijak bestari 
Tulus ikhlas dalam berbudi 
[….]
[….]

Larik yang tepat untuk melengkapi syair tersebut adalah ….
A. Berbuat baik agar banyak kawan
Memaafkan agar lawan segan
B. Bijak dalam melangkah
Kelak hidupmu pasti kan berkah
C. Berkorban dengan hati yang suci
Berbuat kebajikan jangan berhenti
D. Peliharalah lisan dalam bersapa
Peliharalah adab dalam bertindak

12. Cermatilah gurindam rumpang berikut!
Pekerjaan salah jangan dibela
[….]

Larik yang tepat untuk melengkapi gurindam tersebut adalah ….
A. Nanti tidak membawa berkah
B. Nanti rugi diri sendiri
C. Nanti hilang akal di kepala
D. Nanti akan diulang kembali

13. Perhatikan tabel berikut! 

Berdasarkan tabel tersebut, ciri-ciri fabel ditunjukkan nomor ….
A. I
B. II 
C. III 
D. IV

14. Bacalah pantun berikut!
Tumbuh pohon pelan-pelan Tiada cepat tiada melesat Ilmu ialah penunjuk jalan Agar langkah tiada tersesat

Pesan yang terdapat pada pantun tersebut adalah….
A. Ajakan rajin belajar untuk masa depan. 
B. Petunjuk jalan supaya tidak tersesat.
C. Kiat-kiat memperoleh ilmu. 
D. Ajakan meraih sukses.

15. Bacalah puisi lama berikut!
Keliling kota naik becak, walau lama tiada jemu.
Banyak-banyak engkau membaca, membaca adalah kunci ilmu.
Rima puisi tersebut adalah …
A. a-a-a-a 
B. a-b-a-b 
C. a-b-b-a 
D. a-a-b-b

16. Cermati syair berikut!
Anakanda hendaknya mengerti Orang tua mesti dihormati Sebagai suara dari nurani Sebagai ajaran budi pekerti

Pesan yang terdapat pada syair tersebut adalah….
A. Jagalah nama baik orang tua!
B. Pahamilah kedua orang tuamu!
C. Sepatutnyalah kita berbakti kepada orang tua!
D. Hendaklah kita senantiasa menghormati perasaan orang tua!
17. Cermati tabel berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, puisi lama syair ditunjukkan pada nomor…
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

18. Cermati tabel berikut! 

19. Bacalah kutipan syair berikut!
Untuk hari esok yang penuh haru Tak kan ada putus asa dibenakmu Raih semua cita lupakan masa lalu Itulah niat di hati terpatri selalu

Simpulan isi pada kutipan syair tersebut adalah…
A. Jagalah masa depan, lupakanlah masa lalu dengan tekad yang kuat.
B. Lupakan masa lalu yang membuatmu kesal walaaupun sudah terpatri.
C. Untuk meraih masa depan diperlukan usaha dan tekad yang kuat.
D. Tak ada kata putus asa dan masa lalu untuk meraih masa depan.

20. Bacalah gurindam berikut!
Apabila banyak berkata-kata
Di situlah jalan masuk dusta
Apabila berlebih-lebihan suka
Itulah tanda hampir duka

Isi gurindam tersebut adalah….
A. Pekerjaan yang terlalu banyak dan berlebihan
B. Orang yang suka berbohong pastilah banyak bicara. 
C. Orang suka bersenang-senang akan berakibat buruk
D. sesuatu yang dilakukan berlebihan akhirnya pasti buruk.

21. Cermati tabel berikut! 

Berdasarkan tabel tersebut, ciri-ciri pantun terdapat pada nomor ….
A. 1,2,5,7
B. 1,2,5,6
C. 2,4,5,7
D. 2,4,5,6

22. Cermati pantun berikut!
Sungguh elok emas permata 
Lagi elok intan berduri 
Sungguh elok budi bahasa 
Kalau dihias akhlak terpuji

Berdasarlan tabel tersebut, hasil telaah bahasa pantun adalah….
A. Larik 1 dan 2 merupakan sampiran dengan pola hubungan kausal.
B. Larik 3 dan 4 merupakan kalimat saran dengan pola hubungan syarat. 
C. Larik 3 dan 4 merupakan isi dengan kalimat majemuk setara.
D. Larik 1 dan 2 menggunakan kalimat majemuk bertingkat.

23. Cermati pantun berikut!
Anak ayam turun […] (1) 
Mati satu tinggal lah tujuh 
Hidup harus penuh[…] (2) 
Jadikan itu jalan yang dituju 

Kata yang tepat untuk melengkapi larik pantun tersebut adalah….
A. (1) berkokok, (2) jangan jongkok
B. (1) ke kandang, (2) lapang
C. (1) delapan, (2) harapan
D. (1) ke kali, (2) dan jeli

24. Cermati syair berikut!
Ilmu didapat tiada cepat 
Mesti sabar hatinya kuat 
Moga Tuhan berikan [...] 
Maka jaga hati serta niat

Kata yang tepat untuk melengkapi syair tersebut adalah…
A. rahmat 
B. nikmat 
C. hemat 
D. pekat

25. Cermati gurindam berikut!
Mengumpat dan memuji hendaklah […],
di situlah banyak orang yang tergelincir

Kata yang tepat untuk melengkapi gurindam tersebut adalah….
A. pikir
B. zikir
C. saksama
D. waspada

26. Perhatikan teks berikut!

Berdasarkan tabel tersebut, ciri-ciri fabel bernomor….
A. 1-2-3-4
B. 1-2-3-5
C. 1-2-3-6
D. 2-4-5-6

27. Bacalah kutipan fabel berikut!
Belang adalah nama dari seekor kucing betina yang hidup di permukiman binatang. Dia memiliki dua warna dalam bulunya yakni hitam dan putih. Oleh karena itu dinamakan Belang. Bulu-bulunya lembut dan wangi karena ia rajin merawatnya. Kuku-kukunya juga selalu bersih dan rapi. Kelakuan Belang sama manisnya dengan penampilannya Belang tidak pernah sekalipun mencuri makanan. Dia bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan makannya. Ia tak segan berkelana ke kampung sebelah untuk mendapatkan pekerjaan.

Berdasarkan paparan watak tokoh, fabel tersebut termasuk fabel jenis ….
A. fabel kuno
B. fabel adaptasi 
C. fabel modern 
D. fabel alami

28. Cermatilah kutipan fabel berikut! 
Boko, kerbau milik Pak Tono, memasuki kandangnya. Badannya terasa lelah dan terasa sakit. Seharian ia bekerja membantu Pak Tono membajak sawah. Boko melenguh. ”Aku mau istirahat, aku capek sekali,” kata Boko pada Dayam, ayam jantan peliharaan Pak Tono. Namun, pagi harinya kembali Boko dijemput Pak Tono di kandangnya. Meski malas, Boko mengikuti ke mana Pak Tono membawanya pergi. Sampai di pematang sawah, Boko berhenti menunggu Pak Tono memasang bajaknya. Tiba tiba ia dibentak oleh burung Puyuh, “Hai, jangan kau injak sarangku.”

Tokoh utama teks fabel tersebut adalah ….
A. Pak Tono
B. Dayam
C. Burung Puyuh
D. Boko

29. Bacalah kutipan fabel berikut!
Sekali lagi Sanci, si angsa, berputar-putar di atas permukaan kolam dengan mata memandang ke bawah, ke bayangan yang terbentuk di permukaan air telaga. Pada permukaan telaga tampak seekor angsa yang cantik dengan bulu putih bersihnya. Sanci sangat membanggakan bulunya yang bersih tersebut. Apalagi ia terkenal sebagai angsa dari keluarga kaya yang sebentar lagi akan merayakan ulang tahun di sebuah rumah makan termahal di daerah itu. Dia akan mengundang teman-temannya untuk makan-makan.

Watak Sanci pada kutipan teks fabel tersebut adalah ….
A. Perhatian
B. Sombong
C. Suka berpesta
D. Suka menari

30. Bacalah kutipan fabel berikut!
Tiba-tiba Mogi menumpahkan minuman ke bulu Sanci. Sanci berusaha menghilangkan warna biru tua yang menempel di badannya. Semua mata binatang di hutan memandangnya iba. Tetapi bagi Sanci, pandangan itu penuh dengan ejekan dan hinaan, sebagaimana dulu ia sering menghina binatang lain yang tidak mempunyai bulu sebersih dirinya. Ia masuk ke sarang dengan perasaan tertekan. Ibu Sanci menghiburnya dan menasihatinya.

Amanat yang terdapat dalam fabel tersebut adalah ….
A. Kita tidak boleh memandang rendah pada orang lain.
B. Kita harus selalu mememinta maaf jika berbuat salah. 
C. Kecantikan seseorang tidak hanya terlihat dari fisiknya.
D. Kita tidak boleh mengejek orang yang mempunyai kekurangan.

31. Bacalah kutipan fabel berikut!


32. Bacalah kutipan fabel berikut!
33. Bacalah fabel berikut! Suatu hari Lira bertanya pada Ayahnya. Dia ingin memiliki tutul-tutul seperti kedua orang tua mereka.
“Ayah, kenapa di tubuhku tidak ada tutul-tutul seperti Ayah dan Ibu?” tanya Lira.
“Aku ingin segera memiliki tutul-tutul supaya teman-teman lain tidak lagi mengejekku, karena
buluku jelek,” tambahnya.
“Lira anakku. Bersabarlah. Saat kamu berusia dua belas tahun, kamu akan memiliki tutul-tutul yang indah pada bulumu. Tutul-tutul itu sebagai pertanda bahwa kamu sudah lebih dewasa.
Tetapi alangkah kagetnya Lala. Saat tiba di bukit rumput hijau ia melihat beraneka rupa binatang yang berbeda sekali dengannya. Ia memperkenalkan diri pada teman-teman barunya itu dan meminta izin untuk ikut bergabung dengan dengan mereka. Tetapi, ternyata mereka tidak mengizinkan Lala untuk ikut bermain karena Lala masih sangat kecil. Teman-temannya takut nanti Lala terluka dan menangis. Hati Lala tentu sangat sedih dan ia merasa tak punya teman.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua fabel tersebut adalah …. 

34. Bacalah paragraf berikut!
(1) Sanci, Si angsa cantik selalu mengejek teman-temannya. (2) Si bebek yang berwarna coklat dikatakan menjijikkan. (3) Kucing yang berwarna hitam dia juluki si Jorok. (4) Bahkan singa sang raja hutan pun dihinanya juga karena bulunya yang tak mulus.

Penulisan kata sandang yang salah pada paragraftersebut ditunjukkan kalimat nomor ….
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

35. Perhatikan kutipan paragraf berikut!
(1) Pada zaman dahulu kala hiduplah seekor dinosaurus yang bernama Dino. Dinosaurus itu tinggal di dalam gua. Dia merasa kesepian, karena di dalam gua itu hanya sendirian. Setiap ia keluar gua pun, hewan-hewan yang lainnya langsung sembunyi. Memang,hewan-hewan di hutan itu merasa terancam setiap Dino keluar karena Dino suka semena-mena.

(2) Pada zaman dahulu kala hiduplah seekor dinosaurus yang bernama Dino. Dinosaurus itu tinggal di dalam gua. Dia merasa kesepian, karena di dalam gua itu hanya sendirian. Setiap ia keluar gua pun, hewan-hewan yang lainnya langsung sembunyi. Memang,hewan-hewan di hutan itu merasa terancam setiap Dino keluar karena Dino suka semena-mena.

(3) Suatu hari, sesuatu yang aneh terjadi. Dino melihat hewan-hewan yang semuanya berukuran lebih besar darinya. Padahal selama ini dia merasa kalau dialah makhluk yang paling besar di hutan itu. Bahkan miniature hewan yang ia buat berubah menjadi sangat besar dan berusaha mengancamnya. Dino menjadi ketakutan yang luar biasa.
(4) Dalam ketakutannya Dino berpikir. Mungkin rasa takut seperti inilah yang dirasakan hewan- hewan di hutan ini setiap ia keluar dari hutan dan semena-mena kepada mereka. Akhirnya Dino menyadari kesalahannya dan meminta maaf kepada teman-temannya.

(5) Dino menemukan ide untuk mencari teman. Dino pun mencoba membuat miniatur gaj ah. Miniatur itu dibuat dari benda-benda yang didapat di hutan itu. Tiba-tiba muncul keajaiban. Miniatur gajah yang dibuatnya benar-benar hidup.

Susunan yang tepat paragraf tersebut adalah ….
A. (2) (1) (4) (5) (3)
B. (2) (1) (5) (4) (3)
C. (2) (1) (5) (3) (4)
D. (2) (1) (3) (5) (4)


Demikian artikel tentang √ Soal PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 2 K13 2020, Online. Semoga bermanfaat...
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar